hotel

Melihat Layanan Dan Harga Dari Hotel Lain

Setiap bisnis yang sehat adalah bisnis yang memiliki kompetitor. Jadi anda harus bangga dan bersemangat jika ternyata bisnis yang anda geluti memiliki kompetitor yang berkembang mengisi permintaan pasar. Sama halnya jika anda memiliki usaha perhotelan dan ternyata ada banyak bisnis hotel juga yang berkembang di sekitar anda. Ini menandakan bahwa memang usaha ini memiliki pangsa pasar yang berkembang dan cukup menggiurkan untuk bisa dikembangkan hingga beberapa tahun ke depan. Coba bayangkan jika anda memiliki bisnis yang tidak memiliki kompetitor, bisa jadi memang bisnis ini hanya musiman dan akan hilang beberapa waktu ke depan. Atau bahkan bisnis tersebut memang tidak layak untuk dikembangkan karena tidak memiliki prospek positif.

Hadirnya pesaing ini akan membuat anda terus begerak untuk maju dan berinovasi. Bisnis anda tidak akan mati karena jika anda lengah sedikit saja maka kompetitor akan menyalip dan menelan konsumen anda. Jadi persaingan bisnis yang sehat akan membuat semua lini bisnis bergerak maju ke arah yang lebih positif. Berikut ini beberapa hal yang harus anda persiapkan ketika melihat layanan dan harga dari hotel lain yang ternyata membuat anda gelisah dan mengancam keberadaan hotel anda nantinya.

Ikuti strategi pesaing

Anda tentu saja boleh meniru strategi pesaing anda dalam kondisi yang sehat. Lihat bagaimana mereka mengolah promo dan layanan terbarunya lalu kembangkan sesuai dengan konsep hotel anda saat ini. Tentunya anda tidak akan menirunya seratus persen melainkan merubahnya dan menyesuaikannya dengan apa yang dimiliki oleh hotel anda. Keunggulan dari layanan hotel lain pastinya akan lebih bagus jika dikembangkan dengan konsep berbeda dan disesuaikan dengan layanan baru anda.

Jangan menjelekkan pesaing

Hindarilah menjelekkan pesaing anda meskipun anda merasa jengkel dan takut tersaingi karena layanannya yang lebih bagus. Lebih baik tetap fokus pada layanan anda sendiri dan harga promo yang anda tawarkan ketimbang menjelakkan layanan pesaing di depan calon tamu. Ini akan membuat anda jadi pihak yang jahat dan tidak lagi mendapatkan apresiasi positif dari calon tamu hotel anda. Bersaing dengan sehat dan fokus pada keunggulan produk anda sehingga anda tidak punya waktu untuk mencibir layanan kompetitor.

Hindari menurunkan kualitas

Terkadang layanan menarik dari kompetitor membuat anda menjadi kalap dan ingin tetap mempertahankan konsumen agar tidak lari dengan cara menurunkan harga dan kualitas agar lebih menarik. Jangan lakukan hal ini karena anda akan sulit untuk menaikkan pamor lagi setelah menurunkan kualitas atau harga kamar anda. Tetap pertahankan kualitas meski anda tidak bisa memberikan pelayanan yang lebih baik. Dari standar yang sudah ada inilah anda mulai untuk berkreasi dan berinovasi agar layanan anda tetap dilirik ketimbang layanan dari kompetitor yang lebih menggiurkan.

Evaluasi layanan

Selama ini mungkin anda berada di zona nyaman saat layanan anda mendapat apresiasi dari tamu dan pelanggan hotel. Akhirnya ketika ada kompetitor yang memberikan layanan lebih baik, anda menjadi kelabakan. Lebih baik evaluasi layanan yang anda berikan selama ini agar bisa mengembangkannya lagi dan menghilangkan hal-hal yang kurang baik. Bisa saja anda perlu memperbarui beberapa layanan dan fitur untuk bisa berkembang lebih maju. Misalnya saja saat ini anda tidak mempergunakan website dengan maksimal sehingga kompetitor sudah memaksimalkan penggunaan websitenya. Anda perlu mengevaluasi kekurangan website anda dan memperbaruinya sehingga fitur dan layanannya semakin diminati dan tak kalah dengan layanan kompetitor.

Kembangkan dari sisi lain

Anda tentu tidak harus mengikuti jejak kompetitor dalam hal inovasi dan pengembangan layanan. Anda bisa mengembangkan layanan anda dari sisi yang lainnya yang belum dipikirkan oleh kompetitor. Misalnya saat ini kompetitor mengembangkan website sebagai media promosi dan layanan reservasi online. Anda bisa mengembangkan layanan lain misalnya dari segi kemudahan pembayaran dengan kartu kredit atau program layanan lain yang belum dimiliki oleh kompetitor. Biarkan konsumen yang memilih mana layanan yang lebih berkembang dan memberikan efek positif bagi kemajuan hotel.

Beberapa strategi di atas bisa anda kembangkan untuk mengantisipasi layanan dan harga dari hotel lain yang ternyata lebih menarik hati konsumen dan calon tamu hotel anda. Dengan bersaing secara sehat, pastinya kompetisi dan persaingan bisnis ini akan lebih menggairahkan dan membuat hotel anda dan kompetitor ditutntu untuk terus bergerak maju.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *