Sudah Tahu Cara Kerja Septic Tank Biofil? Cek di Sini

Sudah Tahu Cara Kerja Septic Tank Biofil? Cek di Sini

Septic tank menjadi bagian wajib dari setiap rumah dan gedung. Anda yang ingin membangun rumah sebelumnya harus tahu bagaimana cara kerja septic tank Biofil. Mengapa biofil karena sistem kerjanya yang jauh lebih aman dengan hasil limbah cair aman dan tidak berbau.

Anda juga tidak direpotkan dengan perawatan yang terlalu sulit, hanya perlu mengisi konsentrat bakteri yang tepat. Selain itu bahan pembuat septic tank juga tergolong lebih kuat karena dari fiber. Seperti apa cara kerjanya bisa Anda simak di sini.

Cara Kerja Septic Tank Biofil yang Benar

Pemasangan septic tank Biofilter dan Biofil relatif cepat karena hanya perlu dipasang di bawah tanah. Ketersediaan ukurannya pun beragam sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Dalam sebuah septic tank Biofil terdapat tiga ruang yang masing-masing memiliki fungsi berbeda dalam pengolahan limbah. Berikut ini cara kerja dari masing-masing ruangan tersebut dalam septic tank Biofil.

1.      Ruang Pertama sebagai Bak Penampung

Semua jenis kotoran yang masuk dari kloset akan berakhir pada ruang pertama di dalam septic tank Biofil. Ruang ini berfungsi untuk memisahkan limbah kotoran menjadi dua yakni kotoran padat dan cairan.

Tujuan dari pemisahan ini adalah untuk memudahkan penguraian di ruang kedua. Kotoran padat akan mengendap sedangkan bagian cair akan berada di atas dan dialirkan ke ruangan selanjutnya.

2.      Ruangan Kedua untuk Mengurai Kotoran

Meskipun yang masuk ke dalam ruangan ini adalah cairan dari ruang pertama, namun masih saja banyak kotoran yang akan mengendap. Bakteri pengurai akan bekerja keras di sini sehingga kotoran padat yang tersisa akan diubah menjadi cairan.

Pada bagian ini pula terdapat bola-bola yang disebut dengan bioball. Fungsi dari bola ini sebagai filter air sehingga air yang mengalir ke ruang ketiga menjadi lebih jernih dan cukup aman.

3.      Ruangan Ketiga untuk Menyaring Kotoran

Air yang dialirkan ke ruangan ini akan masuk ke proses penyaringan dan untuk membunuh kuman. Sehingga limbah air tidak merusak atau mencemari tanah. Pada bagian inilah Anda harus rutin memberikan konsentrat khusus yang akan membersihkan air.

Karena bakteri pengurai pada ruangan kedua belum bisa membuat air menjadi lebih aman. Masih banyak kuman yang tersisa pada air dan perlu di desinfektan. Baru setelah melalui ruangan ini air akan aman dibuang seperti dialirkan ke got.

Septic tank biofill untuk Menyaring Kotoran

Hal yang Harus Diperhatikan saat Menggunakan Konsentrat

Selama menggunakan septic tank Biofil Anda hanya perlu memperhatikan cara penggunaan konsentrat dengan benar. Seperti yang disebutkan, tablet konsentrat ini harus dimasukkan ke dalam septic tank.

Selama penggunaannya Anda bisa memperhatikan beberapa hal sebagai berikut ini.

  1. Pastikan hanya mengisi sesuai dengan anjuran pada kemasan. Sesuaikan juga dengan ukuran septic tank.
  2. Pastikan untuk menjauhkan tablet konsentrat dari anak-anak serta hewan peliharaan di rumah Anda.
  3. Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun dan air setelah memasukkan tablet konsentrat dan keringkan tangan. Jadi jangan sampai memegang makanan setelah menggunakan tablet konsentrat.

Tidak mudah bocor dan punya daya tampung yang bervariasi menjadi kelebihan dari septic tank Biofil. Anda bisa menghemat pengeluaran untuk perawatan, ditambah lagi lingkungan akan aman. Tanah juga tidak akan tercemar oleh limbah tinja.

Setelah mengenali cara kerja septic tank Biofil ini, tidak salah lagi jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakannya. Terutama jika Anda tinggal di area perkotaan atau ditujukan untuk gedung. Pemasangan jauh lebih mudah dan perawatan ringan.