Cara Membuat Kitchen Set Sederhana Buatan Sendiri

Cara Membuat Kitchen Set Sederhana Buatan Sendiri

Kitchen set adalah bagian penting dari sebuah dapur. Namun, membuat kitchen set membutuhkan biaya yang banyak, sehingga tidak semua rumah tangga mampu membelinya. Tetapi Kamu masih bisa membuat kitchen sederhana buatan sendiri untuk dapur di rumah. Terutama jika Kamu terampil dan mengetahui cara merakit furniture.

Tetapi jika kamu belum terampil dan ahli merancang dan merakit furniture. Disarankan untuk belajar terlebih dahulu sampai kamu berpengalaman dalam mendesain dan merakit sebuah furniture.

Cara Membuat Kitchen Set Sederhana Buatan Sendiri

Jika kamu sudah ahli dan terampil, kamu bisa lanjut untuk membaca cara membuat kitchen set sederhana buatan sendiri di bawah ini!

1. Tentukan lokasi, luas dan ukuran kitchen set

Langkah pertama yang perlu Kamu lakukan sebelum memutuskan untuk membuat kitchen set sederhana buat sendiri adalah menentukan terlebih dahulu di mana kamu menempatkan kitchen set. Dan mengukur berapa luas dan ukuran yang dibutuhkan. Sehingga nantinya kamu akan bisa menghitung jumlah bahan dan material yang dibutuhkan.

Dari segi luas, Kamu harus mempertimbangkan untuk mengukur dengan tepat agar sesuai dengan ruang dapur secara keseluruhan. Area gerak di dalam area kitchen set juga harus cukup untuk setidaknya 2 orang didalamnya. Area kitchen set tidak boleh terlalu sempit atau terlalu lebar. Karena akan menimbulkan kesulitan dan ketidaknyamanan saat proses memasak di dapur.

Ukuran kitchen set sebaiknya ditentukan berdasarkan tinggi badan keseluruhan anggota keluarga yang tinggal di dalam rumah, terutama tentunya ibu rumah tangga. Tinggi total dari tanah ke bagian atas kitchen set bagian atas harus berada dalam kisaran tinggi 2,2 – 2,5 meter. Tinggi rak dapur bagian bawah dari 80 cm sampai 90 cm dengan kedalaman 60 cm. Tinggi rak bagian atas atas dari 45 cm sampai 75 cm, dengan kedalamannya 35cm.

2. Membuat Sketsa Gaya Desain Kitchen Set

Saat membuat kitchen set sederhana buatan sendiri, pastikan kamu harus membuat sketsa gaya desain kitchen set yang ingin kamu buat. Kamu bisa menemukan banyak contoh desain kitchen set yang ada di internet.

Atau jika kamu belum berpengalaman dan ingin mendapatkan hasil kitchen set yang terbaik. Kamu bisa menyewa desainer atau arsitektur untuk membuatkan sketsa desain kitchen set yang ingin kamu buat sendiri.

3. Memilih bahan untuk membuat kitchen set

Bahan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi harga kitchen set yang akan kamu buat. Saat membuat kitchen set sederhana buatan sendiri, sebaiknya kamu bisa memilih pilih kayu alami, kayu industri atau aluminium dan kaca. Karena bahan kitchen set ini adalah bahan yang mudah untuk dirancang sendiri. Sehingga tidak akan mengalami banyak kesulitan atau tenaga karena Kamu akan merakit dan merancangnya sendiri.

4. Penataan Peralatan Dapur dan Aksesoris

Untuk memudahkan pengoperasian di dapur, saat membuat kitchen set buatan sendiri kamu harus mempertimbangkan untuk mengatur posisi peralatan dapur dan aksesori dengan tepat. Beberapa catatan untuk kamu perhatikan saat membuat kitchen set buatan sendiri seperti :

  • Area kompor harus berjarak setidaknya 60 cm dari area wastafel
  • Posisi dari atas kompor ke bagian rak menaruh gas harus berjarak sekitar 60 – 80 cm
  • Posisi dari wastafel ke rak piring harus berjarak 40 – 60cm
  • Kamu harus mengatur posisi kitchen set secara berurutan: lemari es, lemari kering, peralatan dapur, kompartemen cuci, area persiapan, dan area memasak.
  • Kamu harus mengatur letak steker listrik dengan benar

Tips Membuat Kitchen Set Sederhana Buatan Sendiri Menggunakan Bahan Kayu Industri

Jika kamu ingin membuat kitchen set sederhana buatan sendiri menggunakan bahan kayu industri, kamu bisa memperhatikan beberapa tips berikut :

  • Pertama kamu harus memilih jenis kayu industri yang disesuaikan dengan budget yang kamu miliki ataupun berdasarkan kualitas yang kamu inginkan. Karena ada sangat banyak jenis bahan kayu industri yang bisa kamu pilih.
  • Pilih bahan pelapis permukaan kayu dengan tepat. Karena di pasaran saat ini bahan pelapis kayu industri ada beragam jenisnya, seperti melamin, laminasi, akrilik dan veneer.
  • Tentukan gaya desain kitchen set yang kamu ingin buat. Karena gaya desain kitchen set ada beragam. Dari gaya desain kitchen set berbentuk I, kitchen set berbentuk L, dan kitchen set berbentuk U.

Jadi itulah tadi informasi tentang tips dan cara membuat kitchen set sederhana buatan sendiri. Semoga artikel yang kami bagikan disini bisa bermanfaat untuk kamu, terutama mempermudah dalam proses pembuatan kitchen set.