Kelebihan dan Fungsi Septic Tank

Kelebihan dan Fungsi Septic Tank

Setiap rumah tentunya memiliki septic tank, sebab fungsi septic tank ini mampu membuat kotoran biologis berumah menjadi cairan yang aman bagi tanah. Dengan begitu, maka kotoran pun tidak akan terkumpul dan mencemari lingkungan di sekitar rumah. Tidak hanya itu saja, namun ada beberapa kelebihan lain yang membuat alat ini sangat efektif, seperti yang tertera di uraian berikut.

Fungsi Septic Tank

Pada septic tank, terdapat beberapa bagian yang memiliki fungsinya masing-masing dan sangat berguna untuk mengolah kotoran manusia. Beberapa bagian tersebut di antaranya adalah:

1.      Bagian Filter

Bagian filter ini memiliki peranan yang paling penting dalam alat septic tank, sebab filter memiliki fungsi utama yakni mengurai kotoran. Terdapat ruangan di dalam filter yang diisi oleh potongan kerikil atau batu. Hal tersebut karena kerikil dan batu mampu menjadi tempat untuk bakteri anaerobik agar berkembang dengan mudah.

Bakteri anaerobik membantu proses penguraian septic tank agar dapat berjalan dengan lebih optimal. Bahkan, di dalam kehidupan sehari-hari pun bakteri anaerobik sering kali ditemukan karena mereka memegang peranan penting untuk menguraikan kotoran makhluk hidup.

2.      Ruangan Pengendap

Pada dasarnya, ruangan pengendap yang ada di dalam septic tank terbagi ke dalam dua bagian yang memiliki fungsi berbeda-beda. Bagian pertama ruangan pengendap memiliki fungsi sebagai tempat penampung dan tempat pengurai secara sekaligus. Sementara itu, bagian kedua berfungsi sebagai tempat penampung luapan lumpur yang sudah tidak bisa ditampung lagi oleh bagian pertama ruangan pengendap.

Kelebihan dan Fungsi Septic Tank 2
Installation of a septic tank with a well made of concrete rings. Leveling the hatch cover.

Keuntungan Utama Memiliki Septic Tank

Selain berfungsi untuk menampung kotoran, septic tank juga memiliki keuntungan lainnya yang tidak kalah bermanfaat. Karena itulah, para ahli selalu menyarankan agar masyarakat memasang septic tank di rumah. Apa saja keuntungan yang didapat dengan memasang septic tank?

·         Tidak Mudah Bocor Keluar

Keuntungan pertama yang ditawarkan oleh septic tank adalah penyimpanan kotoran yang aman dan tidak mudah bocor keluar. Daya tampung yang dimiliki oleh alat ini mampu menyimpan kotoran dalam jumlah banyak sehingga Anda tidak terlalu khawatir. Selain itu produk ini terbaik dari serat fiber yang tahan lama dan tebal sehingga tidak mudah mengalami kerusakan meskipun dipendam di dalam waktu yang sangat lama.

·         Tidak Menimbulkan Bau

Karena proses penyaringan yang hebat, limbah yang ada di septic tank tidak akan menimbulkan bau menyengat yang mengganggu hidung manusia. Meskipun limbah tersebut nantinya akan dibuang secara otomatis, namun karena sudah mengalami proses penguraian maka kotoran tidak akan berbau dan airnya pun tetap bersih. Dengan begitu, maka kesehatan manusia dan lingkungan tidak terganggu oleh kotoran yang berbahaya.

·         Ramah Lingkungan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, septic tank tidak membuat lingkungan mengalami kerugian sebab produk ini sangat ramah lingkungan. Fasilitas yang begitu mumpuni dan sudah diuji dengan baik oleh ahli kesehatan serta pihak-pihak yang berwajib, kualitas dari septic tank tidak bisa diragukan lagi. Karena itu, tidak mengherankan apabila banyak rumah terlebih rumah orang-orang yang sudah berumur.

Begitulah informasi yang bisa Anda dapat mengenai kelebihan dan fungsi septic tank. Tidak hanya untuk mendukung gaya hidup yang sehat bagi masyarakat modern di daerah perkotaan saja, namun septic tank pun mampu mendukung sistem pengolahan limbah pada daerah yang sumber airnya terbatas. Karena itulah, jangan lupa untuk memasang produk ini jika Anda berencana untuk membangun rumah atau bangunan.