Lebih Untung Mana Investasi Tanah atau Rumah?

Lebih Untung Mana Investasi Tanah atau Rumah?

Dibandingkan dengan jenis investasi yang ada saat ini, investasi properti masih dianggap yang paling aman dan paling menguntungkan. Permintaan akan properti selalu ada, sehingga harga properti bisa naik atau turun, tetapi tidak akan pernah mati. Dilema bagi investor properti baru adalah mempertimbangkan lebih untung mana investasi tanah atau rumah ?

Lebih Untung Mana Investasi Tanah atau Rumah?

Tergantung pada situasi, kemampuan finansial dan pengetahuan investasi properti yang dimiliki oleh setiap orang, jawabannya tidak akan sama. Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan informasi tentang kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis investasi properti tersebut.

Sehingga kamu bisa memiliki pandangan umum dan membuat keputusan yang paling tepat, dan menemukan jawaban lebih untung mana investasi tanah atau rumah.

Keuntungan dan Kekurangan Membeli Tanah Untuk Investasi

Keuntungan

  • Di bisnis properti, tanah atau kavling menjadi cara investasi properti aman dan menguntungkan. Dengan modal puluhan, ratusan bahkan milyaran rupiah kamu bisa memulai membeli tanah. Tapi perlu kamu ketahui investasi tanah memberikan keuntungan 4-5 kali lebih tinggi dari suku bunga bank. Dan menurut beberapa statistik, margin keuntungan investasi tanah sekitar 20-30%.
  • Investasi tanah sampai saat ini hampir tidak pernah harganya jatuh parah. Karena investasi tanah jarang terpengaruh dengan keadaan pasar. Apalagi jika kamu berinvestasi tanah di lokasi yang strategis, dan sekitar tanah yang kamu beli dibangun infrastruktur yang terus berkembang. Dapat dipastikan harga tanah yang kamu miliki akan semakin tinggi saat dijual.

Kekurangan

  • Risiko pertama adalah masalah dengan legalitas tanah yang dibeli. Jika tidak benar-benar cermat saat membeli, investor bisa salah membeli tanah yang bermasalah dan ilegal. Sehingga hal ini bisa menyebabkan kamu akan kehilangan uang investasi.
  • Tanah di lokasi strategis akan memiliki harga yang mahal. Sehingga tidak semua orang bisa memiliki modal yang cukup untuk berinvestasi tanah di lokasi strategis. Jika kamu membeli tanah di lokasi yang tidak strategis dengan modal terbatas. Maka likuiditas harga tanah tersebut akan rendah, dan bisa susah untuk dijual lagi.

Keuntungan dan Kerugian Saat Membeli Rumah Untuk Investasi

Kelebihan

  • Membeli rumah tidak hanya bisa untuk digunakan sebagai tempat tinggal, karena bisa dijual lagi ataupun disewakan. Sehingga bisa memberikan keuntungan stabil baik bulanan dan tahunan.
  • Membeli rumah di perumahan juga dapat dipastikan akan memiliki legalitas yang lebih terjamin dibandingkan membeli sebidang tanah atau kavling.

Kekurangan

  • Rumah mewah di lokasi strategis akan memiliki potensi keuntungan besar, tetapi jika membeli rumah kecil di lokasi kurang strategis. Mungkin kamu akan kesulitan dalam menjual lagi atau menyewakan rumah.
  • Harga rumah terpengaruh dengan fluktuasi harga pasar, sehingga kamu tidak bisa menyesuaikan harga sesuai dengan keinginan.

Kesimpulan

Pertanyaan lebih untung mana investasi tanah atau rumah? Jawabannya adalah keduanya akan memberikan keuntungan besar ketika :

  • Tanah atau rumah memiliki lokasi yang strategis
  • Legalitas dari tanah dan rumah jelas
  • Selalu ada perkembangan infrastruktur transportasi dan fasilitas umum di sekitar lokasi tanah atau rumah yang dibeli