desain rumah

Faktor Penting Aquaponic, Solusi Berkebun Di Rumah

Anda masih membutuhkan alasan mengapa aquaponic? Perlu Anda tahu bahwasannya salah satu alasan paling utama beraquaponic ini adalah tidak membeli nutrisi seperti pada sistem hidroponik. Selain hal tersebut, aquaponic juga dapat memberikan panen sayur yang lebih sehat dan ikan segar yang sangat bergizi. Para petani aquaponic ini sendiri juga harus memperhatikan beberapa faktor penting aquaponic yang biasanya terjadi dan juga dialami para petanu aquaponic. Penasaran? Langsung saja simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Faktor penting aquaponic

pH air kolam aquaponic

Kira-kira berapa kebutuhan ph air yang paling ideal untuk kolam aquaponic? Mengatur ph kolam aquaponic ini adalah urusan yang paling rentan, sebab secara general kebutuhan ph ikan dan tanaman hanya akan bertemu diangkat yang sempit. Umumnya ikan ideal hidup pada air kolam dengan ph 6.5 hingga 8, sementara itu tanamannya sendiri dengan keadaan ph air yang berkisar 5.5 hingga 6.5, ini artinya ph air pada kolamnya harus selalu dipantai supaya selalu ada pada angkat 6.5.

Kadar oksigen pada air kolam

Ini pastinya juga akan sangat menentukan keberhasilan aquaponic. Oksigen yang dibutuhkan untuk ikan dan juga bakteri pengurai amonia. Proses penguraian ini jadi nitrat dan nitrit yang akan dilakukan bakteri nitrobacter serta nitrosomonas.

Suhu air pada kolam

Susuh air pada kolam sebagaimana oksigen yang akan menentukan keberhasilan kebun aquaponic. Nitrosomonas optimun pada ph 6.0 hingga 9.0 dan juga pada suhu antara 20 hingga 30 derajad celcius. Nitrobacter ini akan tumbuh optimal dengan suhu 28 derajad celcius serta mempunyai ph optimum 7.3 dan 7.5, lalu akan mati pada suhu 49 derajad celcius atau dibawah 0 derajad celcius.

Populasi ikan

Perlu Anda tahu bahwasanya berdasarkan buku panduan aquaponic yang telah mengadopsi model aquaponic BPPTP Jakarta, satu ikan lele dengan bobot 250 gram ini cukup untuk menghidupi 1 tanaman sayur berdaun. Sementara itu untuk sayuran buah diperlukan sekitar 10 ekor ikan lele dengan bobot atau berat yang sama. Populasi ikan pada kolam ini akan sangat menentukan keberhasilannya pertumbuhan tanaman, yang mana jumlah ikan yang sedikit akan menyebabkan tanaman tidak optimal begitu pun dengan jumlah ikan yang  berlebih jika tidak segera ditangani dengan tepat bisa sebabkan mati masal sebab keracunan amonia.

Itulah beberapa faktor penting aquaponic yang bisa kami informasikan kepada Anda semuanya. Semoga bermanfaat.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *