bisnis kost

Marketing Dan Manajemen Kos

Berkembangnya bisnis properti beberapa tahun belakangan ini tentu menarik minat para investor untuk terjun berbisnis karena memang melihat bagaimana keuntungan yang menggiurkan didapat dengan mudah dari penjualan properti. Satu properti yang tak kalah menariknya adalah lini bisnis properti kos-kosan yang bisa mendatangkan passive income bagi pemiliknya. Tapi bukan berarti anda hanya butuh membeli lahan di lokasi strategis lalu kemudian membangun kamar-kamar hunian. Ada banyak aspek yang perlu diperhatikan agar usaha bisnis kos-kosan ini berjalan seperti yang diinginkan.

Ada managemen dan marketing yang dibutuhkan untuk menghidupkan usaha ini menjadi lading bisnis yang sehat dan tidak sekedar tren sesaat. Pemilik kos harus merencanakan pengelolaan yang baik dan sistem yang sehat di dalam kos-kosan agar penghuni merasa nyaman dan perputaran uang bisa mengalir lancar setiap bulannya. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu di perhatikan saat dalam managemen properti kos yang anda miliki.

Peraturan untuk penghuni kos

Anda akan mendapatkan penghuni yang beragam dari beberapa kamar kos yang anda sediakan di bangunan kos. Untuk itu diperlukan beberapa peraturan untuk membuat suasana kos menjadi kondusif dan terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan. Anda bisa membuat beberapa peraturan yang harus dipatuhi oleh penghuni kos seperti tidak membawa teman lawan jenis ke kamar, tidak berisik di atas jam 9 malam, tidak membuang sampah sembarangan, dan menjaga fasilitas umum di kos dengan baik. Dengan memberikan peraturan tersebut, artinya penghuni kos juga dituntut untuk menjaga keamanan dan kenyamanan kos dari lingkungan sekitarnya. Jika suasana kos anda menjadi riuh dan tak terkontrol, bisa jadi masyarakat setempat akan melakukan penutupan paksa dan ini berarti bisnis kos-kosan anda harus berakhir dengan tragis. Berikan pemahaman pada penghuni kos bahwa peraturan sejatinya dibuat untuk membuat keadaan lingkungan kos menjadi lebih kondusif. Anda juga bisa melakukan screening dan pemantauan setiap seminggu sekali agar peraturan ini tetap ditaati dan menghindarkan dari hal-hal yang lebih jauh lagi. Jika anda tidak bisa melakukan pemantauan ke lingkungan kos, anda bisa menyewa petugas atau penjaga yang akan memantau keadaan kos secara berkala.

Fasilitas listrik

Salah satu fasilitas yang sering menjadi kendala di kamar kos adalah arus listrik yang terbatas. Anda perlu melihat kebutuhan listrik penghuni agar kenyamanan dalam penggunaan listrik ini bisa berjalan dengan baik. Untuk kos di lingkungan kampus, biasanya setiap penghuni kos akan membawa komputer dan beberapa barang elektronik yang tentu saja akan membebani daya listri di bangunan kos tersebut. Ada baiknya anda membuat saklar listrik sendiri untuk setiap kamar agar penggunaannya bisa dikontrol dan tidak ada kesenjangan dengan penghuni lainnya.

Bisnis pendukung

Penghuni kos akan sangat senang jika beberapa kebutuhan sehari-hari bisa terpenuhi dengan baik di dalam kos. Anda bisa merespon ini sebagai sebuah peluang usaha baru di dalam lingkungan kos-kosan anda. Coba buka fasilitas jasa laundry untuk setiap kamar dan terapkan harga miring dibandingkan dengan laundry di luar. Pastinya penghuni kos tak akan sungkan untuk menggunakan jasa laundry ini. Atau anda juga bisa membuka warung makan di depan kos-kosan untuk mendukung kebutuhan sehari-hari penghuni kos yang tidak ingin repot keluar dari lingkungan kos. Dengan adanya fasilitas yang semakin memudahkan ini, tentu anda akan mendapatkan pemasukan tambahan dan penghuni kos akan semakin betah berada di dalam lingkungan kos.

Beberapa hal kecil dalam marketing kamar kos ini bisa membuat perubahan yang cukup drastis bagi perkembangan properti kos-kosan anda. Beberapa tips marketing di bawah ini bisa anda terapkan agar bisnis ini bisa berjalan terus menerus.

