Mengenal Jenis-Jenis Dinding Roster, serta Kelebihan dan Kekurangannya

Mengenal Jenis-Jenis Dinding Roster, serta Kelebihan dan Kekurangannya

Ketika kamu ingin mendekorasi atau mendesain rumah agar tampak lebih estetis, kamu bisa mempertimbangkan menggunakan desain dinding roster. Apa yang dimaksud dengan dinding roster? Di bawah ini kami akan menjelaskan secara detail mengenal jenis-jenis dinding roster serta kelebihan dan kekurangannya.

Tentang Dinding Roster

Dinding Roster atau ventilation block adalah sebuah dinding partisi atau penyekat ruangan yang memiliki fungsi sebagai lubang pencahayaan dan sirkulasi udara.

Jenis dinding ini sebenarnya bukan hal baru dalam desain rumah, tetapi akhir-akhir ini menjadi trend banyak rumah minimalis dan modern. Jenis dinding ini bisa digunakan sebagai fasad, pagar rumah, atau secondary skin dalam sebuah rumah.

Penggunaan dari jenis dinding ini tidak hanya bisa digunakan untuk luar ruangan saja, tetapi juga bisa diterapkan di interior rumah.

Bahan atau material yang digunakan sebagai dinding roster ada sangat beragam dan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jenis-Jenis Dinding Roster

Untuk lebih jelas tentang jenis-jenis dinding roster silahkan simak penjelasannya di bawah ini!

1. Roster Keramik

Jika kamu ingin membuat dinding roster memiliki finishing yang mewah dan mengkilap, maka roster keramik adalah pilihan tepat untuk dipilih.

Karena ketika menggunakan bahan keramik, maka dinding akan tampak lebih modern dan bisa digunakan sebagai partisi dengan dekorasi yang menawan.

Penggunaan roster berbahan keramik ini juga bisa digunakan sebagai dekorasi fasad rumah. Roster keramik memiliki pola dan warna yang bisa disesuaikan dengan keinginan.  Kelemahan dari bahan roster keramik adalah mudah tergores dan rentan pecah.

2. Roster Batako

Jika kamu ingin dinding yang memiliki ciri khas berwarna plain dan abu-abu maka menggunakan bahan batako adalah pilihan yang tepat. Roster batako sering digunakan untuk mendekorasi bagian luar rumah.

Tetapi jika kamu bisa melakukan penataan bahan ini dengan baik, juga bisa digunakan sebagai dekorasi interior rumah loh! Dengan menggunakan roster batako rumah kamu akan memiliki gaya desain industrial yang modern.

3. Roster GRC

Kamu juga mungkin bisa mempertimbangkan menggunakan roster GRC. Karena bahan ini memiliki desain yang tampak lebih modern. Karena motif dan pola yang dimiliki roster GRC diproduksi dengan mesin modern yang bisa di custom sesuai keinginan.

Sehingga saat menggunakan roster GRC, kamu bisa menyesuaikan desain sesuai dengan keinginan akan digunakan untuk eksterior atau interior rumah. Roster GRC memiliki ciri khas bahan yang ringan dan tahan lama, serta bisa menyalurkan cahaya matahari dan udara dengan optimal.

Saat menggunakan roster GRC, rumah yang kamu miliki akan memiliki desain yang lebih menawan dan estetis.

4. Roster Beton

Kamu juga bisa pertimbangkan menggunakan roster beton karena memiliki durabilitas yang prima, serta memiliki desain yang estetis dan unik.

Bahan dinding ini bisa kamu gunakan di fasad bangunan rumah, karena merupakan salah satu bahan yang kuat dan memberikan tampilan desain tampak depan yang unik. Untuk di indoor, roster beton bisa kamu manfaatkan sebagai partisi dekorasi.

5. Roster Tanah Liat

Roster tanah liat juga memiliki tampilan desain yang tidak kalah eksotis dibandingkan bahan lainnya. Karena dengan menggunakan bahan tanah liat, rumah kamu akan tampak lebih artistik dan eksotik.

Rumah-rumah di Indonesia sudah sejak jaman dahulu telah menggunakan roster tanah liat untuk digunakan di bagian area outdoor rumah seperti pagar. Walaupun rumah jadi tampak lebih eksotik, tetapi roster tanah liat memiliki kekurangan warna yang cepat pudar dan tidak bisa dilapisi dengan cat.

6. Roster Kayu

Pilihan ventilation block selanjutnya adalah jenis roster kayu. Roster kayu ini cocok digunakan jika kamu menerapkan rumah dengan desain tradisional dengan material dan bahan bangunan dominan terbuat dari kayu.

Kamu bisa menggunakan roster kayu ini sebagai fasad rumah ataupun partisi ruangan. Karena roster kayu memiliki banyak bentuk dan ukuran. Saat menggunakan roster kayu, rumah kamu akan memiliki tampilan desain yang unik.

Kelemahan dari roster kayu adalah rentan lapuk dimakan rayap. Jadi sebaiknya saat memilih bahan roster kayu, cari kayu dengan kualitas terbaik.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Dinding Roster

Saat kamu ingin menggunakan dinding roster pada eksterior atau interior rumah, ada beberapa kelebihan dan kekurangannya, seperti :

Kelebihan

  • Bisa dimanfaatkan sebagai ventilasi udara dan mempermudah sinar matahari masuk ke dalam rumah
  • Memiliki bentuk dan motif yang beragam, sehingga akan membuat desain rumah jadi tampak unik dan menarik.
  • Untuk proses pengaplikasian dan pemasangan mudah, seperti dinding pada umumnya.

Kekurangan

  • Kamu akan kehilangan privasi karena dinding menjadi berlubang yang mudah diintip.
  • Pemasangan perlu memperhatikan datangnya arah sinar matahari.
  • Tidak bisa digunakan sebagai dinding utama
  • Proses pemasangan harus dilakukan oleh yang sudah ahli
  • Berpotensi membawa kotoran dan debu ke area rumah atau ke dalam rumah

Jadi itulah tadi penjelasan lengkap tentang jenis-jenis dinding roster serta kelebihan dan kekurangannya. Semoga bisa membantu kamu yang tertarik menerapkan membuat desain eksterior atau interior rumah agar tampak lebih unik.