Cara Pengajuan KPR Perumahan Subsidi Cepat Disetujui

Cara Pengajuan KPR Perumahan Subsidi Cepat Disetujui

Ketika membahas tentang perumahan subsidi, tentunya kita tidak akan terlepas dengan KPR. Tetapi bagaimana cara pengajuan KPR perumahan subsidi cepat disetujui?

Untuk saat ini masyarakat dengan berpenghasilan rendah, telah dipermudah oleh pemerintah untuk bisa memiliki rumah sendiri dengan harga murah dan terjangkau. Karena pemerintah telah mengadakan program rumah subsidi dengan sistem KPR.

Cara Pengajuan KPR Perumahan Subsidi Cepat Disetujui

Jika kamu tertarik membeli rumah subsidi dengan sistem KPR, silahkan simak cara pengajuan KPR Perumahan Subsidi cepat disetujui di bawah ini!

1. Penghasilan Pokok Tidak Melebihi Ketentuan

Cara pengajuan KPR perumahan subsidi agar cepat disetujui pertama pastikan kamu memiliki penghasilan pokok yang tidak melebihi ketentuan.

Untuk syarat mengajukan KPR rumah subsidi, pemohon harus masuk dalam kategori MBR yang sesuai dengan keputusan Menteri PUPR Nomor 552/KPTS/M/2016.

Penghasilan pokok maksimal dari pemohon adalah memiliki gaji pokok atau penghasilan maksimal Rp 8 juta per bulan. Jadi pastikan gaji pokok kamu tidak lebih dari 8 juta per bulannya ya!

2. Belum Pernah Menerima Subsidi Rumah Dari Pemerintah

Jika kamu sudah pernah mendapatkan bantuan subsidi rumah dari pemerintah, maka Bank tidak akan menyetujui permohonan KPR yang kamu ajukan.

3. Angsuran Tidak Melebihi Sepertiga Gaji Pokok

Mirip dengan KPR nonsubsidi, ketentuan KPR rumah subsidi dari pemerintah, pemohon harus mempunyai penghasilan tetap.

Dan penghasilan total per bulan juga harus bisa cukup untuk pembiayaan angsuran KPR. Pemohon harus memiliki angsuran yang tidak boleh lebih dari sepertiga pendapatan/penghasilan utama.

4. Tidak Punya Kredit Macet

Pastikan juga saat kamu mengajukan KPR rumah subsidi pemerintah, kamu tidak memiliki histori kredit macet. Jika kamu sudah pernah memiliki kredit macet, dan di cek melalui BI Checking oleh pihak bank. Maka ada kemungkinan pengajuan KPR rumah subsidi bisa ditolak.

Karena itu, pastikan saat mengajukan KPR subsidi kamu tidak memiliki catatan kredit macet di OJK atau SLIK.

Jika kamu tidak memiliki catatan buruk saat melakukan kredit, dapat dipastikan proses pengajuan KPR perumahan subsidi cepat disetujui.

5. Siapkan Dokumen Persyaratan Lengkap

Cara pengajuan KPR perumahan subsidi cepat disetujui selanjutnya kamu harus menyiapkan dokumen persyaratan pengajuan KPR yang lengkap.

Kamu harus menyiapkan dokumen persyaratan sesuai yang ditentukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Jika kamu belum mengetahui apa saja dokumen persyaratan pengajuan KPR rumah subsidi, silahkan simak persyaratan dokumen berikut :

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (e-KTP)
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi NPWP
  • Melampirkan SPT tahunan
  • Fotokopi akta nikah jika Anda sudah menikah
  • Slip gaji asli sebulan terakhir jika bekerja
  • Fotokopi surat pengangkatan karyawan tetap
  • Pas foto 3×4
  • Surat keterangan aktif bekerja (surat ini wajib ditandatangani dan diberi stempel dari HRD perusahaan tempat Anda bekerja)
  • Buku tabungan rekening bank yang ingin mengajukan KPR
  • Surat keterangan belum mempunyai rumah dari kelurahan atau desa yang ditandatangani lurah/kepala desa
  • Mengisi aplikasi KPR dan form FLPP
  • Materai 15 lembar