hotel rencana anggaran biaya

Cara Memperoleh Modal Pada Usaha Bisnis Hotel

Bisnis di bidang perhotelan merupakan salah satu bisnis yang sangat rekomended akhir-akhir ini. Hal ini didorong dengan pesatnya industri pariwisata dalam waktu yang cukup singkat dan sangat siginifikan. Alhasil, permintaan akan hotel pun tinggi. Baik hotel tanpa bintang hingga hotel bintang 5 sekalipun tetap mendapat banyak tamu di musim liburan. Penatnya aktivitas kota yang padat juga turut mejadi actor utama kenapa industri pariwisata dan hotel menjadi meningkat pesat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Ditambah lagi, mudahnya pencarian tiket baik tiket transportasi seperti pesawat dan juga tiket hotel membuat permintaan di bidang ini melesat naik.

Tingginya peluang dalam perhotelan membuat pengusaha mulai melirik bisnis ini. Jika Anda adalah salah satunya, maka hal pertama yang Anda pikirkan pasti adalah modal usaha. Modal usaha untuk mendirikan usaha perhotelan tentu tidak sedikit, mulai dari pencarian lokasi yang strategis hingga pengadaan fasilitas hotel yang banyak kerapkali menjadi ganjalan utama dalam memulai usaha hotel.

Namun jangan khawatir, karena saat ini sudah banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh modal usaha pendirian hotel. Simak beberapa  cara berikut ini.

  1. Kredit melalui lembaga perbankan

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh modal usaha perhotelan adalah dengan meminjam di bank. Bank sebagai salah satu lembaga penyedia peminjaman uang bisa memberikan pinjaman dengan plafon tertentu. Anda cukup meyediakan dana sebesar 40% hingga 50% aja, maka Anda bisa mengajukan pinjaman ke bank. Ada banyak jenis pinjaman yang bisa diberikan oleh bank sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku masing-masing. Sesuaikan saja dengan kebutuhan bisnis Anda agar semuanya berjalan lancar.

  1. Uang pribadi

Jika modal usaha membangun bisnis hotel yang Anda miliki hanya sebagian saja, maka Anda bisa mengingat-ingat lagi sekiranya barang berharga apa yang bisa Anda jual untuk dijadikan tambahan modal. Rumah, mobil, atau perhiasan biasanya menjadi harta yang kerap dijadikan cadangan jika modal kurang. Namun Anda harus pahami resikonya, jika bisnis Anda berhasil maka modal tersebut bisa menjadi berlipat-lipat dari sebelumnya, namun jika tidak berhasil maka Anda harus siap menerima resiko kerugian. Ini memang konsekuensi yang harus siap diterima jika Anda memutuskan untuk menjadi pengusaha.

  1. Kerja sama dengan pihak lain

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan bekerja sama dengan pihak lain untuk menjalankan bisnis Anda. Pihak lain ini bisa dijadikan sebagai investor saja atau bisa juga ikut bersama membangun bisnis hotel yang Anda jalankan. Jika menjalin kerja sama dengan pihak luar seperti ini, perjanjian kerja sama yang disepakati harus dibuat secara rinci dan detail agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

  1. Dana hibah perusahaan

Perusahaan yang sudah mapan biasanya memiliki prpgram CSR yang membantu menyalurkan modal untuk para pengusaha yang baru saja memulai usaha. Mereka akan mengadakan kompetisi untuk perolehan modal ini yang nantinya pengusaha terpilih akan mendapatkan modal untuk memulai usaha. Anda bisa memanfaatkan program ini untuk memulai usaha  hotel yang akan Anda jalankan.

  1. Pinjam teman atau saudara

Anda juga bisa menjadikan teman atau saudara yang sekiranya mmeiliki dana lebih untuk menjadi investor Anda. Karena adanya unsur kepercayaan, maka urusan pinjam meminjam modal ini lebih mudah dan tentunya jangka waktu pengembaliannya lebih fleksibel. Atau pinjam modal pada sesame rekan bisnis bisa jadi solusi untuk modal usaha bisnis hotel Anda.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh modal usaha bisnis hotel. Anda tak perlu memiliki dana 100% untuk memulai usaha, yang perlu Anda miliki adalah tekad dan keyakinan bahwa Anda mampu menjalankan usaha dengan semaksimal mungkin.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *