Rumah Merupakan Kebutuhan Apa?

Apakah kamu sedang ingin mengetahui rumah merupakan kebutuhan apa? Di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap tentang rumah merupakan kebutuhan apa dan beberapa informasi berhubungan dengan rumah.

Rumah Merupakan Kebutuhan Apa?

Jika kamu memiliki pertanyaan rumah merupakan kebutuhan apa? Ini adalah pertanyaan yang sebenarnya sudah pernah kita pelajari sejak sd tentang kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Dan rumah sendiri termasuk dalam kebutuhan primer.

Karena rumah merupakan salah satu dari kebutuhan primer manusia yang terdiri dari sandang, pangan dan papan. Dan rumah sendiri termasuk dalam papan atau tempat tinggal.

Kebutuhan primer sendiri adalah kebutuhan dasar dan wajib untuk dipenuhi. Kebutuhan primer ini juga dipengaruhi beberapa faktor seperti kebudayaan, lingkungan waktu dan agama. Semakin tinggi tingkat kebudayaan pada sebuah masyarakat, maka semakin tinggi kebutuhan yang wajib untuk dipenuhi.

Sehingga manusia tanpa mempunyai rumah, artinya manusia tersebut belum memenuhi kebutuhan primernya. Rumah sendiri adalah tempat digunakan untuk berteduh dan berlindung bagi pehuninya untuk mendapatkan keamanan dan kenyamanan.

Kebutuhan akan rumah atau tempat tinggal juga dituliskan di Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1992 pada pasal 1 ayat satu tentang perumahan dan pemukiman, rumah.

Jadi bisa dibilang rumah adalah kebutuhan dasar yang memiliki fungsi penting bagi manusia. Selain menjadi salah satu kebutuhan dasar manusia,rumah juga berfungsi sebagai pusat pendidikan keluarga, peningkatan kualitas generasi mendatang, persemaian budaya, dan pemantapan jati diri.

Jenis-Jenis Rumah

Berdasarkan jenisnya rumah memiliki beberapa jenis yang perlu kamu ketahui. Jenis-jenis rumah adalah sebagai berikut :

1. Rumah Tapak

Rumah tapak di masa lalu memiliki bangunan rumah yang terpisah dengan rumah lain. Rumah seperti ini dikenal dengan nama rumah tunggal (detached).

Tetapi karena harga tanah semakin mahal, membuat rumah tapak saat ini menjadi rumah deret dengan dinding yang berdempetan satu sama lain. Contohnya bisa kita lihat rumah tapak di perumahan yang berdempetan satu sama lain. Ciri utama rumah tapak adalah bangunan rumah menapak langsung ke tanah dan mempunyai hak kepemilikan tunggal milik satu orang.

2. Town House

Townhouse mirip dengan sebuah rumah cluster yang terdiri dari kompleks yang dikelilingi dengan tembok/pagar keliling. Jenis rumah ini umumnya berada di tengah kota, memiliki desain mewah dan memiliki unit yang terbatas. Untuk fasilitas perumahan model town house lebih lengkap dibanding cluster dan residence. Karena fasilitas terdiri dari one gate system, ada kolam renang, ada sport center, jogging area, taman bermain dan lainnya.

3. Cluster

Cluster adalah perumahan kompleks yang didalamnya biasanya dibagi menjadi beberapa sub komplek atau blok. Dan setiap sub kompleks umumnya memiliki type yang berbeda-beda. Rumah cluster umumnya memiliki tipe yang sama dan mempunyai fasilitas yang cukup lengkap. Tetapi fasilitasnya tidak selengkap town house.

Cluster umumnya memiliki unit rumah lebih banyak dibandingkan town house. Karena cluster bisa memiliki 80 unit rumah, bahkan sampai ratusan rumah.

4. Rumah Tunggal (Detached)

Ini adalah salah satu jenis rumah tapak, tetapi saat ini jenis rumah tunggal tidak digunakan sebagai rumah. Umumnya banyak orang membangun rumah tunggal untuk dijadikan villa, bungalow, cottage atau mansion. Dan rumah tunggal model ini umumnya dibangun di pegunungan atau dekat pantai.

5. Rumah Kopel

Ini adalah jenis rumah dengan desain yang unik karena seperti pinang dibelah dua. Rumah model ini dipisahkan dengan satu dinding dengan ukuran bangunan yang sama. Jadi rumah ini akan tampak seperti satu rumah yang dibagi menjadi dua.

Selain itu masih ada jenis-jenis rumah lainnya seperti apartemen, Condotel, Rumah Susun, Rumah Toko, Rumah Kantor, Indekos, Kontrakan, dan Jenis Hunian TOD. Jenis rumah ini adalah rumah modern yang lebih banyak diperuntukan untuk bisnis dan investasi.

Compare Listings

Title Price Status Type Area Purpose Bedrooms Bathrooms