Perbedaan Perumahan Cluster, Residence, Townhouse dan Regency

Perbedaan Perumahan Cluster, Residence, Townhouse dan Regency

Saat mencari rumah di perumahan, pastinya kamu tidak asing dengan istilah perumahan Cluster, Residence, Townhouse dan Regency. Tetapi karena kamu adalah orang yang awam di bidang properti, tentunya istilah ini akan membingungkan kamu bukan. Karena itu, untuk lebih jelasnya, kami akan memberikan informasi tentang perbedaan perumahan Cluster, Residence, Townhouse dan Regency di bawah ini!

Perbedaan Perumahan Cluster, Residence, Townhouse dan Regency

Berikut ini adalah perbedaan perumahan Cluster, Residence, Townhouse dan Regency yang perlu kamu ketahui!

Perumahan Cluster

Perumahan cluster adalah perumahan yang didalamnya setiap unit rumah yang dibangun memiliki tipe yang sama dan dibangun secara bersamaan. Perumahan cluster biasanya mempunyai kualitas premium, sehingga sering dicari oleh kalangan menengah ke atas.

Ciri perumahan cluster adalah sebagai berikut :

  • Bangunan rumah memiliki desain yang sama
  • Memiliki gerbang atau pintu keluar masuk yang terbatas dengan one gate system
  • Memiliki fasilitas yang lengkap di dalam perumahan
  • Ada banyak unit rumah yang dibangun dengan beberapa komplek

Perumahan Townhouse

Mungkin kamu pernah mendengar istilah perumahan townhouse, perumahan ini memiliki ciri-ciri mirip dengan perumahan cluster. Tetapi yang ada beberapa perbedaan mencolok yang bisa kamu ketahui antara perumahan cluster dan townhouse.

Berikut ini adalah ciri-ciri perumahan townhouse yang membedakan dengan jenis perumahan lainnya “

  • Perumahan townhouse memiliki jumlah unit rumah lebih sedikit dibandingkan perumahan cluster, biasanya hanya berapa puluh unit rumah saja.
  • Memiliki fasilitas yang lebih lengkap dibandingkan perumahan cluster, karena memiliki jogging track, lapangan, area bermain anak, multi function room, lapangan tenis, kolam renang dan area piknik.
  • Desain rumah di perumahan townhouse lebih mewah dan megah dengan memiliki rumah 3 lantai sampai 4 lantai.
  • Harga rumah di perumahan townhouse lebih mahal dibandingkan jenis perumahan lainnya.

Perumahan Residence

Perumahan residence bisa dikatakan mirip dengan perumahan cluster, tetapi perumahan jenis ini hanya terdapat beberapa rumah dalam satu kawasan. Rumah di perumahan residence umumnya menggunakan desain sederhana dan minimalis dengan ukuran dan tipe rumah yang seragam.

Yang membedakan perumahan cluster dan perumahan residence adalah dari lokasinya. Perumahan residence umumnya dibangun di sub urban atau di pinggiran kota. Sehingga perumahan residence akan memiliki lingkungan yang lebih asri dan bebas polusi.

Kamu akan menemukan banyak perumahan jenis residence ini di daerah penyangga kota Jakarta, seperti di Bogor, Depok, Bekasi, dan Tangerang.

Perumahan Regency

Ketika membahas tentang perumahan regency dan perumahan residence sebenarnya kedua jenis perumahan ini mirip. Karena kedua lokasi dari jenis perumahan ini dibangun di wilayah sub urban.

Walaupun tidak memiliki perbedaan yang jelas antara perumahan regency dan residence. Tetapi developer umumnya membangun perumahan regency di wilayah sub urban, tetapi menawarkan akses ke titik tertentu.