hotel

Pahami Pasar Yang Ditarget Dari Hotel Berbintang

Anda pasti sering mendengar klasifikasi hotel yang dibedakan kelasnya menjadi beberapa bintang. Hotel berbintang ini kerap kali menjadi acuan para tamu untuk menginap karena setiap bintang yang disematkan memiliki kriteria yang berbeda-beda tergantung fasilitas yang disediakan oleh pengelola hotel. Proses klasifikasi hotel berdasarkan bintang ini bukan asal-asalan atas kemauan pemilik hotel saja, melainkan dilakukan oleh PHRI setiap 3 tahun sekali dengan mempertimbangkan beberapa aspek seperti jumlah kamar, fasilitas dan peralatan yang ada, dan beberapa hal lainnya. Dari sinilah setiap hotel mendapatkan predikat bintangnya mulai dari bintang 1 hingga bintang 5. Jadi sebenarnya selain dari fitur dan layanan yang disediakan, setiap bintang ini bisa juga diklasifikasikan menurut target sasaran tamunya. Berikut penjelasannya.

Hotel bintang Satu

Hotel bintang satu ini merupakan klasifikasi paling rendah dibandingkan denga klasifikasi lainnya. Biasanya hotel berbintang satu dikelola oleh pemiliknya langsung dan terletak di kawasan yang ramai serta memiliki akses transportasi umum yang memadai. Selain itu akses untuk menjangkau tempat-tempat hiburan di sekitarnya pun cukup terjangkau. Hotel bintang satu ini memiliki fitur minimal 15 kamar, memiliki kamar mandi dalam di setiap kamarnya, dan luas kamar tidak kurang dari 20 meter persegi.

Hotel bintang dua

Hotel bintang dua ini biasanya memiliki akses yang mudah dicapai dan berada di pusat kota. Bangunannya bagus dan rapi sehingga nyaman untuk ditinggali beberapa hari. Adapun layanan dan fitur yang disediakan oleh hotel bintang dua ini antara lain memiliki minimal 20 kamar standar berukuran minimal 22 meter persegi, memiliki kamar mandi di setiap kamarnya, telepon dan televisi, memiliki kamar suite dengan ukuran minimal 44 meter persegi, pintu kamar memiliki kunci pengaman, lobby, pendingin udara, sarana olah raga, penerangan minimal 150 lux.

Hotel bintang tiga

Lokasi dari hotel bintang tiga ini biasanya berada di dekat jalan tol atau pusat bisnis dan area perbelanjaan. Tentu fasilitas dan pelayanannya di atas hotel bintang dua antara lain 30 kamar standar berukuran 24 meter persegi, 2 kamar suite berukuran 48 meter persegi, kamar mandi dalam di setiap kamar, sarana rekreasi dan olahrga, valet parking, restoran untuk makan, dan pendingin udara di setiap ruangnya.

Hotel bintang empat

Biasanya hotel bintang empat sudah dikatakan cukup mewah dengan berbagai fasilitas yang menggiurkan dan prestisius. Terdapat staf professional yang akan melayani setiap tamu dengan pemahaman yang cukup detail tentang pariwisata dan layanan hotel. Ada beberapa fitur dan layanan menarik yang disediakan oleh hotel bintang empat ini antara lain minimal 50 kamar standar berukuran 24 meter persegi, 3 kamar suite berukuran 48 meter persegi, lobby dengan luas 100 meter persegi, bar, sarana olahraga dan rekreasi, toilet umum, dan kamar mandi dengan instalasi air panas.

Hotel bintang lima

Hotel bintang lima merupakan klasifikasi hotel termewah yang pernah ada dengan fasilitas yang lengkap dan layanan yang cukup memuaskan. Mulai dari staff professional yang menguasai beberapa bahasa, memberikan welcome drink pada tamu yang datang, dan beberapa kriteria seperti 100 kamar standar berukuran 26 meter persegi, 4 kamar suite berukuran 52 meter persegi, tempat tidur dan perabot di dalam kamar berkualitas mewah, restoran 24 jam, sarana olahraga, valet parking, kamar mandi di setiap kamar, dan pelayanan maksimal dari staf berpengalaman.

 

Itu dia klasifikasi bintang dari hotel-hotel yang bisa anda lihat perbedaan layanan dan fiturnya. Tentu semakin lengkap fiturnya maka semakin mahal juga biaya yang dikeluarkan untuk menyewa kamar permalamnya.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *