bisnis kost

Solusi Pendanaan Pembuatan Usaha Kos

 Usaha kos-kosan saat ini memang sangat menggiurkan oleh investor properti. Selain memberikan keuntungan passive income setiap bulannya, capital gain untuk bangunan kos-kosan merambat naik setiap tahunnya. Apalagi biasanya bisnis kos-kosan ini dibuat di pusat kota sehingga menambah nilai investasi dan memberikan nilai prestise bagi pemiliknya. Tapi tentu saja dibalik menggiurkannya, ada dana yang tak sedikit yang harus digelontorkan untuk membuat usaha kos-kosan ini dari mendirikan bangunan hingga pengelolaan dan marketingnya.

Lalu bagaimana caraya anda mendapatkan pendanaan untuk membuat usah kos-kosan ini? Jika saat ini anda tidak memiliki dana segar yang cuku puntuk membeli lahan dan membangun kos-kosan apakah masih memungkinkan untuk terjun di bisnis ini. Berikut ini beberapa solusi yang bisa anda coba untuk bisa memiliki bisnis kos-kosan idaman anda.

Bekerja sama dengan pemilik bangunan

Jika anda belum bisa memiliki bangunan sendiri, maka anda bisa mencari orang yang memiliki bangunan dan anda bisa mengajaknya bekerja sama untuk membangun bisnis kos-kosan ini. Ada banyak orang yang memiliki bangunan tak terpakai di tengah kota karena merupakan aset investasi tanpa dihuni dan digunakan dan ini adalah lahan bisnis anda untuk mengajak mereka bekerja sama. Anda bisa memberikan modal yang anda punya untuk menyulap bangunan kosong tersebut sebagai bangunan kos-kosan yang siap disewakan perkamarnya. Dengan metode ini, uang yang anda punya masih bisa digunakan untuk biaya renovasi meski tidak cukup untuk membeli lahan atau membangun bangunan kos yang baru. Cara ini cukup efektif jika anda memiliki kenalan orang yang punya aset bangunan tak terpakai di wilayah strategis yang anda incar.

Pinjaman ke bank

Anda bisa mengajukan pinjaman ke bank untuk membuat usaha kos-kosan. Dalam kondisi tertentu jika persyaratan anda terpenuhi, bukan tidak mungkin dana segar dari bank akan keluar. Beberapa syarat pertimbangannya adalah adanya jaminan yang bisa anda agunkan seperti sertifikat tanah atau yang lainnya. Jika anda belum memiliki ini, anda bisa mengajukan pinjaman tanpa agunan dengan mempertimbangkan beberapa syarat personal seperti penghasilan bulanan anda dan dimana anda bekerja. Meminjam di bank pastinya akan lebih mudah karena jika usaha ini berjalan, maka anda bisa melunasi cicilannya dari biaya sewa kos-kosan yang anda bangun ini. Setelah hutang ke bank selesai, pemasukan dari kos-kosa ini masih terus bisa anda nikmati selama usaha kos-kosan ini berjalan.

Menggunakan media sosial

Saat ini media sosial memberikan dampak positif untuk menyebar informasi dan mengumpulkan informasi. Anda bisa mencari orang-orang yang bisa anda kerja sama dalam membangun usaha kos-kosan dari dana yang dimiliki. Jadi anda mencari orang-orang yang bisa diajak patungan membuat usaha kos yang nantinya akan dikelola bersama dan dinikmati hasilnya bersama. Ada banyak startup pendukung untuk menemukan orang-orang dengan visi yang sama seperti ini terutama di media sosial. Tapi anda juga harus teliti jangan sampai bertemu dengan penipu yang justru akan menghancurkan rencana matang anda. Dengan menemukan orang yang tepat, maka rencana pertama untuk mencari pemilik bangunan bisa anda terapkan, dan tentu rencana untuk mencari rekanan investor untuk membuat usaha kos-kosan juga bisa terlaksana.

 

Itu dia 3 hal yang perlu dipertimbangkan untuk mendapatkan solusi pendanaan bagi anda yang ingin memulai usaha kos-kosan ini dengan modal yang minim. Pahami resiko dan perencanaan yang matang dan jangan asal tergiur dengan hasil yang menggiurkan dari usaha kos-kosan ini.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *