Fakta-fakta Rumah Type 72 yang Perlu Anda Ketahui

Rumah type 72 merupakan salah satu rumah yang bisa di desain menjadi 1 lantai atau 2 lantai. Rumah ini memiliki luas tanah 72 meter persegi sehingga cukup luas untuk di huni bersama keluarga besar. Berkat ukurannya yang luas, rumah pun terasa lebih nyaman dengan desain elegan. Meski ukurannya lebih besar dari rumah subsidi, Anda bisa memiliki rumah bertipe 72 dengan harga terjangkau.

Ketika anggota keluarga bertambah banyak, tentu Anda membutuhkan rumah berukuran lebih luas. Rumah yang di butuhkan setidaknya memadai untuk di huni oleh 4 sampai 6 orang. Sayangnya, tak banyak orang yang melirik tipe rumah ukuran 72 karena harga kreditnya lebih mahal daripada rumah tipe 21, 36 atau 45.

Fakta-fakta Rumah Type 72

Bila Anda tertarik untuk membeli rumah bertipe 72, berikut beberapa fakta seputar rumah ukuran 72 yang perlu Anda ketahui.

  • Luas Rumah Type 72

Umumnya yang di maksud dengan rumah type 72 adalah hunian dengan luas total bangunan sekitar 72 meter persegi serta luas tanah 100 atau 150 meter persegi. Hunian ini memang terlihat luas, tapi masih di kategorikan sebagai rumah minimalis. Umumnya rumah ini terdiri dari ruang keluarga, 2-3  kamar tidur, ruang tamu, dapur dan satu atau lebih kamar mandi. Tapi, tak menutup kemungkinan rumah ini memiliki desain yang lebih beragam.

Pembagian dimensi dari rumah bertipe 72 bisa berupa 6×12 meter, 8×9 meter atau di jadikan sebagai bangunan rumah tingkat dua. Dengan begitu rumah pun terasa lebih luas serta masih menyisakan lahan kosong untuk kebutuhan ruang lainnya.

  • Rumah Type 72 Bisa Di Bangun Menjadi Satu atau Dua Lantai

Idealnya rumah type 72  di bangun menjadi rumah satu lantai saja, terutama bila memiliki lahan cukup luas. Rumah satu lantai lebih mudah perawatannya dan biaya konstruksinya pun lebih hemat. Apabila Anda tinggal bersama dengan orang tua dan anak-anak, hunian satu lantai di nilai lebih ramah karena mampu mengurangi risiko kecelakaan. Tapi, tak ada salahnya bila Anda membangun hunian tipe 72 dengan dua lantai bila membutuhkan lebih banyak ruangan.

  • Pembagian dan Jumlah Ruangan di Hunian Tipe 72

Dengan ukuran lahan yang luas, Anda akan lebih mudah membagi ruangan di hunian tipe 72. Desain layaknya rumah tipe 60 bisa di aplikasikan di hunian ini dengan membangun tiga kamar tidur. Hanya saja ukuran setiap kamar akan lebih lapang dan bikin betah. Sebagai contoh, Anda bisa membangun kamar dengan ukuran 3×4 meter atau 3×3 meter.

Selain itu, ruangan seperti 2 kamar mandi, 1 dapur, ruang tamu yang berfungsi juga sebagai ruang keluarga, 1 teras dan 1 garasi bisa Anda tambahkan ke dalam rumah type 72. Jika masih tersisa lahan yang kosong baik di depan maupun di belakang rumah, Anda bisa memanfaatkannya sebagai taman kecil.

  • Harga Hunian Tipe 72

Di kota-kota besar dengan akses yang memadai, hunian tipe 72 bisa di jual dengan harga pasar 1 miliar rupiah. Sedangkan di pinggiran kota harganya bisa mencapai kisaraan 500-800 juta rupiah. Harga yang tinggi bisa di pengaruhi oleh beberapa hal seperti jaringan listrik, ketersediaan air bersih hingga transportasi umum.

  • Umumnya Mengusung Gaya Minimalis

Rumah type 72 di pasaran khususnya di perumahan komersial umumnya menganut gaya minimalis. Tapi, tak menutup kemungkinan Anda akan menemukan gaya rumah lainnya dengan ukuran serupa seperti gaya mediterania atau kontemporer. Dengan ukurannya yang besar, Anda bisa membangunnya di atas lahan berukuran 13,5 meter x 8 meter.

Pada model tertentu, hunian tipe sudah di lengkapi dengan 4 kamar tidur sehingga cocok untuk keluarga besar yang terdiri dari ayah, ibu, kakek, nenek dan anak-anak. Tapi ada juga rumah bertipe 72 dengan 2 kamar. Biasanya rumah seperti ini memiliki ruang tambahan lainnya yang fungsional. Agar bisa memiliki ukuran kamar yang proporsional, Anda harus pandai-pandai saat merancang pembagian kamar tersebut.

Memilih dan mendesain rumah sebaiknya mengutamakan fungsi bukan hanya modelnya saja. Itu sebabnya rumah type 72 sangat cocok bagi Anda yang berencana menambah anggota keluarga atau membutuhkan rumah yang lebih lega. Pastikan setiap ruangan di dalamnya fungsional sehingga tak ada ruangan yang tidak terpakai.

Compare Listings

Title Price Status Type Area Purpose Bedrooms Bathrooms