Pengertian Tempat Tinggal dan Jenis-Jenisnya

Tempat tinggal adalah sebuah istilah yang bisa memiliki 2 makna yang berbeda. Pertama adalah tempat tinggal sebagai sebuah tempat untuk ditinggali atau dihuni seperti rumah. Atau tempat tinggal dalam artian domisili. Dan pada kesempatan kali ini kami akan membahas pengertian tempat tinggal dalam artian tempat untuk ditinggali atau dihuni.

Pengertian Tempat Tinggal

Tempat tinggal adalah sebuah tempat untuk ditinggali atau dihuni yang memiliki wujud bangunan seperti rumah, atau bangunan struktural lainnya. Tempat tinggal digunakan sebagai tempat berteduh atau sebagai tempat untuk manusia tingal.

Istilah tempat tinggal ini bisa digunakan untuk banyak tempat tinggal, baik sebuah tenda yang digunakan oleh manusia nomaden, sampai apartemen bertingkat. Dalam konteks tertentu tempat tinggal adalah sama artinya dengan rumah, perumahan, akomodasi, kediaman atau arti lainnya.

Unit sosial yang tinggal di sebuah tempat tinggal dikenal sebagai rumah tangga dan rumah tangga umumnya disebut sebagai keluarga. Walaupun rumah tangga bisa berupa sebuah kelompok sosial lainnya. Contohnya adalah orang tunggal/sendiri ataupun sekelompok individu yang tinggal bersama tetapi tidak memiliki hubungan keluarga.

Jenis-Jenis Tempat Tinggal

Setelah mengetahui pengertian tempat tinggal adalah sama artinya dengan rumah atau sebuah kediaman, seperti yang dijelaskan di atas. Disini kami akan membagikan jenis-jenis tempat tinggal dalam artian hunian atau tempat kediaman.

1. Rumah Tapak

Rumah tapak adalah sebuah tempat tinggal yang banyak ditemukan di Indonesia. Rumah tapak ini adalah tempat tinggal yang menapak di atas tanah langsung. Dahulu rumah tapak diartikan sebagai tempat tinggal yang terpisah satu sama lain. Tetapi karena keterbatasan lahan saat ini rumah tapak dibangun secara berdempetan seperti di perumahan.

2. Town House

Town House adalah tempat tinggal yang terdiri dari beberapa unit rumah yang eksklusif dibandingkan perumahan pada umumnya. Perumahan tipe townhouse ini merupakan sebuah tempat tinggal yang memberikan privasi yang ketat.

3. Cluster

Tempat tinggal yang sedang trend saat ini adalah perumahan cluster. Dimana rumah cluster adalah rumah yang memiliki pagar tinggi yang mengelilingi lingkungan perumahan. Rumah di cluster akan memiliki sistem gerbang satu pintu, dan memiliki fasilitas lengkap.

4.  Apartemen

Tempat tinggal yang terdapat banyak di kota besar saat ini adalah apartemen. Karena lahan tanah semakin sempit, sehingga tidak heran jika di kota besar. Banyak tempat tinggal yang dibangun secara vertikal.

Umumnya apartemen dibangun di dekat pusat keramaian dan memiliki fasilitas lengkap. Orang yang cocok tinggal di apartemen adalah masyarakat modern.

5. Rumah Susun

Tempat tinggal vertikal yang dihuni oleh kalangan menengah kebawah adalah rumah susun. Tempat tinggal vertical ini memiliki bentuk dan konsep lebih sederhana dibandingkan apartemen.

Rusun umumnya menjadi solusi tepat untuk daerah yang pada penduduk dengan harga sewa dan beli yang lebih terjangkau.

6. Condotel

Jenis tempat tinggal selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah Condotel. Condotel adalah tempat tinggal yang memiliki fasilitas mirip dengan sebuah hotel yang ekslusif. Condotel bisa kamu temukan di kota besar seperti Jakarta ataupun di Bali.

Pemilik condotel tidak hanya bisa menggunakannya sebagai tempat tinggal, tetapi juga bisa disewakan layaknya rumah, apartemen atau hotel.

7. Rumah Kantor

Jenis tempat tinggal selanjutnya adalah rumah kantor. Rumah kantor ini bisa digunakan sebagai kantor ataupun tempat tinggal. Rumah kantor memiliki bentuk mirip ruko tetapi digabungkan dengan apartemen dengan konsep SOHO (small office home office.

8. Rumah Toko

Rumah toko adalah jenis tempat tinggal yang juga dimanfaatkan sebagai tempat usaha. Rumah toko sering disebut dengan ruko umumnya memiliki bangunan 2 lantai. Di lantai 1 digunakan sebagai tempat usaha atau membuka toko, dan di lantai 2 digunakan sebagai tempat tinggal.

9. Kos-kosan

Jenis tempat tinggal terakhir adalah kos-kosan, ini adalah tempat tinggal yang dibangun untuk disewakan. Kos-kosan umumnya dibangun dengan banyak kamar, sehingga di dalam sebuah kos-kosan akan ada banyak penghuni. Jenis tempat tinggal ini umumnya dibangun di daerah kampus atau perkantoran.

Compare Listings

Title Price Status Type Area Purpose Bedrooms Bathrooms