hotel

Cara Menentukan Lokasi Hotel

Bagi para pengusaha properti dan pengelola bisnis penginapan, lokasi menjadi hal terpenting yang harus dipikirkan pertama kali sebelum rencana berjalan ke langkah berikutnya. Dengan mendapatkan lokasi yang tepat, tentu semua bisa berjalan dengan baik dan prospek bisnis ini bisa mengalami kemajuan yang pesat. Bagi pemilik hotel, lokasi yang strategis menjadi satu hal utama agar nantinya banyak tamu yang datang dan menggunakan jasa penginapan ini. Jadi sebenarnya langkah apa yang perlu diperhatikan sebelum menentukan lokasi hotel?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menentukan lokasi sebuah hotel. Anda yang berencana untuk membuka bisnis hotel ini perlu mempertimbangkan hal-hal berikut.

Lingkungan sekitar

Semakin hari pertumbuhan penduduk di suatu wilayah akan bertambah apalagi jika diketahui wilayah tersebut berpotensi untuk berkembang. Pemilik usaha hotel pasti sudah memprediksi kira-kira dalam beberapa tahun ke depan apakah sebuah wilayah berpotensi untuk berkembang atau tetap pada kondisi tertinggal dan tak tersentuh oleh perkembangan jaman. Jika area tersebut nantinya akan berkembang, pastinya ini adalah lahan yang cocok untuk mendirikan sebuah hotel. Tapi ada kalanya pemilihan hotel di sebuah lokasi yang sepi nantinya malah bisa membuat area tersebut menjadi ramai . Jadi hotel tidak mengikuti perkembangan wilayah tersebut, tapi malah wilayah tersebut yang berkembang karena adanya hotel yang didirikan. Hal ini mungkin saja terjadi tapi memang jarang bisa sukses mengubah sebuah area karena perkembangan usaha hotel di tempat itu.

Target sasaran

Pastinya saat anda memutuskan untuk terjun di usaha perhotelan ini, anda sudah membidik segmen pasar tertentu kira-kira siapa yang akan menjadi tamu. Motivasi awal apa saja yang membuat para tamu ini memutuskan untuk menggunakan jasa hotel yang anda bangun di tempat itu. Misalnya anda membangun hotel di kawasan bisnis, tempat wisata, industri, perguuran tinggi, bandara, jalan utama, da lainnya. Atau bisa juga dikoneksikan dengan konektivitas transportasi atau kawasan pertokoan. Segala hal yang dicari oleh tamu hotel bisa disediakan dengan mudah di lingkungan hotel karena memang anda sudah merencanakan target sasaran sedari awal. Jadi tujuan dari konsumen di tempat itulah yang menjadi pemicu anda memilih lokasi yang tepat untuk hotel anda nantinya.

Intervensi mesin pencari

Saat ini kita harus berhadapan dengan invasi teknologi yang terkadang sangat membantu tapi juga dalam beberapa kasus mengintervensi kita dan harus ikut dalam sistem tersebut. Mari contohkan dengan hasil pencarian dari Google tentang hotel di suatu wilayah. Biasanya Google akan menampilkan hotel yang beralamat di pusat kota tertentu, sedangkan hotel yang berada di luar pusat kota berada di urutan paling belakang dan hampir sama sekali tak pernah dipilih oleh calon tamu. Jadi anda bisa menggunakan pandangan Google atau riset teknologi lainnya untuk mencari lokasi paling ramai dan berpotensi menaikkan grade harga kamar anda. Terkadang fasilitas yang sama tapi beda lokasi antara di pusat kota dan pinggir kota bisa memiliki selisih harga yang berbeda jauh.

Itu dia beberapa hal yang menjadi pertimbangan saat menentukan lokasi pembangunan hotel anda. Biasanya memang lokasi ini menjadi masalah yang paling penting karena terkait perijinan dan tentu saja pengelolaan jangka panjang. Berbeda dengan fitur dan fasilitas yang bisa diubah atau ditambahi saat hotel berkembang, masalah lokasi tidak akan bisa anda rubah selamanya karena harus dipersiapkan dengan matang dari awal.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *