Kelebihan dan Kekurangan Kitchen Set Kayu Alami dan Industri

Kelebihan dan Kekurangan Kitchen Set Kayu Alami dan Industri

Apakah Kamu berencana untuk merenovasi dapur Kamu atau Kamu memiliki rencana untuk merenovasinya menggunakan Kitchen Set? Tapi kamu masih bingung ingin memilih kitchen set dengan bahan kayu alami atau kayu industri. Untuk membantu kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan kitchen set kayu alami dan industri.

Kelebihan dan Kekurangan Kitchen Set Kayu

Kitchen set kayu sekarang dibagi menjadi dua jenis berdasarkan bahan pembuatannya, yaitu kayu  alami dan kayu industri. Jadi mari kita lihat beberapa kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis kitchen set di bawah ini!

Kelebihan Kitchen Set Kayu Alami

Kitchen set kayu alami saat ini menjadi pilihan nomor satu untuk membuat dapur modern karena bahan ini memiliki banyak keunggulannya seperti :

Umur Panjang

Dengan menggunakan bahan kayu alami, sehingga bahan ini akan memberikan daya tahan dari waktu ke waktu yang lebih awet. Bahkan bisa bertahan hingga 15 tahun pemakaian. Selain itu bahan alami juga tahan terhadap kelembaban dan dampak lingkungan, air dan deterjen.

Tahan air

Kelembaban dan uap dalam proses memasak adalah salah satu masalah bagi lemari dapur dengan bahan kayu. Namun, jika Kamu memilih bahan yang tepat dan pengrajin kitchen set yang terampil. Ketahanan air lemari dapur dengan kayu alami akan lebih baik, lebih nyaman dan lebih aman untuk digunakan.

Menghadirkan Keindahan yang Alami

Setiap jenis kayu yang digunakan sebagai bahan membuat lemari dapur seperti bahan kayu lokal Kayu Jati, Kayu merbau, Kayu kelapa, Kayu mahoni, dan Kayu sonokeling. Bahan kayu import seperti white oak, red, walnut, dan lainnya.

Setiap bahan kayu memiliki keindahan dan variasi desain tersendiri tergantung preferensi pemiliknya. Kamu juga bisa memilih warna cat untuk melapisi lemari dapur dengan warna favorit Kamu untuk menambah kenyamanan.

Kokoh

Lemari dapur menggunakan bahan kayu alami di semua jenis kayu akan memastikan bahan yang lebih kokoh dibandingkan lemari dapur menggunakan bahan kayu industri.

Mudah Untuk Didesain

Ketika kamu memilih lemari dapur menggunakan bahan kayu alami, Kamu bisa dengan mudah membuat sketsa ide desain lemari sesuai dengan keinginan.

Jika kamu menemukan pengrajin yang terampil kamu bisa mendesain membuat kitchen set custom dengan desain yang sesuai dengan keinginan menggunakan ukiran yang indah dan tampak mewah.

Kekurangan Kitchen Set Kayu Alami

Dengan banyaknya kelebihan lemari dapur dengan bahan kayu alami seperti yang disebutkan diatas. Lalu apa saja kekurangan dari lemari dapur dengan bahan kayu alami?

Harga Lebih Mahal

Jika dibandingkan dengan lemari dapur menggunakan bahan kayu industri. Lemari dapur dengan bahan kayu alami harganya lebih mahal, karena bahan kayu alami yang semakin langka dan proses pembuatannya juga dikerjakan secara manual.

Mudah Bengkok dan Melengkung

Jika kayu alami tidak dikeringkan dengan benar, ditangani dengan hati-hati oleh pengrajin, dan keterampilan pembuat lemari dapur tidak profesional. Maka hal tersebut bisa menyebabkan pintu lemari mudah bengkok dan melengkung.

Kayu yang melengkung ini akan menyulitkan pengguna untuk membuka dan menutup lemari dapur secara normal. Dan yang pasti nilai estetika lemari dapur juga akan berkurang secara signifikan. Untuk menghindari situasi ini, pastikan kamu membeli kitchen set dengan bahan kayu alami di produsen atau toko furniture yang memiliki reputasi baik dan menyediakan produk furniture yang berkualitas.

Kelebihan Kitchen Set Kayu Industri

Jika Kamu mempunyai budget terbatas, lemari dapur dengan bahan kayu industri menjadi pilihan yang tepat. Karena ada beberapa kelebihan kitchen set kayu industri yang perlu kamu ketahui seperti:

Harga Lebih Murah dan Terjangkau

Jika dibandingkan dengan lemari dapur dengan bahan kayu alami, bahan kayu industri memiliki harga lebih murah dan terjangkau. Kareena proses pembuatan lemari dapur kayu industri diproduksi secara masal menggunakan mesin.

Memiliki Desain Minimalis

Untuk kamu yang suka dengan desain simple dan minimalis, lemari dapur dengan bahan kayu industri adalah pilihan tepat. Karena desain dari lemari dapur dengan bahan kayu industri umumnya menggunakan gaya desain minimalis.

Kekurangan Kitchen Set Kayu Industri

Selain kelebihan yang dijelaskan di atas, lemari dapur kayu industri juga memiliki kekurangan,  seperti :

Bahan Tidak Kokoh dan Tahan Lama

Lemari dapur dengan bahan kayu industri umumnya terbuat dari serpihan atau irisan kayu yang tipis. Sehingga bahan lemari dapur ini kurang elastis dan tidak fleksibel. Sehingga bisa dikatakan bahan ini kurang kokoh dan tidak bisa digunakan untuk waktu lama.

Tidak Tahan Air dan Tidak Bisa Didesain Sesuai Keinginan

Selain itu, lemari dapur kayu industri juga mempunyai kekurangan seperti tidak tahan air dan tidak bisa custom desain dengan banyak detail yang rumit. Sehingga dari segi estetika, kitchen set kayu industri estetikanya tidak terlalu tinggi seperti bahan kayu alami.