Lebih Baik Membeli Rumah atau Apartemen? Ini Jawabannya!

Lebih Baik Membeli Rumah atau Apartemen? Ini Jawabannya!

Membeli rumah atau apartemen harus didasarkan dengan anggaran yang kamu miliki, bagaimana gaya hidup kamu dan tujuan kamu membeli properti tersebut. Lalu lebih baik membeli rumah atau apartemen?

Lebih Baik Membeli Rumah atau Apartemen?

Untuk mengetahuinya, kami telah menjelaskan kelebihan dan kekurangan membeli rumah dan apartemen di bawah ini. Sehingga kamu nantinya bisa menemukan sendiri lebih baik membeli rumah atau apartemen, dari kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan dan Kekurangan Memiliki Rumah

Membeli rumah atau perumahan memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai berikut :

Kelebihan

  • Ruang dalam ruangan: Rumah akan memberimu lebih banyak ruang dan kenyamanan dibandingkan sebuah apartemen. Umumnya, sebuah rumah untuk ditinggali akan memiliki luas sekitar 90m2 sampai 200 m2. Sementara apartemen seringkali mempunyai luas area terbatas.
  • Teras dan taman: Jika Kamu adalah orang yang memiliki hobi melihat pemandangan alam atau ingin memiliki taman bermain di luar ruangan untuk anak-anak. Maka membeli rumah akan lebih tepat untuk kamu pilih. Di teras dan taman depan rumah kamu bisa menaruh mainan untuk anak-anak, serta meja dan kursi untuk bisa menikmati pemandangan luar rumah dan menikmati secangkir the hangat.
  • Fleksibilitas: Ketika memiliki rumah, Kamu tidak perlu khawatir meminta izin kepada siapapun saat kamu ingin membangun atau merenovasi rumah sesuai dengan yang Kamu inginkan.
  • Privasi: Ketika Kamu tinggal di sebuah rumah, Kamu akan memiliki lebih banyak privasi dan tidak perlu khawatir mengganggu tetangga Kamu atau diganggu oleh tetangga.

Kekurangan

  • Membutuhkan pembersihan dan perawatan yang lebih dibandingkan apartemen, karena ada harus menyapu halaman setiap hari, membersihkan lantai,melakukan perbaikan furniture atau jaringan listrik.
  • Biaya lebih mahal karena jika kamu memiliki rumah dengan 3 lantai misalnya, maka kamu akan membutuhkan air dan listrik lebih banyak. Selain itu, jika rumah banyak ruangan maka kamu juga harus membeli banyak furniture.

Kelebihan dan Kekurangan Memiliki Apartemen

Kelebihan

  • Biaya lebih murah dibandingkan memiliki rumah, karena kamu tidak perlu membeli tanah dan membutuhkan anggaran besar untuk membangun rumah.
  • Karena memiliki ruangan terbatas, sehingga perawatan dan pembersihan lebih mudah.
  • Dekat dengan tempat kerja, terutama untuk yang bekerja di kota-kota besar apartemen biasanya lokasinya lebih dekat dengan tempat kerja dibandingkan rumah di perumahan.
  • Memiliki keamanan yang lebih baik dibandingkan di rumah atau perumahan. Karena setiap sudut apartemen terdapat kamera CCTV.

Kekurangan

  • Harus memenuhi aturan apartemen, karena di apartemen selalu ada aturan yang ketat. Contohnya seperti tidak mencuci di balkon, tidak membawa makanan dengan bau menyengat dan lainnya.
  • Biaya bulanan layanan gedung harus dibayar setiap bulan. Padahal terkadang layanan gedung tersebut tidak kamu gunakan, tetapi tetap harus membayarnya setiap bulan.
  • Ruang terbatas karena tidak memiliki ruang yang luas seperti sebuah rumah dengan banyak ruangan dengan fungsi berbeda.
  • Kurangnya privasi, sehingga bisa mengganggu kehidupan pribadi kamu. Contohnya ada tetangga apartemen memiliki anak kecil yang sering menangis setiap hari, dan lainnya.

Jadi Lebih Baik Membeli Rumah atau Apartemen?

Jika berbicara tentang lebih baik membeli rumah atau apartemen dari segi investasi. Harga sewa rumah lebih besar dibandingkan sewa apartemen. Tetapi biaya membeli rumah lebih mahal dibandingkan membeli apartemen di kota besar.

Nilai aset atau harga jual tentunya rumah memiliki harga jual lebih tinggi dibandingkan apartemen. Tetapi apartemen lebih mudah untuk dijual karena memiliki harga lebih murah dibandingkan rumah.