Menggunakan Jasa Arsitek dan Kontraktor Berbeda, atau Pilih Paket Design & Build?

Menggunakan Jasa Arsitek dan Kontraktor Berbeda, atau Pilih Paket Design & Build?

by S.Q.A

 

Tahukah Anda perbedaan arsitek dan kontraktor? Gampangnya begini. Arsitek adalah si pembuat desain. Sedangkan kontraktor yang membangun. Arsitek dan kontraktor bekerja sendiri-sendiri sesuai dengan tugasnya masing-masing. Lalu apa yang dimaksud dengan Design & Build? Apakah artinya seorang arsitek yang sekaligus mengerjakan proyek pembangunan? Bukan. Bukan seperti itu.

Arsitek dapat disebut sebagai designer, hasil pekerjaannya disebut design. Sedangkan kontraktor disebut sebagai builder dan pekerjaannya disebut building. Arsitek tidak bisa mengerjakan pekerjaan kontraktor dan sebaliknya, kecuali memang alih profesi. Design and Build bukan suatu pekerjaan yang bisa dikerjakan oleh seorang arsitek saja, tetapi merupakan kerjasama antar arsitek dan kontraktor. Apa sih bedanya jasa arsitek dan kontraktor berbeda dengan jasa paket design and build? Jika Anda masih bingung cobalah membaca artikel ini sampai habis.

Perbedaan Jasa Arsitek dan Kontraktor Berbeda dengan Jasa Paket Design and Build

 

  1. Jasa Arsitek dan Kontraktor Berbeda

Artinya Anda membeli gambar terlebih dahulu dari arsitek. Lalu Anda mencari kontraktor untuk membangun rumah Anda sesuai dengan desain yang sudah Anda beli dari arsitek. Di sini, kontraktor tidak ada kaitannya dengan arsitek. Begitu juga sebaliknya, arsitek tidak memiliki tanggung jawab terhadap kontraktor dan proses pembangunannya.

 

  1. Jasa Paket Design and Build

Artinya Anda membeli jasa design (gambar) sekaligus dengan jasa build (konstruksi/pembangunan). Dalam hal ini, biasanya arsitek dan kontraktor bekerja sama dalam satu naungan bendera untuk menawarkan jasa design and build. Keduanya bekerja sesuai dengan tugas masing-masing, yaitu arsitek membuat gambar dan kontraktor melaksanakan pembangunan. Bedanya, arsitek dan kontraktor di sini memiliki tanggung jawab di antara pekerjaan masing-masing. Arsitek bertanggung jawab terhadap pelaksanaan kontraktor untuk memastikan agar sesuai dengan desain. Kontraktor memiliki hak berkomentar terhadap desain arsitek. Keduanya bekerjasama memikirkan solusi desain terbaik.

 

Kelebihan Menggunakan Jasa Paket Design and Build

Dengan kerjasama yang baik antara arsitek/designer dan kontraktor/builder, sebuah proyek akan berjalan dengan cepat karena keduanya saling membantu dan bertanggungjawab satu sama lain.

 Dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Kemungkinan kesalahan pembangunan saat pelaksanaan dapat diperkecil. Hal ini karena arsitek dalam mendesain juga bekerjasama/berdiskusi dengan kontraktor sehingga bisa dipastikan bahwa desainnya dapat terwujud atau dapat dibangun.
  • Pekerjaan bisa cepat selesai karena keduanya bekerjasama dan saling membantu.
  • Klien lebih mudah kontroling karena tidak perlu menghubungi satu persatu dan tidak perlu menjelaskan kepada kontraktor mengenai desain, karena arsitek dan kontraktornya ada di satu naungan dan bekerja saling membantu dan memahami.

 

Kelemahan Menggunakan Jasa Paket Design and Build

Kerjasama yang buruk antara arsitek/designer dan kontraktor/builder, mengakibatkan kualitas proyek tidak baik atau pelaksanaan menjadi lebih lama.

 Dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Komunikasi/diskusi antara arsitek dan kontraktor yang tidak baik akan berakibat fatal, bisa jadi gambar desain yang konstruksinya sulit akan ditolak oleh kontraktor atau tidak dicarikan solusi, sehingga kualitas desain harus diturunkan. Atau desain tetap tapi saat pelaksanaannya jadi tidak sesuai dengan gambar desainnya atau hanya dikerjakan seadanya.
  • Tabiat buruk di antara keduanya juga bisa menyebabkan klien merugi. Misalnya arsitek dan kontraktor sengaja membuat desain yang konstruksinya mahal atau susah agar biaya konstruksi menjadi mahal, dan secara otomatis biaya jasa mereka juga bertambah. Hal itu sengaja dilakukan untuk mendapat keuntungan lebih.

Dari penjelasan di atas, Anda tentu sudah lebih mengerti apa itu jasa desain arsitek dan kontraktor berbeda, dan apa itu jasa paket design and build. Dengan begitu, Anda juga bisa membayangkan jasa seperti apa yang cocok dengan kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat.

Share this Post:
Posted by dony ardiansyah
Image