Pengertian Rumah Menurut Para Ahli

Banyak orang saat ini mencari informasi tentang pengertian rumah menurut para ahli. Karena mereka ingin mengerjakan tugas kuliah atau tugas sekolah, baik untuk mengerjakan skripsi, tugas akhir, makalah, atau karya tulis ilmiah lainnya.

Karena itu, pada kesempatan kali ini kami disini akan membagikan informasi lengkap tentang pengertian rumah menurut para ahli. Sehingga kamu bisa mendapatkan referensi yang lebih banyak dan lebih lengkap tentang pengertian rumah.

Pengertian Rumah Secara Umum

Menurut Wikipedia, pengertian rumah adalah sebuah bangunan yang difungsikan sebagai tempat tinggal dalam jangka waktu tertentu. Kemudian pengertian rumah juga dibagi menjadi 2 yaitu pengertian rumah secara fisik dan secara psikologi.

Pengertian rumah secara fisik artinya adalah sebuah bangunan yang dijadikan sebagai tempat manusia untuk berlindung dari panas, dingin, hujan dan menjadi tempat beristirahat.

Dan berdasarkan KBBI sendiri, rumah adalah sebuah bangunan tempat tinggal. Sedangkan berdasarkan Undang-Undang Nomor 4 tahun 1992, rumah, perumahan dan pemukiman merupakan bangunan yang difungsikan sebagai tempat tinggal atau sebagai hunian serta sarana untuk pembinaan keluarga.

Pengertian rumah secara psikologis artinya adalah tempat tinggal yang memberikan ketentraman dan kedamaian untuk penghuninya. Secara psikologis, rumah menitikberatkan pada situasi di dalamnya bukan berdasarkan bangunan fisiknya.

Pengertian Rumah Menurut Para Ahli

Setelah kamu mengetahui pengertian rumah secara umum di atas, berikut ini ada beberapa pengertian rumah menurut para ahli.

Frick, Heinz dan Mulyani, Tri Hesti, 2006

Mengartikan rumah sebagai rumah tidak hanya sebagai bangunan struktural, tetapi juga sebagai tempat kediaman yang memenuhi syarat hidup yang layak dan dipandang dari berbagai segi kehidupan masyarakat. Jadi bisa disimpulkan menurut Frick dan Muliani rumah adalah tempat tinggal yang berfungsi sebagai tempat hidup manusia yang layak.

Budihardjo dalam Hadiyanuar

Rumah merupakan simbol dan pencerminan dari tata nilai selera pribadi pemiliknya/penghuninya. Rumah juga digunakan sebagai wadah keakraban, tempat menyepi dan menyendiri, sebagai tempat melakukan aktivitas sehari-hari (pusat jaringan sosial) dan sebagai struktur fisik (bangunan).

Bahri dalam Maslow, 2005

Rumah adalah bangunan yang memiliki segala fungsi yang bisa mempertemukan segala kebutuhan manusia yang berbeda-beda, memiliki sifat unik dan mempunyai jenjang tingkatan dari tingkat rendah ke tinggi.

Lilly T. Erwin

Rumah adalah bangunan yang memiliki fungsi sebagai tempat tinggal dan berkumpul sebuah keluarga dan merupakan tempat untuk seluruh anggota keluarga berdiam.

Diana Tantiko

Rumah adalah tempat untuk pulang, tempat seseorang atau sebuah keluarga untuk mendapatkan ketenangan, perlindungan dan tempat istirahat.

Martien de Vletter

Rumah adalah investasi yang tidak berdasarkan aspek murah (ekonominya), tetapi juga berdasarkan investasi sosial, budaya dan lingkungan.

Hadi Sabari Yunus (1987) dalam Wesnawa (2015:2)

Rumah adalah bentukan baik buatan manusia atau alami dengan segala kelengkapannya yang dimanfaatkan manusia sebagai individu atau kelompok sebagai tempat tinggal sementara atau menetap untuk tujuan menyelenggarakan kehidupan.

John F.C Turner

Rumah adalah bagian yang utuh dari sebuah pemukiman dan bukan hasil fisik yang langsung jadi dalam semata, melainkan terbentuk dari sebuah proses yang terus berkembang dan terkait dengan mobilitas sosial ekonomi dari penghuninya dalam sebuah kurun waktu.

Siswono Yudohusodo

Rumah adalah bangunan yang memiliki fungsi sebagai tempat untuk tinggal atau sarana dan hunian untuk pembinaan. Selain memiliki fungsi sebagai tempat tinggal, rumah juga digunakan sebagai tempat berlindung dari gangguan iklan dan makhluk hidup lainnya. Serta rumah juga merupakan tempat awal pengembangan kehidupan manusia.

Jadi itulah tadi beberapa pengertian rumah menurut para ahli yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

Compare Listings

Title Price Status Type Area Purpose Bedrooms Bathrooms