Beli Rumah Jadi atau Membangun Sendiri Menggunakan Jasa Arsitek?

Beli Rumah Jadi atau Membangun Sendiri Menggunakan Jasa Arsitek?

by S.Q.A

 

Untuk membangun rumah Anda memiliki dua pilihan yang dapat dilakukan yaitu beli rumah jadi atau membangun sendiri menggunakan jasa arsitek. Pilihan pertama dengan membeli rumah jadi akan menjadi pilihan paling efektif karena Anda tidak perlu repot-repot harus mencari jasa arsitek atau kontraktor dan tiak membutuhkan waktu lama. Anda hanya perlu mencari info harga rumah dan beberapa tipe rumah yang ditawarkan. Cukup mudah dan efektif. Tetapi bagaimana jika Anda menginginkan rumah Anda didesain? Apakah setelah membeli rumah Anda harus merenovasi ulang? Tentu membutuhkan banyak biaya.

Lalu bagaimana dengan pilihan kedua? Membangun rumah sendiri menggunakan jasa arsitek dan kontraktor? Apakah efektif atau malah menghabiskan waktu? Sedangkan Anda belum terlalu mengerti dunia rancang bangun dan tidak punya kenalan arsitek atau kontraktor yang dapat dipercaya. Hmm.. sepertinya Anda mulai bingung. Manakah yang lebih baik, beli rumah jadi atau membangun rumah sendiri menggunakan jasa arsitek? Yuk, kita bahas lebih rinci.

 

Kelebihan Membeli Rumah Jadi

  1. Lingkungan, fasilitas dan keamanan terjamin. Biasanya membeli rumah jadi berada dalam satu lingkup perumahan atau komplek yang sudah lengkap dengan fasilitas dan keamanan yang disediakan oleh pihak perumahan/komplek tersebut sehingga Anda tidak perlu khawatir.
  2. Anda tidak perlu bingung tentang prosedur dan peraturan membangun rumah karena biasanya sudah satu paket dengan pembelian. Jadi Anda tinggal menempaati saja.
  3. Anda juga tidak perlu bingung memilikirkan desain seeprti apa yang Anda inginkan karena semua sudah terdesain sesuai standar perumahan tersebut. Anda tidak perlu repot-repot mencari arsitek dan kontraktor yang dapat dipercaya.

 

Kelemahan Membeli Rumah Jadi

  1. Biasanya desain rumah sama persis dengan semua rumah dalam satu komplek perumahan sehingga Anda mungkin saja tidak cocok dengan desain atau pembagian ruangnya. Jika demikian, Anda perlu merenovasi ulang dan malah lebih banyak mengeluarkan biaya.
  2. Anda juga akan dipusingkan dengan biaya cicilan rumah atau Kredit Pemilikan Rumah (KPR) karena biasanya dalam proses ini dibuat bertele-tele untuk menguntungkan pihak perumahan itu sendiri. Jadi Anda juga perlu berhati-hati dan menanyakan secara mendetail agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.
  3. Selain itu, kualitas konstruksi bangunan komplek perumahan biasanya tidak terlalu baik karena menggunakan pemborong. Kebanyakan pemborong hanya mengerjakan sesuai dengan gambar tanpa terlalu mementingkan kualitas dan keahanan bangunan.

 

Kelebihan Membangun Rumah Sendiri

  1. Membangun rumah sendiri artinya Anda akan dapat mengatur setiap ruang dan area di rumah Anda sehingga benar-benar seperti yang Anda harapkan. Anda bisa mewujudkan rumah impian Anda selama ini.
  2. Dengan menggunakan jasa arsitek, rumah Anda akan terdesain dengan baik. Arsitek dapat membantu menyelesaikan masalah desain dan memberikan ide-ide kreatif untuk hunian Anda. Arsitek akan menyesuaikan desain dengan kebutuhan keluarga Anda.
  3. Anda bebas dari cicilan rumah atau Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Dengan membangun rumah sendiri Anda dapat mengatur dan menentukan budget yang akan Anda keluarkan sehingga arsitek juga dapat memperkiraan desain dan material yang sesuai dengan budget Anda.

 

Kelemahan Membangun Rumah Sendiri

  1. Anda harus memikirkan tentang lahan dan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB). Tetapi ini bisa Anda konsultasian dengan arsitek untuk membantu Anda mengurusnya.
  2. Membangun rumah sendiri artinya Anda harus sabar. Banyak proses yang perlu Anda lewati. Anda harus menentukan lahan yang akan dibangun, mencari dan memilih arsitek dan kontraktor, membuat desain dengan arsitek, memilih dan menentukan material dan bahan-bahan lain, lalu setelah bangunan selesai Anda masih harus melanjutkan ke desain interior rumah yaitu bagian dalam rumah, dan Anda harus menunggu hingga prosesnya benar-benar selesai baru bisa ditempati.

Berikut Saya jelaskan kelebihan dan kelemahan jika Anda membeli rumah jadi atau membangun sendiri menggunakan jasa arsitek. Dengan begitu, Anda dapat membayangkan pilihan mana yang cocok dan pilihan terbaik untuk Anda dan keluarga. Semoga bermanfaat.

Share this Post:
Posted by dony ardiansyah
Image