bisnis kost

Menuju Kemakmuran Yang Berkelimpah

Setiap orang mendambakan kebebasan finansial dan hidup berkecukupan. Namun memang tidak semua orang bisa dengan mudah mendapatkannya. Ada banyak cara yang bisa dilakuakn untuk bisa menuju kemakmuran yang berkelimpahan. Anda bisa memiliki usaha yang terus berjalan tanpa harus sibuk bekerja sebagai prioritasnya. Salah satunya adalah dengan memiliki passive income dari usaha kos-kosan. Usaha property ini memang terbilang cukup menggiurkan jika beberapa aspek memang sudah anda miliki. Misalnya berada di lingkungan kampus atau perkantoran dengan akses yang cukup baik.  Memiliki pendapatan pasif ini merupakan salah satu cara agar anda bisa menuju kemakmuran yang anda impikan. Tak harus menunggu tua untuk bisa menjadi juragan kos karena saat ini bisnis properti berkembang dengan baik.

Jadi sebenarnya seperti apa bisnis properti kos-kosan ini berjalan dan apa saja keuntungan yang bisa didapatkan. Memang anda perlu modal yang cukup besar untuk membuat properti kos-kosan ini hingga bisa berjalan dan menghasilkan, tapi hasil yang didapatkan akan sebanding bahkan lebih dari yang anda bayangkan. Nantinya anda akan merasa bahwa bisnis ini adalah bisnis yang tepat untuk digeluti sedari awal.

Banyak peminat

Jika menilik pada lokasi yang tepat, tentu bisnis properti kos-kosan ini sangat menggiurkan. Anda bisa menyasar lingkungan kampus dan kawasan industri untuk bisa mencari peminat mahasiswa dan pekerja industri yang berasal dari luar kota. Setiap tahun selalu ada mahasiswa baru yang belajar di universitas dan ini adalah target pasar yang tidak akan pernah ada habisnya. Jadi meski nantinya mahasiswa yang menyewa kamar kos anda lulus, tentu dengan mudah akan terus terisi dengan mahasiswa baru. Begitu juga dengan kawasan pekerja yang akan bekerja bertahun-tahun di kawasan tersebut karena menjadi pilihan yang tepat dan murah dibandingkan dengan mencari rumah kontrakan atau bahkan membeli rumah baru.

Dengan memberikan pelayanan dan fasilitas yang baik, tentu properti kos-kosa anda akan tetap terisi penuh dengan penyewa dan akan betah berada di kos tersebut hingga bertahun-tahun. Tak jarang jika mahasiswa yang sudah betah akan malas untuk pindah kos sampai lulus kuliah. Jadi selama pelayanan dan fasilitas yang anda berikan sesuai dengan keinginan target pasar, maka bisnis kos-kosan ini akan tetap berjalan tanpa henti.

Memahami Capital Gain yang terus meningkat

Capital Gain adalah pergerakan harga investasi yang terus bergerak naik. Bahkan capital gain untuk rumah kos ini lebih tinggi daripada rumah kontrakan dan rumah pribadi karena memiliki dua pemasukan yang sangat menggiurkan. Jika anda membeli rumah pribadi di sebuah kawasan, tentu rumah tersebut tidak akan bisa memberikan pemasukan tambahan bagi anda karena ditempati langsung. Sedangkan untuk properti kos-kosan. Anda mendapatkan pemasukan dari properti tersebut dari orang yang menghuninya. Jadi tentu saja tidak akan rugi jika anda berbisnis properti kos-kosan ini karena nilai propertinya juga akan merangkak naik jauh lebih tinggi daripada properti rumah hunian. Jadi jika suatu hari anda ingin menjual bangunan tersebut, anda tidak hanya menjual fisiknya tapi usaha kos-kosan yang sudah berjalan yang akan memberikan keuntungan bagi pembeli selanjutnya.

Mengembangkan lini bisnis lainnya

Jika bisnis kos-kosan ini berjalan dengan baik dan semua kamar selalu penuh, maka anda punya peluang untuk melebarkan lini bisnis anda dari sistem pengelolaannya. Anda bisa membuka jasa laundry, catering, atau bahkan warung kelontong di depan kos-kosan untuk mengakomodasi kebutuhan sehari-hari para penghuni kos. Tentu penghuni kos tak akan ragu menggunakan jasa ini jika anda pun bernegosiasi soal harga khusus bagi penghuni kos. Jadi selain anda menyewakan kamar, anda juga bisa melebarkan sayap untuk bisnis yang lain. Ada banyak peluang yang bisa dikembangkan dan tentu saja pemasukan anda akan terus bertambah selain dari biaya kamar kos perbulannya.

Sistem pembayaran variatif

Anda bisa melihat pangsa pasar siapa saja yang menghuni kos-kosan yang anda miliki ini. Jika kebanyakan adalah mahasiswa, maka metode pembayarannya bisa rutin setiap bulan atau setiap satu semester. Atau untuk para pekerja bisa dinaikkan menjadi setiap setahun sekali. Dengan metode pembayaran yang fleksibel ini anda bisa mendapatkan pemasukan setiap bulan bahkan setiap tahun tanpa harus bekerja lebih keras. Bayangkan jika anda memiliki 10 kamar dengan masing-masing disewakan seharga Rp500 ribu  maka satu bulan anda bisa mendapatkan pemasukan Rp5juta.

Berbagai keuntungan di atas sudah pasti akan anda dapatkan jika perencanaan di awal sudah matang. Tak diragukan lagi anda akan mendapatkan kemakmuran yang anda idam-idamkan tanpa harus bekerja lebih keras. Lalu apa saja yang harus dipertimbangkan sebelum anda memulai membuka bisnis properti kos-kosan ini? Berikut ini beberapa hal yang harus anda pikirkan agar nantinya properti kos ini bisa ramai dan dihuni oleh banyak orang.

Lokasi strategis

Lokasi adalah satu hal penting yang harus anda pertimbangan sebelum membuka kos-kosan ini. Pilih lokasi yang strategis sesuai dengan target hunian anda seperti dekat kampus atau area perkantoran. Meski dekat dengan area tersebut pertimbangkan juga dengan akses. Pastikan penghuni yang membawa kendaraan bermotor bisa dengan mudah mengakses jalan raya menuju bangunan kos dan bisa parkir dengan leluasa.

Bangunan yang layak

Anda pasti ingin tinggal di tempat yang bersih, nyaman, dan aman. Jadi berlakukan syarat-syarat ini juga terhadap bangunan kos-kosan anda. Pertimbangkan wilayah yang sumpek dan berisik dari bangunan kos-kosan ini karena penghuni butuh ketenangan. Hindari juga tempat sampah karena akan menimbulkan bau ke area kos-kosan dan membuat penghuni tidak betah. Dengan bangunan yang baru dan segar, tentu akan menampakkan kesan yang mewah dan tidak kumuh sehingga penghuni akan merasa nyaman dan betah tinggal berbulan-bulan di tempat kos anda.

Akses dan fasilitas

Hal lain yang perlu dipertimbangkan dalam memilih kos-kosan adalah lokasi yang dekat dengan akses dan fasilitas umum seperti jalan raya, tempat makan, warung, dan sarana ibadah. Tentu penghuni kos tidak hanya menghabiskan hidupnya di dalam kamar yang kecil atau di seputaran area kos yang membosankan. Akses yang mudah ini akan membuat para penghuni kos betah dan sehat secara mental karena mereka tidak merasa dipenjara atau terasingkan dari dunia luar.

Dengan memperhatikan beberapa aspek di atas tentu anda sekarang sudah memiliki bayangan bagaimana menggiurkannya prospek bisnis properti kos-kosan ini. Passive income yang besar dengan resiko yang kecil bahkan tanpa hambatan bisa anda dapatkan dengan mudah. Yang terpenting bisa menjaga kenyamanan penghuni agar betah dan memberikan pengalaman kos yang menyenangkan agar mereka juga nantinya bisa mempromosikan kos-kosan tersebut kepada orang lain.

Demikian penjelasan singkat bagaimana keuntungan menggeluti usaha properti kos-kosan yang memiliki keuntungan yang menggiurkan dengan resiko yang minim. Anda bisa memulai sekarang dengan mencari-cari informasi properti kos yang bisa anda kelola.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *