hotel

Kerjasama Dengan Usaha Sekitar Hotel

Memiliki usaha perhotelan pastinya akan membuat anda memiliki perencanaan bisnis yang cukup matang. Mulai dari pengembangan fitur dan fasilitas hingga promo-promo yang akan menggaet calon tamu untuk menikmati pelayanan terbaik di hotel anda. Tapi ternyata anda tidak hanya bisa mengembangkan bisnis hotel ini secara internal saja melainkan mengajak kerja sama usaha-usaha yang ada di sekitar hotel. Ini adalah langkah yang cukup tepat untuk membangung reputasi bisnis yang sehat dan positif di antara masyarakat sekitar dan juga rekan-rekan pengusaha yang ada di area hotel. Selain memberikan keuntungan dari kerja sama ini, tentu anda akan mendapatkan kesempatan promo gratis dengan pengakuan yang positif dari orang-orang di luar sana. Jadi membangun jaringan dan komunikasi positif terhadap lingkungan hotel akan berdampak pada perkembangan bisnis di masa depan.

Beberapa kerjasama yang bisa anda lakukan bersama dengan rekan-rekan pengusaha di sekitar hotel adalah sebagai berikut.

Kerja sama dengan taksi dan transportasi

Anda tentu tidak akan memiliki banyak alat transportasi untuk mengakomodasi kebutuhan setiap tamu yang datang. Untuk itulah anda perlu menggandeng jasa transportasi seperti perusahaan taksi atau pengusaha transportasi lainnya misalnya becak, angkot, atau bahkan kendaraan tradisional seperti andong. Dengan menjamin ketersediaan kendaraan bagi tamu yang ingin keluar kamar dan mendapat rekomendasi positif dari pihak hotel, tentu akan tercipta iklim keterbukaan dan saling mendukung antara bisnis transportasi ini. Para tamu tak akan ragu untuk keluar hotel karena sudah ada transportasi terjamin, dan pengusaha transportasi merasa terbantu karena hotel bisa memberikan penumpang secara intensif.

Kerja sama dengan destinasi wisata

Pastinya sedari awal anda sudah mempertimbangkan beberapa destinasi wisata yang ada di sekitar hotel yang menjadi daya tarik bagi para tamu yang menginap. Bukan tidak mungkin beberapa tamu memang sengaja memilih hotel anda karena dekat dengan destinasi wisata tertentu. Anda bisa memberikan paket khusus untuk melakukan tour singkat ke beberapa destinasi wiasata di sekitar hotel yang bisa dijangkau. Dengan bekerja sama dengan tour travel dan perjalanan wisata, tentu para tamu punya aktifitas lain yang lebih menyenangkan saat berencana keluar kamar. Destinasi wisata yang dipilih pun sesuai dan terjangkau untuk didatangi.

Kerja sama dengan restoran kuliner

Meski pihak hotel sudah menyediakan berbagai hidangan spesial untuk menjamu para tamu, tapi tak sedikit tamu yang lebih tergiur dengan beberapa hidangan lokal dari restoran kuliner tertentu. Ini bisa jadi salah satu cara anda untuk menggaet restoran kuliner yang terkenal untuk direkomendasikan kepada para tamu hotel. Misalnya sebuah rumah makan tradisional yang memang unik dan tidak bisa ditiru oleh chef hotel sehingga anda bisa memasukkannya ke dalam rekanan bisnis hotel anda. Para tamu bisa mendapatkan pengalaman seru makan di luar hotel dan restoran kuliner akan sangat senang menjamu tamu-tamu dari hotel anda.

Kerja sama dengan media kreatif

Tak sedikit media kreatif yang memanfaatkan fasilitas hotel untuk mendukung berbagai kegiatan mereka. Dengan adanya dukungan dari media kreatif ini, bukan tidak mungkin hotel akan selalu ramai dan menarik perhatian masyarakat luas. Meski tidak menginap di hotel, tapi orang-orang akan datang untuk mencicipi fasilitas hotel yang akan mereka promosikan dari mulut ke mulut dengan orang di luar sana.

Kerja sama dengan event organizer

Pernah mendengar sering diadakannya acara-acara bergengsi di hotel?Ya ini adalah salah satu cara untuk bekerja sama dengan bidang usaha lainnya. Anda bisa melihat kegiatan seperti cooking class, seminar, renang, sulap, audisi acara tv, bahkan konser penyanyi terkenal yang diadakan di sebuah hotel. Hotel menyediakan tempat untuk artis dan pengisi acara sementara banyak orang yang akan diundang untuk berkesempatan hadir di dalam hotel. Tentu bisa saja ada penonton yang tertarik dengan fitur yang ada di hotel tersebut dan berencana untuk menginap suatu hari nanti. Ini akan terus menghidupkan suasana hotel sehingga aktifitas di hotel menjadi lebih semarak dan pastinya berkembang sesuai dengan keinginan masyarakat.

Itu dia tadi beberapa bentuk kerja sama yang bisa anda lakukan dalam bidang perhotelan. Memanfaatkan pengusaha-pengusaha lokal di sekitar hotel memang memberikan dampak positif untuk masa depan hotel dan membangun reputasi baik yang akan jadi sarana promosi gratis hotel anda.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *