Cara Kerja Septic Tank Bio dan Beberapa Manfaatnya

Cara Kerja Septic Tank Bio dan Beberapa Manfaatnya

Apabila dibandingkan dengan septic tank konvensional, bisa dikatakan cara kerja septic tank bio jauh lebih efektif dan efisien. Selain itu, proses pemasangannya juga lebih higienis sehingga tidak akan mengganggu lingkungan. Tidak hanya itu, ada beberapa manfaat lain yang disajikan oleh alat pengurai ini, seperti yang akan dijelaskan pada penjelasan berikut.

Cara Kerja Septic Tank Bio

Sebelum membahas mengenai manfaatnya, penting untuk mengetahui cara kerja dari alat yang sangat berguna ini. Inilah penjelasan singkat mengenai bagaimana septic tank bio ini bekerja.

  1. Pertama-tama, kotoran yang dibuang akan memasuki saluran pembuangan terlebih dahulu sebelum masuk lebih lanjut ke dalam septic tank.
  2. Kemudian kotoran pun masuk ke dalam tangki dalam kondisi sudah hancur menjadi beberapa serpihan kecil. Proses penghancuran itu dilakukan agar proses penguraian tinja menjadi lebih mudah. Jika sudah hancur, maka kotoran secara langsung akan masuk ke dalam ruang penguraian.
  3. Pada proses penguraian, bakteri akan kotoran di dalam tangki yang sebelumnya sudah dihancurkan. Apabila dimakan bakteri, maka kotoran pun akan terurai dengan berubah sendiri menjadi cairan. Nah, cairan tersebutlah yang akan masuk ke dalam ruang penyaringan.
  4. Meskipun sudah menjadi cairan, kotoran tidak akan langsung dibuang begitu saja dan akan melalui proses penyaringan agar jauh lebih aman ketika dibuang keluar. Selain itu, cairan itu akan disterilisasi dengan menggunakan disinfektan agar kuman berbahaya yang ada di dalam cairan dapat terbunuh karena kuman tersebut sulit untuk diuraikan.
  5. Cara terakhir adalah proses pembuangan cairan limbah yang sudah aman apabila dibuang sehingga lingkungan pun tidak tercemar.

Cara Kerja Septic Tank Bio dan Beberapa Manfaatnya - Asriland

Manfaat Menggunakan Septic Tank Bio

Selain lebih murah dan tidak memakan terlalu banyak waktu dalam proses pemasangannya jika dibandingkan dengan septic tank konvensional, jenis septic tank bio juga menawarkan berbagai macam manfaat. Beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan jika memakai septic tank bio adalah seperti berikut.

1.      Limbah Tidak Berwarna atau Berbau

Terkadang, septic tank konvensional akan menimbulkan bau tidak menyengat karena kotoran yang ditampung mengalami kebocoran dan hal itu tentunya akan mengganggu kehidupan. Namun, Anda tidak akan mengalami permasalahan tersebut jika memakai septic tank bio karena alat ini akan membuat limbah menjadi tidak berbau dan berwarna.

Hal itu didukung oleh teknologi dan bakteri tambahan yang mampu menguraikan kotoran menjadi senyawa yang sangat aman. Karena efeknya yang sangat bagus itu, maka tidak mengherankan apabila banyak orang menjadi semakin berminat untuk memasang septic tank dengan teknologi hebat ini.

2.      Air Tanah Selalu Aman

Keunggulan septic tank bio juga akan membantu air tanah selalu aman karena kotoran akan tetap berada di dalam tangki selama proses penguraian. Dengan begitu, air tanah tidak akan tercemar oleh kotoran manusia karena teknologi mumpuni yang diusungnya.

3.      Perawatan yang Mudah

Proses perawatan septic tank bio tidak membutuhkan banyak tenaga sebab Anda hanya perlu melakukan perawatan dengan memberi disinfektan dan obat dalam waktu minimal dua kali dalam setahun. Dengan begitu, maka septic tank akan tetap berfungsi dengan normal selama Anda tidak memasukkan kotoran padat selain limbah kotoran manusia.

Cara kerja septic tank bio yang sangat praktis dan manfaatnya yang menawan akan membuat siapa pun tertarik untuk memasangnya. Karena itu, hubungilah pihak yang menawarkan jasa pemasangan septic tank bio di rumah Anda.