Pengertian Perumahan Tipe Cluster dan Perbedaannya Dengan Residence

Konsep perumahan cluster atau klaster pastinya sudah sering kita dengar, tetapi tahukah kamu pengertian dari perumahan tipe cluster? Dan apa sih perbedaannya dengan perumahan tipe residence?

Perumahan Cluster umumnya mengacu pada pengembangan rumah yang berkelompok dan relatif berdekatan serta memiliki ruang terbuka yang lebih besar. Untuk pengertian perumahan tipe cluster lebih detail, silahkan simak penjelasan berikut!

Pengertian Perumahan Tipe Cluster

Perumahan tipe cluster atau klaster merupakan salah satu jenis rumah tapak yang dibangun secara berkelompok dengan desain yang serupa pada suatu lingkungan. Umumnya perumahan cluster memiliki jarak antar rumah yang tidak dibatasi oleh pagar. Pembatas yang digunakan hanyalah sebuah tembok beton dengan ukuran yang pendek.

Di dalam satu cluster umumnya juga memiliki jumlah unit yang berbeda, ada yang terdiri dari 10 rumah, belasan rumah ataupun puluhan rumah.

Perumahan cluster umumnya berlokasi di perkotaan dengan kawasan yang masih asri dan bebas polusi. Sehingga perumahan cluster bisa dipastikan memiliki akses yang mudah ke pusat kota. Jika Anda adalah tipe orang yang suka bertetangga, maka memiliki rumah di perumahan cluster sangatlah cocok.

Karena rumah di cluster akan memiliki suasana seperti di rumah di kampung tetapi lebih tertata dengan baik. Sehingga memiliki keakraban dan kehangatan warga yang tinggal di dalamnya.

Perbedaan Perumahan Tipe Cluster Dengan Residence

Berikut ini adalah perbedaan perumahan tipe cluster dengan residence yang bisa Anda ketahui.

  • Perumahan Cluster memiliki konsep desain yang modern dan kekinian mengikuti perkembangan zaman. Sedangkan perumahan residence memiliki gaya desain minimalis dan sederhana.
  • Lokasi perumahan cluster berada di kawasan perkotaan yang ramai maupun dalam kawasan khusus permukiman. Lokasi perumahan residence berada di pinggiran kota dengan lingkungan yang asri.
  • Perumahan cluster memiliki fasilitas yang lengkap, sedangkan fasilitas umum perumahan residence lebih terbatas.
  • Harga perumahan cluster lebih mahal dibandingkan perumahan residence.
  • Perumahan cluster umumnya memiliki jumlah unit rumah terbatas dalam satu clusternya. Sedangkan perumahan residence memiliki jumlah rumah yang lebih banyak.
  • Perumahan cluster umumnya memiliki konsep terbuka tanpa ada pagar, sedangkan perumahan residence sudah mempunyai pagar.
  • Kawasan perumahan cluster umumnya akan di tembok keliling dan hanya ada satu gerbang masuk dan keluar. Sedangkan perumahan residence memiliki wilayah yang lebih luas dan akses yang leluasa.

Kelebihan Perumahan Tipe Cluster

Sebelum membeli rumah di sebuah perumahan, kamu mungkin perlu mempertimbangkan Perumahan Tipe Cluster. Karena perumahan cluster memiliki beberapa kelebihan seperti :

1. Keamanan Terjamin

Perumahan Cluster dapat dipastikan memiliki keamanan yang terjamin. Karena biasanya pihak pengembang perumahan akan memberikan sistem keamanan dan pos penjagaan yang dijaga oleh satpam selama 24 jam. Selain itu dengan sistem one gate untuk masuk dan keluar maka akan menjamin orang yang masuk dan keluar terpantau oleh pos keamanan dan penjagaan dengan lebih baik.

2. Kawasan Asri dan Bebas Polusi

Karena umumnya kawasan perumahan cluster dibangun di kawasan hijau dengan banyak pepohonan yang rindang. Maka dijamin penghuni cluster akan mendapatkan hunian yang asri dan bebas polusi.

3. Fasilitas Lengkap

Perumahan Cluster umumnya akan dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap oleh pengembang perumahan. Fasilitas yang umum dibangun di cluster adalah taman bermain, tempat ibadah, pos penjagaan/keamanan dan lainnya.

4. Cocok Untuk Keluarga Yang Memiliki Anak-Anak

Jika kamu khawatir memiliki tempat tinggal di sebuah apartemen atau rusun karena memiliki anak-anak. Maka memilih tinggal di cluster adalah pilihan yang tepat. Karena kamu akan merasa aman ketika anak-anak keluar rumah untuk bermain. Selain itu, sistem keamanan 24 jam juga membuat kamu lebih tenang.

Compare Listings

Title Price Status Type Area Purpose Bedrooms Bathrooms