hotel

Membeli Hotel Yang Sudah Ada Atau Membangun Baru (Kelebihan Dan Kekurangan)

Banyak investor tertarik untuk berbisnis hotel karena dinilai termasuk bisnis yang jarang rudi dan terus bertahan hingga bertahun-tahun tanpa penurunan omset yang signifikan. Apalagi jika dalam perkembangannya, hotel yang anda miliki ternyata memiliki trafik kamar yang cukup padat, tentunya harga hotel ini akan semakin tinggi dan reputasi yang ditampilkan akan semakin baik di tengah masyarakat. Jadi jika anda adalah seorang investor apakah anda akan membangung hotel dari awal atau membeli hotel yang sudah ada dan tinggal mengembangkannya saja. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan jika anda membeli hotel yang sudah ada atau membangun hotel dari awal.

Konsep hotel

Jika anda memilih untuk membeli hotel yang sudah ada pastinya anda sudah mendapatkan ide dan konsep dari hotel tersebut yang sudah jadi. Misalnya anda membeli hotel dengan konsep bangunan arsitektur Eropa yang kental dengan sudut-sudut bergaya Renaissance. Tentu akan sangat sulit untuk mengubahnya jika saat anda membeli, konsep yang sudah matang ini harus anda ubah dari nol. Berbeda dengan saat anda membangun hotel dari awal. Anda bebas mengkonsep dan menuangkan ide-ide gila anda terhadap hotel baru tersebut. Misalnya akan ada air mancur di halaman depan, kolam renang di lantai 3, dan ide-ide lainnya. Jadi membangun hotel baru bisa membuat anda lebih leluasa untuk mengkonsepnya sesuai dengan keinginan dan target pasar yang anda sasar.

Modal

Mana yang lebih besar modalnya apakah membeli hotel yang sudah jadi atau membangun hotel dari awal? Tentu saat anda membeli hotel yang sudah jadi, biasanya anda sudah menyiapkan uang sesuai dengan nominal hotel tersebut. Atau bisa jadi anda sudah memilih beberapa hotel yang bisa dibeli dengan uang yang anda miliki, sehingga nantinya anda tidak perlu mencari dana talangan untuk melunasi dan fokus pada pengembangan manajemen hotel saja. Sedangkan untuk membuat hotel yang baru anda harus menyiapkan dana yang cukup besar mulai dari membeli lahan hingga pembangunan sesuai dengan konsep dan fasilitas yang anda inginkan. Namun begitu anda juga bisa memilih hotel denga spesifikasi seperti apa yang akan anda bangun sesuai dengan budget yang anda miliki saat ini.

Lokasi

Anda tentu tidak bisa memindahkan hotel yang sudah ada ke lokasi baru yang anda inginkan. Jika anda berniat untuk membeli hotel yang sudah ada, berarti lokasi menjadi perhatian utama dari sekian banyak pilihan hotel yang siap dibeli. Pilihan semakin sulit karena belum tentu ada hotel yang dijual di lokasi yang anda inginkan. Sedangkan saat membangun hotel dari awal, anda bisa mencari lahan yang cocok seperti di pusat kota lalu membangunnya dari awal sesuai dengan kriteria yang anda inginkan.

Studi kelayakan

Saat membangun hotel baru, anda perlu membuat study kelayakan bagaimana nantinya bisnis hotel ini akan berkembang. Tentu ini sangat membantu anda dalam merencanakan bisnis yang matang ini karena gambaran yang akan ditampilkan cukup jelas dan akurat. Mulai dari jumlah kamar, fasilitas yang disediakan, dan hal-hal lainnya. Studi kelayakan ini akan mencegah anda dalam kerugian yang lebih besar di kemudian hari setelah hotel ini benar-benar dibangun dan dijalankan. Sedangkan jika anda membeli hotel yang sudah jadi, maka studi kelayakan ini sudah tidak diperlukan lagi karena anda sudah tahu track record dari hotel tersebut beberapa tahun belakangan. Jika terlihat menggiurkan pastinya anda tak akan segan untuk membelinya. Tapi jika diketahui ada masalah, maka perlu dipertimbangkan apakah anda bisa mengatasi masalah tersebut atau memang hotel ini tidak layak untuk dilanjutkan lagi.

Konsultan hotel

Sama seperti studi kelayakan, menggunakan jasa konsultan hotel bisa mengurangi beban kerja anda saat merencanakan hotel yang akan anda bangun. Semua perencanaan detail bisa dijelaskan oleh konsultan sehingga anda bisa lebih cermat dalam membangun dan mengkonsep ide hotel anda nantinya. Ini akan menghindari anda salah bangun atau salah memprediksi perkembangan hotel dikemudian hari. Sedangkan jika anda membeli hotel yang sudah ada, maka konsultan hotel ini bisa digunakan untuk menata ulang hal-hal yang salah pada pengelolaan manajamen hotel sebelumnya dan mengadakan renovasi untuk hal-hal minor agar hotel tersebut bisa berjalan lebih baik setelah menjadi milik anda.

Arsitek

Saat membangun hotel baru, anda akan membutuhkan jasa arsitek untuk menuangkan ide-ide dan konsep visual anda terhadap hotel yang akan dibangun menjadi gambar dan direalisasikan. Berbeda saat anda membeli hotel yang sudah ada, tentu anda tidak lagi membutuhkan arsitek karena keseluruhan bangunan sudah jadi dan tinggal digunakan saja. Kecuali anda membeli hotel dalam keadaan usang atau tidak aktif lagi.

Kontraktor dan pengawas

Saat membangun hotel baru, anda akan banyak berhubungan dengan kontraktor dan pengawas untuk menyelesaikan bangunan hotel dari awal hingga selesai. Kontraktor akan bertanggung jawab untuk merealisasikan gambar arsitek menjadi wujud nyata di atas lahan yang anda pilih. Berbeda dengan saat anda membeli hotel yang sudah ada, tentu tugas kontraktor dan pengawas ini tidak akan dibutuhkan.

Belanja perlengkapan hotel

Sesuai dengan konsep yang anda rencanakan di awal, membangun hotel baru tentu juga akan menguras energi anda untuk membeli berbagai perabotan dan perlengkapan hotel. Anda bisa menggunakan jasa manajemen hotel untuk mengatasi masalah ini. Dengan menggunakan jasa manajemen hotel dan konsultan, anda bisa terhindar dari salah beli perabot atau salah merencanakan kelengkapan hotel. Salah merencanakan pembelian perabotan bisa membuat investasi anda membengkak dan rugi. Hal ini tentu tidak berlaku jika anda membeli hotel yang sudah ada sehingga semua perabot sudah tersedia dan anda hanya tinggal memilah mana yang harus diganti dan mana yang dipertahankan.

Persiapan pembukaan

Saat anda membangun hotel baru, anda harus mempersiapkan segala sesuatunya sebelum hotel benar-benar siap dibuka. Untuk hal ini, bantuan konsultan hotel sangat dibutuhkan karena sudah berpengalaman di bidangnya mulai dari perekrutan pegawai, pembuatan standard operasional dan prosedur di dalam hotel, training karyawan, dan lainnya. Hal ini perlu ditangani oleh orang yang berpengalaman. Sedangkan jika anda membeli hotel yang sudah ada dan berjalan, tentu tidak perlu lagi mengurusi persiapan ini karena karyawan sudah ada, standar operasional sudah ditetapkan, dan lainnya sudah berjalan normal. Yang berbeda adalah manajamen, strategi marketing, dan kepemilikan saja.

Itu dia kelebihan dan kekurangan bagi anda yang memilih antara membeli hotel yang sudah ada atau membangun hotel dari awal hingga dibuka. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan sesuai dengan kapasitasnya. Anda yang menentukan mana yang lebih dekat dan mudah untuk dijalankan. Mau membeli hotel yang sudah ada dan tinggal menjalankan atau anda ingin membangun dari awal karena sesuai dengan segmentasi pasar dan konsep yang diinginkan.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *