kpr hunian

Dimana Saja Tempat Mencari Rumah Second

Perkembangan dunia properti beberapa tahun ini berkembang cukup pesat. Memang rumah dan aset properti lainnya menjadi salah satu aset kekayaan yang menggiurkan. Hampir tidak ada dalam catatan bahwa harga rumah turun karena setiap tahun jumlah penduduk semakin banyak dan otomatis membutuhkan lahan hunian yang baru. Anda yang sedang merencanakan untuk membeli rumah pun pasti mengusahakan pilihan terbaik. Ada banyak pilihan rumah baru dari pengembang yang memberikan penawaran-penawaran menarik dengan fasilitat terbaru saat ini. Model dan tipenya pun sudah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Tapi penawaran terhadap rumah second pun melonjak signifikan. Ini berarti orang masih memiliki minat terhadap rumah bekas dengan segala keunggulan dan kekurangannya.

Jadi dimana calon pembeli bisa mendapatkan informasi lengkap terkait rumah second yang ditawarkan di luar sana. Saat ini ada beberapa sumber terpercaya yang jadi rujukan pemburu rumah untuk mendapatkan informasi tentang rumah second yang dijual. Berbeda dengan rumah baru yang sudah langsung dipasarkan secara massif oleh pihak developer, rumah-rumahs second biasanya memilih jalan sendiri dengan bantuan broker atau bahkan mengiklankan secara mandiri. Berikut ini sumber terpercaya dimana saja tempat mencari rumah second yang bisa anda coba.

Online

Saat ini ada banyak situs yang menampilkan beragam iklan rumah-rumah bekas berkualitas. Mulai dari harga yang kompetitif hingga fasilitas yang ditampilkan secara informative membuat calon pembeli pun lebih leluasa untuk menentukan mana yang jadi incaran dan menarik untuk disurvey. Apalagi saat ini dengan kemudahaan website dan online, anda bisa langsung mendapatkan lokasi yang valid dan foto-foto pendukung yang terpercaya sesuai dengan kondisi rumah sebenarnya. Bisa dibilang saat ini pencarian rumah second lewat website ini jadi prioritas dan populer. Bahkan ada  banyak situs penyedia informasi yang mengumpulkan berbagai penawaran rumah second yang dijual sehingga calon pembeli cukup berkutat di satu website dan semua informasi terkait rumah second yang dijual sudah didapatkan.

Majalah

Majalah yang memiliki segmentasi pasar dan target pembaca yang senang dengan perkembangan properti pastinya sangat pas untuk mencari informasi terkait penawaran rumah bekas terbaru. Anda bisa melihat di berbagai majalah yang konsen dibidang desain, arsitektur, atau perkembangan properti di Indonesia yang sering menampilkan iklan rumah bekas dijual. Bahkan biasanya beberapa majalah memberikan spot sendiri beberapa halaman untuk menyajikan informasi rumah dijual ini. Keuntungannya anda bisa langsung memilih majalah tertentu yang memuat iklan terpercaya. Pastinya para pengiklan juga mengetahui bahwa target pembacanya memiliki ketertariakn terhadap dunia properti saat ini seperti anda.

Koran

Berbeda dengan majalah yang terbit seminggu sekali atau sebulan sekali, Koran justru bisa memperbarui informasi setiap hari. Anda bisa menemukan iklan rumah bekas dijual setiap hari dan memiliki banyak pilihan. Biasanya memang Koran memiliki slot khusus untuk menampung berbagai iklan termasuk iklan rumah bekas yang dijual di kota anda. Ini bisa jadi rujukan terpercaya karena disertakan nomor telepon yang bisa dihubungi. Meski informasi terbatas, tapi anda bisa menghubungi pengiklan untuk mendapatkan informasi detail tentang rumah. Bahkan jika cocok anda bisa langsung melakukan survey. Memang iklan di Koran tidak bisa menampilkan gambar lengkap seperti apa yang ditampilkan di website online. Tapi pembaruan informasi setiap hari dan iklan yang lebih banyak secara fisik bisa membuat anda lebih fleksibel tanpa harus membuka gadget dan masuk ke website dalam bentuk digital yang memakan waktu. Iklan di Koran bisa disimpan, dilipat, dan dibaca secara fisiknya.

Setelah anda mengetahui dimana bisa mencari rumah second, maka anda bisa langsung menentukan kriteria dan lanjut ke tahap berikutnya. Meski mencari di berbagai media seperti yang teah disebutkan yaitu melalui website, Koran, dan majalah, tapi beberapa hal mendasar ini harus anda perhatikan. Berikut ini beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum memburu rumah second impian anda.

  1. Anggaran

Hal pertama yang harus anda pahami adalah berapa dana yang anda siapkan untuk memburu rumah second di media yang telah disebutkan. Dengan mengetahui anggaran yang disiapkan, maka anda punya batasan budget maksimal dari setiap rumah yang ditawarkan. Ini akan mempersempit pemilihan anda sehingga didapatkan daftar rumah yang masuk ke dalam harga yang anda tetapkan.

  1. Kriteria khusus

Semua orang memiliki kriteria khusus tentang rumah bekas idamannya. Anda pun pastinya mempertimbangkan banyaka aspek seperti model rumah, fasilitas yang ada didalamnya, lokasi strategis, akses, hingga, rencana ke depan yang bisa dilakukan dengan rumah tersebut. Misalnya anda ingin membeli rumah tipe 36 dengan luas lahan belakang yang lebar. Tentu anda akan mengerucutkan pencarian anda pada hal-hal yang bersifat personal seperti ini.

  1. Buat daftar

Setelah anda melakukan pencarian lewat 3 media di atas, anda bisa membuat daftar sekitar 10 rumah yang menarik dan masuk ke dalam kriteria anda. Dari 10 rumah inilah anda bisa mulai melakukan survey untuk memperjelas semua aspek apakah sesuai dengan bayangan anda sebelumnya dan cocok dengan kriteria yang anda tetapkan. Biasanya ada hal di luar dugaan yang ditemui saat melakukan survey, bisa jadi lebih baik atau lebih buruk dari ekspektasi anda.

  1. Review ulang

Dari 10 rumah yang telah disurvey dan mendapatkan data di lapangan yang nyata, anda bisa berdiskusi dengan orang-orang terdekat tentang pilihan yang paling sesuai dengan kriteria dan budget anda. Pilih 2 atau 3 rumah yang benar-benar mendekati sempurna untuk dipinang sebagai rumah hunian anda nantinya. Setelah menemukan 3 besar calon rumah idaman anda, cobalah untuk mensurvey ulang lebih detail untuk meyakinkan anda bahwa memang sesuai dengan keinginan.

  1. Perhatikan legalitas

Sudah saatnya anda masuk ke dalam urusan legalitas. Minta pemilik rumah, penjual, atau developer yang bersangkutan untuk menunjukkan surat-surat rumah agar anda bisa lebih yakin lagi untuk membelinya. Pada saat ini anda belum melakukan penawaran. Ini untuk memastikan bahwa anda benar-benar paham tentang kondisi rumah dan nantinya bisa memberikan harga yang pantas dan masuk akal. Jangan terpancing dengan penjual yang mulai gerah karena anda belum melakukan penawaran.

  1. Uang muka sebagai tanda jadi

Setelah anda yakin dan mantap dengan salah satu rumah dan sudah cocok dengan harga yang ditawarkan maka jangan buang waktu untuk memberikan uang muka atau uang tanda jadi sesuai kesepakatan. Namun perlu diperhatikan bahwa pembayaran ini harus sudah kuat secara hukum misalnya menggunakan kwitansi bermaterai untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan di kemudian hari. Jika anda menunda pembayaran ini, bisa jadi besok sudah ada pembeli lain yang lebih dulu  melakukan pembayaran atau penjual menaikkan harganya karena tahu anda sangat menginginkan rumah tersebut.

 

Itu dia tempat mencari rumah second yang terpercaya. Anda bisa mulai mencari di 3 media tersebut yaitu website, majalah, dan juga koran. Media tersebut cukup terpercaya untuk menampilkan informasi yang valid terkait rumah second yang dijual.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *