Tips Membeli Rumah di Perumahan Pertama Kali

Tips Membeli Rumah di Perumahan Pertama Kali

Masalah harga, lokasi, legalitas, proses penandatanganan kontrak, dan lainnya adalah faktor penting yang perlu dipertimbangkan matang-matang sebelum membeli rumah. Terutama bagi yang baru pertama kali ingin membeli rumah. Berikut adalah beberapa tips membeli rumah di perumahan pertama kali yang perlu kamu ketahui.

Tips Membeli Rumah di Perumahan Pertama Kali

Sebagian besar orang yang tidak memiliki pengalaman membeli rumah, pastinya sering kebingungan saat membeli rumah pertama kali. Karena di pasar properti perumahan ada sangat banyak jenisnya. Untuk mengatasi masalah ini, kami telah memberikan beberapa tips membeli rumah di perumahan pertama kali.

1. Pertimbangkan dengan cermat keuangan Anda

Tips membeli rumah di perumahan pertama kali adalah mempertimbangkan faktor keuangan yang kamu miliki. Ini adalah hal yang wajib dipertimbangkan, apalagi jika kamu membeli rumah di perumahan pertama kali dengan sistem KPR.

Maka kamu harus benar-benar mempertimbangkan kemampuan membayar di kemudian hari, agar kamu tidak menghadapi tekanan keuangan besar di kemudian hari. Pastikan kamu memilih rumah di perumahan dengan harga yang disesuaikan dengan kemampuan finansial kamu miliki saat ini dan masa yang akan datang.

Selain mempertimbangkan masalah angsuran KPR. Kamu juga harus mempertimbangkan biaya tambahan seperti biaya renovasi, biaya pemeliharaan, komisi jika membeli rumah melalui broker dan biaya pengurusan surat-surat tanah dan bangunan.

2. Analisis Lokasi Proyek Perumahan

Ketika kamu membeli rumah di perumahan kamu harus bisa menganalisis lokasi proyek perumahan. Apakah lokasi perumahan berada di pusat kota atau pinggiran kota. Apakah lokasi perumahan memiliki fasilitas dan infrastruktur baik dan lengkap atau tidak.

Karena hal ini akan mempengaruhi kehidupanmu saat ini dan masa yang akan datang, termasuk harga jual rumah di masa yang akan datang.

3. Periksa Dokumen Hukum Proyek Perumahan

Karena kamu baru pertama kali membeli rumah di perumahan, pastikan kamu memeriksa dokumen hukum atau legalitas proyek perumahan yang ingin kamu beli. Karena saat ini ada banyak developer perumahan nakal dan terindikasi penipuan. Karena banyak developer perumahan mengambil uang dp pelanggan di awal dan proyek perumahan tidak berjalan dengan semestinya.

4. Pertimbangkan Lingkungan, Infrastruktur dan Fasilitas

Saat membeli rumah di perumahan, pastikan rumah tersebut memiliki lingkungan yang sehat dan layak untuk dihuni. Kamu harus mengetahui apakah kualitas udara dan tanah di perumahan tersebut baik dan untuk dihuni atau tidak.

Selain itu, kamu juga sebaiknya mencari rumah di perumahan yang memiliki infrastruktur dan fasilitas yang lengkap. Seperti dekat dengan pusat perbelanjaan/pasar, dekat dengan pusat administratif, sekolah, rumah sakit, taman hiburan dan lainnya.

5. Pelajari Syarat dan aturan KPR atau Pinjaman Kredit Rumah

Tips membeli rumah di perumahan pertama kali selanjutnya kamu harus mempelajari syarat dan aturan KPR jika kamu membeli rumah dengan sistem KPR.

Kamu harus tanyakan dengan jelas apakah KPR yang kamu ajukan menggunakan bunga flat, bunga floating, Capped atau Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK). Karena ini akan mempengaruhi jumlah angsuran yang harus kamu bayarkan ke bank selama tenor angsuran KPR berlangsung