hotel

Cara Buat Promo Hotel Agar Banyak Peminat

Pertumbuhan hotel dewasa ini di kota-kota besar memang cukup berkembang dan berjalan dengan positif. Permintaan akan penginapan cukup besa seiring berkembangnya juga teknologi internet dan bergesernya minat orang-orang untuk traveling sebagai sarana hiburan dan perilaku konsumtif. Lalu bagaimana pengusaha hotel menanggapi hal ini. Tentu sebuah respon positif dan kompetisi yang sehat menjadikan ranah bisnis ini pun ikut menggeliat setiap tahunnya. Berbagai upaya untuk menggenjot keterisian kamar pun dilakukan pihak pengelola hotel.

Berikut ini beberapa cara membuat promo hotel agar banyak peminatnya. Para marketing dan pelaku bisnis di sektor ini memang tidak bisa diam saja menanggapi kompetisi dan persaingan yang cukup ketat. Dengan adanya promo, diharapkan angka tamu bisa terus digenjot dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Paket unik

Promo lain yang bisa diterapkan untuk menggaet tamu hotel adalah membuat paket unik yang selama ini diidam-idamkan oleh tamu hotel anda. Biasanya promo model ini menyasar wisatawan dengan spesifikasi tertentu yang disesuaikan dengan kebutuhan paketnya. Misalkan anda membuat paket unik bulan madu pada pengantin baru dengan berbagai fitur-fitur istimewa yang menawarkan keromantisan dan pengalaman manis. Atau bisa juga paket jalan-jalan untuk grup wisatawan paruh baya dengan berbagai fitur-fitur yang menarik perhatian mereka seperti paket jalan-jalan ke beberapa lokasi tertentu atau fitur lainnya.

Memang anda perlu melakukan riset tentang kebiasaan para tamu dan hal-hal apa saja yang selama ini mereka inginkan tapi tak kesampaian karena ribet atau mahal. Dengan memeriksa daftar tamu yang pernah menginap, anda bisa menemukan pola untuk membuat paket unik ini menjadi lebih istimewa dan menyasar lebih banyak kalangan. Ini tentu disesuaikan dengan konsep dan target pasar hotel anda selama ini. Jika selama ini yang datang menginap adalah kalangan muda dan produktif untuk liburan, tentu anda bisa membuat paket unik liburan keluarga muda. Atau selama ini anda bekerja sama dengan beberapa agen wisata yang membawa banyak tamu lansia sehingga paket unik yang ditawarkan pun tak jauh-jauh dari itu.

Diskon saat low season

Bisa dibilang diskon atau potongan harga adalah cara promo tradisional yang hingga saat ini masih ampuh digunakan dan terbukti efektif. Idealnya anda bisa memberlakukan harga diskon ini pada saat low season utuk meningkatkan okupansi hotel pada periode tertentu. Namun tentu anda perlu memikirkan besaran diskon yang ditawarkan kepada calon pelanggan karena anda tidak hanya mengharapkan ramainya tamu yang mengisi setiap kamar, tapi bagaimana bisa tetap meraup keuntungan meski tidak sebesar harga normal yang telah ditetapkan. Sebelum memberlakukan harga diskon, pastikan harga tersebut tidak lebih rendah dari harga dasar kamar. Tentunya jika ini terjadi, hotel anda akan ramai pada low season tapi anda merugi karena harga disko yang ditetapkan terlalu rendah. Kecuali anda telah memperhitungkan pemasukan yang lain sehingga harga diskon ini bisa lebih menarik perhatian calon pengunjung.

Untuk membuatnya lebih detail, tentu anda bisa memberikan harga diskon ini untuk target sasaran tamu tertentu. Misalnya untuk tamu hotel yang sedang melakukan perjalanan bisnis maka promo bisa dilakukan saat hari kerja. Atau untuk para pelajar dan mahsiswa saat liburan yang akan meningkatkan keinginan mereka memesan kamar. Bisa juga digabungkan dengan fitur-fitur lainnya seperti fasilitas kamar dengan makan siang atau paket makan malam romantis. Memberikan diskon dengan target sasaran yang lebih spesifik tentu akan lebih berpotensi meningkatkan omset ketimbang asal mengadakan potongan harga meski saat low season sekalipun.

Pertahankan pelanggan tetap

Perjalanan karir hotel anda selama ini sudah cukup membuat pemetaan siapa saja yang jadi pelanggan tetap anda. Ini adalah aset hotel yang tidak boleh lepas sehingga anda bisa memberikan penawaran terbaik untuk konsumen loyal ini agar tidak pindah ke hotel lainnya saat hendak menginap di waktu yang akan datang. Selain memberikan penghargaan terhadap pelanggan tetap, tentu anda bisa menjadikan mereka sebagai agen promosi yang efektif karena merasakan langsung fasilitas dan pelayanan maksimal yang anda tawarkan di hotel. Dengan menjaga hubungan baik dengan pelanggan tetap, bukan tidak mungkin mereka akan membawa pelanggan-pelangga baru yang juga akan loyal karena mendapatkan rekomendasi langsung dari yang sudah sering mencicipi fitur dan pelayanan hotel.

Sebuah cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk menggaet pelanggan tetap ini adalah dengan memberikan poin setiap kali mereka melakukan reservasi kamar. Nantinya poin dengan nilai tertentu bisa ditukarkan dengan hadiah lain yang bermanfaat. Misalnya poin ditukar dengan voucher makan siang, atau diskon untuk malam kedua menginap di hotel. Hadiah-hadiah langsung seperti ini tentunya akan menarik minat pelanggan tetap untuk mengumpulkan poin karena sudah mengumpulkan beberapa poin sebelumnya.

Direct booking melalui website resmi

Memiliki website resmi hotel bisa memberikan anda banyak peluang untuk berkembang dan mempromosikan fitur-fitur hotel. Salah satunya adalah memberikan fitur direct booking melalui website resmi. Tidak melulu soal diskon, anda bisa memberikan bonus-bonus menarik jika calon tamu melakukan reservasi dari website resmi. Meski anda telah bekerja sama dengan OTA lainnya, tapi cara ini juga memberikan kesempatan untuk menyebarluaskan website resmi anda kepada khalayak. Dengan memberlakukan direct booking lewat website resmi ini bisa membuat traffic website meningkat dan tentunya memberikan keuntungan jangka panjang di dunia online.

Beberapa fitur yang bisa anda tawarkan misalnya bonus sarapan atau makan malam jika calon tamu melakuakn pemesanan kamar melalui website resmi. Selain memberikan banyak bonus menarik yang hanya bisa didapatkan oleh calon tamu yang memesan kamar lewat website, anda juga bisa menerapkan kebijakan yang fleksibel, misalnya pembatalan atau keuntungan lainnya. Meski terkesan biasa dan tidak terlalu mencolok, tapi tentu pemesanan melalui website ini sedikit banyak akan mempengaruhi kepopuleran website hotel resmi karena bisa menampilkan beragam foto-foto dan informasi detail yang valid terkait hotel anda ketimbang calon tamu memesan dari situs lainnya.

Menggaet bisnis lokal

Menggaet pebisnis lokal yang memiliki fitur menarik bisa dijadikan sebagai salah satu promo untuk mendatangkan calon tamu di hotel anda. Selain membuka peluang ekspansi dengan pebisnis lain dan menerapkan simbiosis mutualisme, tentu promo-promo yang menggandeng bisnis lokalini secara luas bisa membuat reputasi hotel anda menjadi lebih positif. Salah satu contohnya adalah dengan menggaet pengusaha rental mobil yang akan mempermudah anda dalam menjamu tamu-tamu hotel nantinya. Anda juga bisa bekerja sama dengan beberapa restoran kuliner untuk membawa tamu datang ke sana dan menjadikannya paket promo yang menarik bagi tamu yang senang berwisata kuliner. Anda juga bisa bekerja sama dengan travel agen wisata yang menawarkan itinerary singkat yang bisa dilakukan di sekitar hotel dan waktu yang terbatas. Dengan begini tamu-tamu yang bingung ingin jalan-jalan bisa memanfaatkan jasa ini dan sudah termasuk ke dalam fasilitas hotel.

Memang diperlukan riset yang cukup dalam tentang tamu-tamu yang datang ke hotel dan juga target sasaran dari hotel yang anda miliki saat ini untuk membuat promo-promo ini berjalan dengan baik dan menghasilkan peningkatan tamu yang datang. Anda bisa mulai dengang mengindetifikasi tamu agar promo-promo ini bisa langsung dijalankan.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *