Mengenal Kegunaan Dan Material Keramik Untuk Rumah

Mengenal Kegunaan Dan Material Keramik Untuk Rumah

[lwptoc]

Memiliki rumah yang nyaman dan indah selalu menjadi idaman setiap orang. Namun untuk mendapatkan rumah idaman tersebut, tak ayal kita harus melalui serangkaian proses pembangunan yang melelahkan. Mulai dari pemilihan desain, material hingga pembiayaan. Banyak keputusan yang harus dipertimbangkan. Apalagi ketika keputusan tersebut menjadi bagian yang langsung tampak oleh mata. Salah satunya adalah tentang keramik. Supaya lebih mantap, coba ikuti ulasan kami tentang kegunaan dan jenis keramik untuk rumah.

Material keramik umumnya digunakan sebagai dekorasi interior maupun eksterior lantai rumah. Lantai sebagai pijakan memang bukan bagian utama untuk rumah. Meskipun keberadaannya sangat berperan penting menghasilkan kenyamanan dan kesan cantik serta sejuk dalam rumah. Terutama seiring dengan perkembangan zaman, lantai keramik juga berkembang menjadi pilihan menarik dibandingkan lantai tegel atau tanah pada zamannya.

Mengenal Keramik untuk Bahan Bangunan

Keramik merupakan bahan bangunan yang dibuat berdasarkan perpaduan dari senyawa logam dan bukan logam. Biasanya keramik diolah dari tanah liat yang dipanaskan. Keramik sendiri berasal dari kata bahasa Yunani, yaitu Keramikos yang berarti suatu bentuk dengan bahan dasar tanah liat yang telah mengalami proses pembakaran. Dalam bahasa Inggris, keramik disebut dengan burn stuff yang berarti benda-benda yang dibakar. Ini merujuk pada sifat material keramik yang diperoleh dengan proses pembakaran dengan suhu tinggi.

Berdasarkan sejarah, keramik sudah banyak dipakai sejak 10.000 tahun yang lalu. Hasil penggalian barang kuno di Mesir menunjukan bahwa keramik telah dibuat 5000 tahun sebelum Masehi. Sementara itu batu bata merah digunakan sejak 3000 tahun sebelum Masehi. Perkembangan keramik berasal dari Tiongkok 2600 tahun sebelum Masehi. Di Eropa keramik mulai diperkenalkan oleh masa kejayaan romawi Yunani di abad 18. Saat itu keramik dibuat dari sejenis tanah putih lalu dibakar porselin atau disebut dengan tanah Kaolin.

Kegunaan Keramik

Keramik umumnya sering dimanfaatkan penggunaannya sebagai penutup lantai dan dinding. Sifat-sifat keramik yang memberikan kenyamanan dan keteduhan menjadi kelebihan tersendiri. Apalagi keramik memiliki banyak jenis yang beragam sehingga mampu disesuaikan dengan fungsi area bangunan. Nantinya, setelah memahami kegunaan dan jenis keramik, Anda bisa memaksimalkan penggunaanya untuk bagian berikut.

Untuk lantai ruangan

Banyak orang menerapkan keramik di lantai sebagai alas bangunan. Terutama pada beberapa ruangan istimewa seperti ruang tamu dan kamar tidur. Meskipun pemilihan jenisnya disesuaikan dengan fungsi ruangan. Untuk ruang tamu, penting untuk memilih keramik dengan motif kekinian atau sesuai dekorasi interior yang Anda sukai. Misalnya, untuk dekorasi interior dinamis bisa menggunakan keramik lantai printed. Atau dekorasi interior industrial menggunakan keramik lantai grayscale. Selain itu, pilih juga keramik yang berkilau dan mudah dibersihkan.

Untuk lantai kamar mandi dan dapur

Kamar mandi dan dapur termasuk area bangunan rumah yang utama. Pemilihan keramik untuk kamar mandi dan dapur biasanya dengan tekstur agak kasar sehingga tidak membuat terpeleset atau jatuh ketika melewatinya saat basah. Ukuran keramik yang digunakan juga harus sesuai. Misalnya pada area yang selalu terkena air, menggunakan ukuran keramik kecil agar memiliki drainase yang baik. Selain itu keramik yang digunakan juga harus dari jenis yang tahan air sekaligus mudah dibersihkan. Oleh sebab itu, keramik perlu dilapisi dengan pelindung supaya air dan noda tidak mudah menyerap dalam keramik.

Untuk lantai teras

Sebagai area terdepan dari rumah, teras perlu mendapatkan perhatian lebih. Pemilihan keramik untuk lantai teras harus disesuaikan dengan kekuatan dan ketahanan keramik. Sebaiknya gunakan keramik yang tidak licin tetapi juga tidak terlalu kasar. Salah satunya dengan menggunakan porcelain tiles yang sudah teruji perihal ketahanan jangka panjang, anti selip, daya serap air rendah dan tahan pada perubahan suhu yang ekstrem.

Untuk dinding

Memang belum banyak yang mengaplikasikan keramik untuk dinding rumah. Namun, penggunaan keramik untuk dinding rumah sangatlah penting. Bahkan ada yang sengaja mendesain pola tersendiri agar keramik yang terpasang lebih berkesan dekoratif.selain itu, kegunaan keramik untuk dinding rumah tidak terlepas dari sifat keramik yang mudah dibersihkan. Ruangan yang sering menjadikan keramik untuk dinding yaitu kamar mandi. Dinding di area kamar mandi tidak akan terlepas dari cipratan atau guyuran air baik sengaja maupun tidak. Untuk itu, kegunaan keramik untuk dinding kamar mandi perlu diaplikasikan.

Jenis Keramik yang Tersedia di Pasaran

Ada banyak jenis keramik yang bisa Anda gunakan sebagai penutup lantai atau dinding rumah, keramik juga memiliki berbagai merek dan harga yang beragam. Jenis keramik berdasarkan motif, bahan dan ukuran juga sudah banyak dijajakan di pasaran. Beberapa jenis keramik tersebut, yaitu.

- Keramik biasa; jenis ini banyak beredar di pasaran khususnya di toko bangunan. Ukurannya sangat lengkap dalam bentuk persegi mulai dari 30 cm sampai 80 cm.

- Keramik teraso; jenis ini sedang banyak digandrungi orang. Pengembang dan pecinta ruma bernuansa etnik dan klasik tradisional akan memburu jenis keramik ini. Keramik teraso berukuran sekitar 20x20 cm. Umumnya keramik ini banyak digunakan di restoran atau villa bernuansa etnik.

- Keramik homogeneous tile; jenis ini disebut juga dengan keramik tiruan granit. Keramik ini memang sengaja dibuat persis serupa dengan granit atau marmer. Ukuran keramik dijual akan besar dan sulit ditemukan dalam ukuran kecil. Umumnya keramik ini banyak digunakan di pusat perbelanjaan, apartemen atau perkantoran yang terbilang memiliki tampilan mewah tetapi biaya minim.

- Keramik granit alam; jenis ini banyak dipergunakan oleh kalangan elit karena menimbulkan kesan asri, anggun dan elegan. Keramik ini diperoleh dari hasil tambang sehingga tergolong dijual dengan harga paling mahal dari keramik lainnya.

- Keramik mozaik; jenis ini memiliki ukuran kecil sekitar kurang dari 6 cm. Keramik ini sengaja dibuat seperti lempengan agar membentuk pola dengan efek optik. Keramik jenis ini sangat unik tentu saja dengan syarat cara pemasangan harus benar.

Untuk kisaran harga, material keramik memiliki harga jual yang variatif sesuai ukuran dan merk dagangnya. Ukuran terkecil dijual dengan kisaran harga sebesar Rp50.000 hingga Rp90.000 per pak dan ukuran terbesar dijual dengan kisaran harga sebesar Rp85.000 hingga Rp120.000 per pak.

Demikian ulasan seputar kegunaan dan jenis keramik untuk inspirasi rumah Anda. Penggunaan keramik memang patut menjadi pertimbangan bagi Anda. Terlebih jika Anda memiliki impian sebuah rumah idaman yang akan sangat nyaman dan teduh.

Share this Post:
Posted by dony ardiansyah
Image