Berhubungan baik dengan tetangga

Anda pastinya membangun kos-kosan di kawasan yang padat penduduk dengan tetangga yang cukup dekat. Jaga terus hubungan baik dengan tetangga di lingkungan kos agar mereka mendapatkan manfaat dari bertetangga dengan bangunan kos yang anda miliki. Ajak mereka juga ikut berpartisipasi menjaga keamanan dan kenyamanan kos dengan melaporkan atau menegur penghuni kos yang dirasa memberkan ketidaknyamanan pada lingkungan sekitar. Jika tetangga memberikan respon positif, bukan tidak mungkin mereka tidak akan segan untuk merekomendasikan bisnis kos-kosan anda kepada orang lain. Ini adalah agen promosi yang paling efektif dengan unsur kepercayaan yang tinggi dan biaya promosi yang rendah atau bahkan tidak ada.

Bagi kelas kamar

Anda perlu jeli membaca target pasar yang ada di sekitar lingkugnan kos. Jika anda menargetkan para mahasiswa sebagai penghuni kos anda, maka anda perlu memetakan beberapa kelas mahasiswa sesuai dengan kemampuan dan gaya hidupnya. Anda perlu membagi kamar kos yang anda punya menjadi beberapa bagian:

  • Kelas umum: yaitu mahasiswa yang memang hanya membutuhkan tempat tinggal untuk belajar. Kebutuhannya hanya sebuah kamar privasi untuk tidur dang anti baju untuk kemudian lanjut lagi berkegiatan di lingkungan kampus. Mahasiswa seperti ini jarang berada di kamar kos dan hanya berada di kamarnya pada kondisi tertentu saja. Dia tidak menjadikan kos sebagai tempat untuk kegiatan yang lainnya. Untuk tipe mahasiswa seperti ini, anda bisa memberikan kamar yang sederhana dengan fasilitas yang sederhana dan uang sewa perbulan yang lebih murah. Dijamin kamar yang anda siapkan akan langsung terisi karena harga murah meski dengan fasilitas seadanya.
  • Kelas menengah: Mahasiswa kelas ini masih melakukan kegiatan aktif di kos-kosan seperti membawa teman-teman untuk nongkrong di lingkungan kos seperti belajar bersama atau mengerjakan tugas kampus. Beberapa kegiatan seperti mencuci dan memasak masih dilakukan di lingkungan kos dan merasa bahwa kos tersebut adalah rumah yang nyaman baginya. Anda bisa menawarkan fasilitas yang lebih lengkap seperti ranjang, lemari, meja belaja, dan beberapa perangkat lainnya dan tentu dengan harga yang lebih mahal dari kelas umum.
  • Kelas mewah: Tak jarang ada mahasiswa yang masih menginginkan fasilitas mewah di dalam kamarnya. Sebut saja ranjang, lemari, hingga pendingin udara, atau bahkan kamar mandi dalam. Anda bisa menyiapkan kamar dengan tipe mewah ini untuk menargetkan mahasiswa yang senang dengan kemewahan dan butuh fasilitas lengkap untuk memenuhi kebutuha pribadinya.

Dengan membagi kelas kamar menjadi beberapa tingkatan tersebut, berarti anda sudah menyiapkan pilihan untuk beberapa target penghuni yang semuanya berpotensi akan terisi penuh. Dengan fasilitas yang berbeda dan harga yang juga berbeda diharapkan para penghuni bisa memilih dan betah berada di kamar kosnya.

Pembayaran sewa

Selain itu anda juga bisa mengelola keuangan penghuni dengan memberlakukan pembayaran sewa secara berkala seperti setiap bulan, setiap 3 bulan, atau bahkan setiap setahun sekali. Setiap pilihan pembayaran ini akan memberikan keuntungan tersendiri bagi anda. Misalnya pembayaran perbulan akan anda gunakan untuk mengurusi pembiayaan rutin seperti pengelolaan sampah, listrik, perawatan lampu dan kamar mandi. Sedangkan untuk pembayaran pertahun, bisa anda sisihkan sebagai pendapatan tetap anda sehingga tidak mengganggu biaya perawatan kos yang pastinya harus disiapkan.

Itu dia strategi marketing dan manajemen kos bagi anda yang berencana untuk membuka usaha kos-kosan. Setelah mengetahui beberapa poin ini, diharapkan anda sudah memiliki bayangan tentang pengelolaan kos yang baik dan sehat.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *