hotel

Menentukan Layanan Tambahan Yang Berbeda Dari Pesaing

Pelaku bisnis tak akan pernah berhenti untuk berinovasi dan memunculkan ide-ide baru agar produknya terus diminati dan digunakan oleh konsumen. Tak terkecuali di bidang jasa perhotelan yang membuat pengelola hotel terus melakukan pergerakan dan strategi untuk bisa bertahan di tengah persaingan yang semakin ketat. Di Indonesia sendiri bisnis perhotelan ini menampakkan kenaikan yang cukup pesat di beberapa tahun terakhir seiring dengan perkembangan OTA dan juga produk servis indipenden  persewaan kamar sejenis. Tentu pengusaha hotel tak tinggal diam agar tidak tergilas oleh arus persaingan dalam menampilkan pelayanan maksimal.

Jadi bagaiaman caranya menentukan layanan tambahan yang berbeda dari pesaing agar hotel anda tetap dilirik dan tidak kehilangan pelanggan? Tentu tugas marketing dan strategi internal untuk terus berkembang melihat peluang-peluang di tengah masyarakat untuk bisa terus tumbuh dan berdiri menghadapi strategi kompetitor lawan. Berikut ini beberapa hal yang perlu anda ketahui agar anda bisa menentukan layanan tambahan yang berbeda dari pesaing.

Manfaatkan teknologi

Perkembangan teknologi adalah salah satu hal terbaik untuk mendukung perkembangan bisnis perhotelan saat ini. Dengan teknologi ini anda bisa menggunakannya untuk mencari inovasi-inovasi baru dan melihat apa yang disiapkan kompetitor lawan untuk layanan barunya. Dengan kemampuan ini anda juga bisa memprediksi dan memperhitungkan bagaimanan layanan baru kompetitor ini memiliki celah yang bisa anda manfaatkan peluangnya. Anda bisa menggunakan mesin pencari seperti Google, menggunakan website resmi sebagai sarana reservasi online, atau membuat aplikasi smartphone yang lebih tepat sasaran untuk kaum milenial. Layanan yang bersentuhan dengan teknologi saat ini biasanya lebih diminati dan tentu saja memberikan reputasi positif bahwa hotel anda memiliki manajemen yang mengikuti jaman dan berpikir jauh ke masa depan. Teknologi juga bisa meminimalisir kesalahan yang diakibatkan oleh kesalahan manusia seperti kemampuan reservasi, pembatalan, dan pembayaran online yang tidak berpotensi mengalami kesalahan.

Gunakan promo dan voucher

Program promo, potongan harga, dan voucher adalah layanan yang tak pernah mati dalam industri bisnis yang melibatkan khalayak ramai. Dengan membuat beragam promo, anda bisa menggaet pelanggan dan calon tamu di hotel anda lebih cepat dari sebelumnya bahkan dengan layanan yang disiapkan oleh kompetitor.  Anda bisa menyisipkan voucher menarik kepada pelanggan tetap, memberikan gratis ongkos kirim, antar jemput, atau bahkan potongan harga jika menginap di tanggal tertentu dan dengan metode pembayaran tertentu. Layanan promo ini pastinya memberikan kesan tersendiri bagi pelanggan dan menggaetnya untuk tetap berada dalam layanan hotel anda.

Kembangkan sumber daya manusia

Jika anda sudah menyiapkan formula super dari layanan terbaik anda, maka anda juga harus menyeimbangkannya dengan mengembangkan kemampuan sumber daya manusia yang anda miliki saat ini. Anda butuh membekali sumber daya manusia di dalam hotel dengan kemampuan yang inovatif dan kreatif. Disamping itu perbaharui pengetahuan mereka tentang teknologi dan konsep perubahan yang cepat. Jangan sampai anda sudah menerapkan sistem online dan reservasi lewat media online tapi staf anda belum paham tentang hal tersebut.

Modifikasi

Jika anda sudah mengetahui layanan dari pesaing, maka anda bisa melakukan modifikasi dari layanan tersebut dengan versi dan konsep hotel yang anda miliki. Ide awalnya mungkin akan sama, tapi ketika dieksekusi oleh orang yang berbeda dan cara yang berbeda pula, tentunya ide ini akan jadi sesuatu hal yang baru. Inilah kekuatan modifikasi yang harus anda pahami. Jangan takutkan layanan pesaing yang semakin bagus karena anda juga bisa membuatnya jadi lebih bagus dengan cara anda sendiri. Yang dibutuhkan adalah berpikir kreatif dan inovatif.

Hal ini akan terus berlanjut dan tidak menutup kemungkinan saat ini pesaing juga sedang mengintip layanan terbaru anda dan memodifikasinya menjadi hal yang lebih baik. Inilah persaingan yang sehat dan anda dan pesaing akan terus berkembang untuk menarik minat tamu hotel anda.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *