hotel

Tips Rekrutmen Staf Hotel Yang Profesional

Usaha hotel yang maju dan berkembang tentunya didukung dengan SDM yang profesional. Tenaga SDM sangat menentukan maju atau tidaknya bisnis di bidang perhotelan yang Anda jalani. Ditambah lagi dengan ketatnya persaingan di industri hotel, tentu mencari karyawan yang profesional adalah keharusan. Salah satu cara untuk memperoleh karyawan yang berdaya saing dan mampu diajak untuk maju bersama mengembangkan industri hotel adalah dengan melakukan rektutmen staf secara ketat dan profesional.

Dalam proses rekrutmen staf ini diperlukan kecermatan dan kehati-hatian dalam seleksi agar Anda memperoleh bibit unggul yang terbaik untuk bisnis Anda. Berikut ini adalah beberapa tips rekrutmen staf hotel yang professional untuk medapatkan kandidat terbaik.

  1. Melakukan seleksi terhadap lamaran yang masuk

Hal pertama yang wajib dilakukan adalah menyeleksi seluruh berkas lamaran yang masuk ke hotel. Proses ini wajib dan harus dilakukan agar tak sembarangan orang bisa masuk dan terekrut ke dalam manajemen hotel. Pihak SDM selaku tim yang melakukan seleksi akan melihat banyaknya CV yang masuk dan melihat siapa saja yang sekiranya kompeten berdasarkan CV tersebut. Dari CV bisa terlihat pengalaman serta kemampuan yang dimiliki masing-masing kandidat sehingga memudahkan proses rekrutmen.

  1. Interview calon staf yang kompeten

Setelah melalui seleksi berkas, langkah selanjutnya yang diambil adalah mengumpulkan siapa saja calon staf yang kompeten kemudian memanggilnya satu per satu untuk proses interview. Dengan wawancara langsung dan tes kompetensi, Anda bisa tahu kemampuan masing-masing kandidat. Pilih calon staf yang memiliki integritas tinggi sehingga mampu menjalankan tugasnya sesuai dengan job desk yang diberikan nanti. Menjadi karyawan hotel tentu memiliki tantangan tersendiri, oleh karena itu pastikan calon staf tersebut mau dan mampu.

  1. Hindari merekrut karena kasian atau karena pertemanan

Pastikan proses rekrutmen benar-benar berjalan sesuai dengan aturan dan berjalan profesional. Pilih kandidat yang memang benar-benar memiliki potensi untuk bisa berkembang di dunia perhotelan. Hindari memilih staf karena kasihan atau karena alasan pertemanan. Ini justru akan mengakibatkan hal yang kurang baik di masa depan.

  1. Mengembangkan staf atau karyawan baru dengan pelatihan

Setelah terpilih kandidat yang kompeten untuk bergabung dalam tim, maka alokasikan dana untuk mengadakan pelatihan bagi tim yang baru bergabung. Pelatihan ini akan membantu para staf baru untuk paham dan mengerti akan industri hotel yang akan mereka jalani. Selama proses ini berlangsng diharapkan para staf baru mampu mengikuti seluruh prosesnya tanpa keluhan sehingga semuanya akan berjalan dengan lancer. Tujuan akhir memperoleh karyawan baru dengan kompetensi tinggi pun bisa didapatkan.

  1. Memperkuat dan mempertahankan staf yang berkompeten

Meskipun sudah mendapatkan staf yang kompeten di bidangnya, mempertahankan para staf tersebut tidklah mudah. Ada karyawan yang mudah berkembang, namun ada juga karyawan yang sulit untuk berkembang. Disamping itu, ada juga karyawan potensial yang resign dengan beberapa alasan. Untuk itulah diperlukan uasaha lebih untuk mempertahankan para karyawan tersebut dan memperkuat mereka supaya lebih berkembang.

 

Itulah beberapa cara yang bisa diterapkan dalam proses rekrutmen staf untuk hotel Anda. Jika diterapkan dengan sebaik-baiknya, maka Anda bisa mendapatkan staf yang benar-benar terampil dan potensial sesuai bidang kerjanya sehingga memudahkan Anda dalam menjalankan usaha perhotelan. Setelah itu, jangan lupa ciptakan suasana kerja yang nyaman dan kondusif agar semua staf dapat bekerja dengan baik dan maksimal. Selamat mencoba!

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *