Kelebihan dan Kekurangan Perumahan Subsidi Yang Wajib Diketahui

Kelebihan dan Kekurangan Perumahan Subsidi Yang Wajib Diketahui

Membeli rumah subsidi adalah pilihan yang tepat bagi banyak orang, terutama yang memiliki pendapatan menengah ke bawah. Sehingga kamu yang termasuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) bisa mendapatkan impian memiliki rumah sendiri.

Tetapi untuk bisa mendapatkan rumah subsidi, kamu harus membayar angsuran dengan tenor 15 tahun sampai 20 tahun.

Kelebihan dan Kekurangan Perumahan Subsidi Yang Wajib Diketahui

Tetapi membeli perumahan subsidi memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu kamu perhatikan. Karena itu, di bawah ini kami akan menjelaskan beberapa kelebihan dan kekurangan perumahan subsidi.

Kelebihan Perumahan Subsidi

Perumahan subsidi memiliki beberapa kelebihan yang bisa kamu ketahui, seperti :

1. Harga Terjangkau Untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Perumahan subsidi memang diadakan oleh pemerintah untuk masyarakat berpenghasilan rendah untuk bisa memiliki rumah dengan harga terjangkau. Kamu bisa mendapatkan rumah subsidi dengan harga sekitar Rp 120 juta sampai Rp 170 juta dengan pembayaran sistem KPR dengan tenor 15 tahun sampai 20 tahun.

2. Developer Terpercaya

Kelebihan perumahan subsidi lainnya adalah rumah akan dibangun oleh pengembang perumahan yang terpercaya. Karena rumah subsidi pemerintah dibangun oleh Kemenpera yang bekerjasama dengan developer yang terpercaya.

3. Lokasi Strategis dan Potensial

Umumnya perumahan subsidi dibangun di lokasi yang dekat dengan kawasan industri atau kota yang sedang berkembang. Sehingga lokasi dari rumah subsidi pemerintah umumnya memiliki lokasi strategis dan potensial.

4. Rumah Ready Stok

Semua rumah subsidi yang dibangun pemerintah adalah rumah yang sudah siap untuk dihuni atau ready stok. Sehingga kamu tidak perlu khawatir membeli rumah dari developer nakal. Dan kamu bisa melihat langsung kondisi rumah yang ingin dibeli.

5. Persyaratan Mudah

Tidak seperti perumahan pada umumnya, rumah subsidi dari pemerintah memiliki persyaratan yang cukup mudah. Persyaratan membeli rumah subsidi tercantum dalam Peraturan Kemenpera No.3 Tahun 2014.

Kekurangan Perumahan Subsidi

Selain mengetahui kelebihan perumahan subsidi, kamu harus mengetahui kekurangannya, yaitu :

  1. Umumnya lokasi dari rumah subsidi sulit dijangkau karena lokasinya jauh dari kota, dan terkadang ada perumahan yang jalannya kurang bagus.
  2. Rumah subsidi juga umumnya dibangun jauh dari pusat kota.
  3. Spesifikasi bangunan yang ditawarkan berukuran kecil dari tipe 21 sampai 36 saja.
  4. Dan kamu harus teliti dengan struktur bangunan rumah subsidi sebelum membelinya. Karena banyak bangunan rumah subsidi dibangun dengan bahan dan material kurang bagus.

Compare Listings

Title Price Status Type Area Purpose Bedrooms Bathrooms