6 Cara Mengecek Legalitas Developer Perumahan

Sudahkan Anda tahu cara mengecek legalitas developer perumahan?. Sebelum membeli rumah langkah ini harus Anda lakukan agar terhindar dari tindak penipuan dan berbagai hal lain yang tak di inginkan. Untuk caranya sendiri juga tidak sulit dan bisa Anda simak selengkapnya pada pembahasan ini.

6 Cara Mengecek Legalitas Developer Perumahan

Mengecek legalitas developer perumahan harus Anda ketahui dan lakukan. Tujuannya supaya Anda bisa mendapatkan rumah yang di inginkan dengan aman. Anda juga akan terhindar dari developer bodong

Cara Mengecek Legalitas Developer Perumahan

Legalitas merupakan hal yang penting dan wajib di jadikan perhatian utama saat membeli rumah. Untuk itulah Anda harus tahu cara mengecek legalitas developer perumahan yang akan Anda gunakan jasanya. Adapun untuk caranya sendiri bisa di lakukan dengan beberapa langkah berikut ini:

  1. Pilih Developer yang Terpercaya

Cara yang pertama adalah dengan memilih developer yang terpercaya supaya semua kegiatan dan transaksi tidak merugikan Anda. Adapun beberapa hal dasar yang harus Anda pertimbangkan terkait dengan pemilihan developer adalah bertanya dulu tentang pengalamannya.

Cari tahu sejak kapan developer tersebut sudah terjun ke bidang tersebut. Apabila kurang yakin Anda bisa cek portofolionya. Jika perlu tanyakan dokumen legal yang bisa menjadi penunjang. Langkah pertama ini sangat penting dan merupakan cara mengecek legalitas yang harus Anda lakukan.

  1. Tanah Tidak Dalam Sengketa

Anda harus memastikan dengan betul bahwa tanah yang ingin di jual oleh pihak pengembangan merupakan tanah yang aman dan tidak masuk dalam sengketa. Adapun untuk mengecek legalitas tanah ini Anda bisa bertanya langsung pada pengembang.

Selain itu mintalah bukti sertifikat penunjang jika tanah yang di jual memang bukan tanah sengketa. Perlu di ketahui salah membeli rumah yang berdiri di tanah sengketa sangat melelahkan dan bahkan akan menghabiskan banyak uang. Anda harus melewati peradilan untuk bisa memperoleh status yang dapat digunakan.

  1. Cek Rumah Contohnya

Cara mengecek legalitas pengembang perumahan bisa di lakukan dengan cara melihat contoh secara langsung ke lokasi. Pengecekan ini sendiri bisa dilakukan dengan melihat bangunan yang pernah di tanganinya atau bisa juga bangunan yang akan Anda beli nantinya.

Umumnya sebelum di bawa ke lokasi Anda akan di beritahu lebih dulu mengenai kondisi lingkungan sekitar. Selain itu Anda juga akan di beritahu mengenai gambar bangunan dan berkas yang di milikinya. Pastikan semuanya cocok dan sesuai dengan yang di beritahukan.

  1. Pilihlah Developer yang Memiliki Kerjasama dengan Bank

Cara mengecek legalitas pengembang yang terpercaya bisa dengan mencari yang memiliki kerjasama dengan pihak bank. Hal ini karena bank sangat selektif dalam melakukan kerjasama dengan pihak pengembang. Jadi developer yang sudah bekerjasama dengan bank tentu akan lebih terpercaya.

Perlu di ketahui saat pengembang mengajukan kerjasama dengan bank maka akan ada evaluasi dan cek berkas termasuk legalitas. Apabila lengkap dan sesuai baru bisa bekerjasama. Untuk itulah masalah legalitas dan lain sebagainya akan lebih terjamin dan terpercaya.

Selain itu developer yang bekerjasama dengan bank akan memudahkan Anda dalam melakukan transaksi pembayaran. Misalnya saja saat Anda mentransfer DP rumah atau membayar cicilan per bulan bisa di lakukan melalui bank tersebut.

  1. Cek Profil Pengembang

Cara mengecek legalitas developer yang terakhir adalah dengan melihat profilnya. Anda harus memastikan dulu kredibilitas dan legalitas dari pengembang tersebut dengan cara mengecek latar belakangnya lebih dulu. Adapun latar belakang yang harus di cek ini meliputi profil pengembang, rekam jejak, sistem penjualan rumah, sistem pembayaran hingga ketentuan perjanjiannya.

  1. Cek Kelengkapan Berkas

Demi memastikan jika pengembang tidak bermasalah maka Anda juga harus mengecek semua proses perizinannya. Sebelum membeli rumah pastikan area tanah dari rumah sudah memiliki sertifikat induk. Adapun sebagai calon pembeli Anda memiliki hak bertanya dan melihat sendiri sertifikat tersebut. Apabila developer tersebut memang terpercaya pastinya tidak sulit untuk menunjukkannya.

Apabila hal-hal di atas sudah Anda periksa dengan baik dan benar namun masih ragu dengan legalitas developer maka Anda bisa mengeceknya langsung melalui situs kementerian PUPR. Cara mengecek legalitas developer melalui situs kementerian PUPR juga tidak sulit. Anda hanya perlu mengakses situsnya saja.

Compare Listings

Title Price Status Type Area Purpose Bedrooms Bathrooms