Kesalahan Umum Saat Membeli Rumah Untuk Pertama Kalinya

Kesalahan Umum Saat Membeli Rumah Untuk Pertama Kalinya

Setelah bertahun-tahun menabung, kamu akhirnya bisa membeli rumah. Tetapi karena kamu tidak berpengalaman dalam membeli rumah. Akhirnya kamu menyesal dan tidak puas dengan rumah yang kamu beli. Untuk menghindari hal ini terjadi kamu harus mengetahui beberapa kesalahan umum saat membeli rumah untuk pertama kali di bawah ini!

Kesalahan Umum Saat Membeli Rumah Untuk Pertama Kalinya

Berikut ini ada beberapa kesalahan umum saat membeli rumah untuk pertama kali yang harus kamu hindari.

1. Membeli Rumah Yang Tidak Mampu Kamu Beli

Pastinya kita semua memiliki impian untuk bisa membeli rumah sesuai dengan apa yang kita impikan. Tetapi jangan sampai kamu membeli rumah impian, tetapi ujung-ujungnya kamu akan terjerat hutang. Karena kamu membeli rumah yang sebenarnya tidak mampu kamu beli dan diluar kemampuan finansialmu.

Jadi pastikan saat membeli rumah dengan sistem KPR, kamu harus ukur sesuai dengan kemampuan finasialmu saat ini dan yang akan datang.

2. Tidak Merencanakan Biaya Pengeluaran Terlebih Dahulu

Banyak orang berpikir membeli rumah secara cash bisa langsung tinggal di dalamnya. Ini adalah kesalahan besar banyak orang yang pertama kali membeli rumah.Terutama saat membeli rumah bekas, bukan rumah baru. Karena setelah membeli rumah bekas, pastinya kamu harus mengeluarkan biaya pengeluaran lain seperti biaya renovasi, biaya pengurusan surat-surat, dan biaya lainnya.

3. Tergiur Dengan Harga Murah Tapi Tidak Memperhatikan Hal Lain

Ketika membeli rumah untuk tempat tinggal, artinya kita akan tinggal di rumah tersebut dengan jangka waktu yang lama. Tetapi banyak orang hanya tergiur dengan harga rumah murah, tetapi tidak mempertimbangkan lokasi, situasi keamanan, kualitas sanitasi, atau fasilitas umum yang ada di sekitarnya.

Sehingga saat tinggal di rumah tersebut, kamu bisa menjadi takut akan perampokan dan tindak kejahatan. Apakah kamu bisa merasa hidup tenang dan damai di rumah yang seperti itu?

4. Tidak Cermat Mempertimbangkan Lokasi Rumah

Lokasi rumah merupakan faktor terpenting yang mempengaruhi harga rumah serta kualitas kehidupan sehari-hari keluarga yang tinggal di dalamnya. Banyak orang ketika membeli rumah tidak mempertimbangkan dengan hati-hati tentang lokasi rumah.

Saat tinggal di rumah tersebut, mereka baru merasakan tinggal di lokasi yang terlalu jauh dari fasilitas umum sangat tidak nyaman. Jadi pastikan saat membeli rumah, rumah tersebut memiliki lokasi yang dekat dengan sekolah, pasar, supermarket, rumah sakit, pom bensin dan fasilitas umum lainnya.

5. Tidak Melakukan Pemeriksaan Legalitas Saat Membeli

Untuk pembeli rumah pertama kali dan tidak berpengalaman, kamu harus memperhatikan legalitas rumah yang ingin kamu beli. Karena legalitas atau surat-surat kepemilikan tanah dan bangunan adalah legalitas yang penting.

Jadi pastikan rumah yang ingin dibeli memiliki surat-surat yang lengkap dan pastikan bahwa surat-surat tersebut adalah asli. Karena banyak kasus rumah dijual dengan surat-surat kepemilikan rumah palsu dan bermasalah.