Mengenal Kegunaan Dan Jenis  Corten Steel

Mengenal Kegunaan Dan Jenis  Corten Steel

Mungkin Anda masih cukup asing dengan corten steel atau nama lainnya weathering steel. Produk satu ini mulai menarik perhatian karena tampilannya warnanya seperti baja berkarat atau oranye kekuning-kuningan. Warna tersebut sangat menarik untuk membuat patung, bangunan, dan sebagainya. Untuk lebih lengkapnya, artikel ini akan mengenalkan pada Anda mengenai kegunaan dan jenis corten steel.

Cor-ten merupakan merek dari perusahaan bernama United States Steel Corparation. Nama tersebut terdiri dari dua kata, yaitu cor yang memiliki arti ketahanan melawan korosi, dan ten berarti kekuatan tarik. Seperti artinya, corten steel lebih tanah lama dibandingkan baja jenis lainnya.

Awal penciptaan corten steel dimulai dari permasalahan biaya mengecatan lapisan bangunan baja yang cukup tinggi. Dengan kehadiran bahan corten ini, baja lebih tahan dan tidak mudah rusak karena terdapat lapisan karat yang melindunginya. Selain itu, corten tidak membutuhkan pengecatan karena itulah lebih menghemat dana.

Berikut ini penjelasan mengenai kegunaan dan jenis corten steel, termasuk kisaran harganya.

Berbagai Kegunaan Corten Steel

Dengan warnanya yang unik dan bahan tahan lama, corten steel memiliki berbagai kegunaan. Berikut ini beberapa contohnya.

  1. Eksterior bangunan gedung

Corten steel mulai memikat para arsitektur untuk menjadikannya sebagai bahan bangunan. Bangunan paling terkenal dan pertama dibuat dari bahan ini adalah gedung John Deere World Headquartes. Bangunan cantik tersebut begitu estetik dan berdiri di Moline tahun 1964. Arsitekturnya adalah Eero Saarinen.

  1. Jembatan

Pasti Anda sering melihat jembatan-jembatan di Indonesia memiliki besi seperti berkarat kemudian menganggap besi tersebut sudah tua dan perlu diganti. Jika tidak diganti kemungkinan jembatan tersebut akan roboh. Ternyata anggapan itu salah, sebab besi yang digunakan tersebut ternyata adalah cor-ten steel yang tahan lama dan kuat.

  1. Membuat Patung

Patung merupakan karya seni yang dapat menggunakan corten steel. Warna unik corten steel dan bahannya yang tahan lama akan membuat patung begitu estetik. Salah satu patung terkenal dari bahan besi satu ini berada di Cicago. Tepatnya berdiri indah di depan Dalet Center Cour. Patung tersebut dinamai Chicago Picasso.

  1. Gerbong kereta dan Kontainer

Gerbong kereta juga dapat menggunakan bahan corten steel. Selain tahan lama, gerbong pun tidak perlu dicat dan tampilannya begitu menarik. Selain itu, truk besar juga cocok menggunakan baja jenis ini untuk membuat kontainer. Selain tahan cuaca, juga pembuat kontruksi lebih cepat.

Jenis Corten Steel

  1. Corten jenis A

Jenis corten A sangat cocok diaplikasikan untuk berbagai karya estetika. Seperti patung, dan berbagai benda yang memiliki nilai seni dan tidak menahan terlalu banyak beban. Dapat dikatakan bahan corten satu ini tidak terlalu kuat, sehingga tidak cocok untuk menjadi bantalan beban.

  1. Corten Jenis B

Berbeda dengan corten jenis A, corten jenis B memang diciptakan sebagai struktur bantalan beban. Bangunan-bangunan seperti cerobong asap, gedung, bahkan kerta api dan kontainer sangat direkomendasikan menggunakan corten jenis B. Hal tersebut karena corten ini mampu bertahan terhadap cuaca.

Kelebihan  Corten Steel

Dibandingkan jenis baja lain, corten steel memiliki lebih banyak keunggulan. Mulai dari biaya penyelesaian yang lebih murah karena tidak butuh cat ataupun pelindung lainnya. Kelebihan lainnya, perawatan yang mudah, hemat biaya perawatan, keunikan tampilan, dan lebih cepat dalam pembuatan kontruksi.

Demikian penjelasan mengenai kegunaan dan jenis corten steel. Untuk harga produk satu ini ditentukan dari ukuran, jenis, dan toko yang menjualnya. Semoga artikel ini bermanfaat utuk Anda.

Share this Post:
Posted by dony ardiansyah
Image