8 Jenis Bahan Kitchen Set Terbaik dan Terpopuler

8 Jenis Bahan Kitchen Set Terbaik dan Terpopuler

Kitchen Set adalah salah satu furniture yang sangat dibutuhkan di dapur agar membuat dapur menjadi lebih nyaman digunakan dan menambah keanggunan serta kerapian. Oleh karena itu, mempertimbangkan untuk memilih bahan kitchen set yang cocok adalah hal yang perlu diperhatikan.

Dan fakta bahwa saat ini ada begitu banyak pilihan bahan kitchen set yang ada dipasaran. Sehingga membuat banyak orang bertanya-tanya tentang bahan kitchen set apa terbaik untuk membuat lemari dapur yang terbaik.

Jenis dan Bahan Kitchen Set Terbaik dan Terpopuler

Di sini, kamu bisa menemukan jawaban atas pertanyaan di atas tentang bahan kitchen set. Jadi yuk simak beberapa bahan kitchen set terbaik yang populer di pasaran saat ini. Sehingga akan memudahkan kamu untuk memilih bahan mana yang terbaik untuk digunakan di kitchen set yang ingin kamu buat.

1. Kitchen Set Aluminium dan Kaca

Kitchen set dengan bahan aluminium dan kaca adalah salah satu lini produk paling populer di pasaran saat ini. Umumnya kitchen set aluminium dan kaca terdiri dari 3 bahan utama, yaitu rangka aluminium, kaca dan lembaran Aluminium.

Lemari dapur yang terbuat dari bahan aluminium dan kaca memiliki banyak keunggulan yang luar biasa seperti mudah dibersihkan, mudah dipasang, tahan air yang baik, dan anti karat.

2 . Kitchen Set Stainless Steel

Kitchen set stainless steel adalah lemari dapur yang terbuat dari bahan stainless steel, umumnya menggunakan bahan stainless steel 201 dan stainless steel 304.

Kelebihan dan kekurangan kitchen set stainless steel adalah tahan lama, aman digunakan, desain permukaan halus, tidak mudah menempel minyak, mudah dibersihkan, dan tahan panas yang baik.

3 . Kitchen Set Decosheet

Bahan kitchen set Decosheet dipilih oleh banyak keluarga karena memiliki keunggulan tahan air, tahan rayap yang baik, konstruksi yang sederhana dan berukuran kompak.

Kitchen set Decosheet adalah lini produk kitchen set yang terbuat dari bahan sintetis termasuk 40% kayu dan 60% plastik dicampur dengan aditif khusus. Dengan fitur struktural ini, lemari dapur Decosheet mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Kelebihan bahan Decosheet adalah tahan air, ringan, mudah dipasang, dan tahan rayak sangat baik. Kekurangan tidak tahan panas berlebih dan bahan memiliki kerapuhan cukup tinggi, dibandingkan bahan kayu industri.

4 . Kitchen Set Kayu Alami

Bahan kitchen set terbaik dan terpopuler selanjutnya adalah kayu alami. Kayu alami selalu menjadi salah satu bahan yang paling banyak dipilih untuk rumah mewah karena memiliki kualitas baik dan desainnya juga bisa di custom sesuai keinginan. Sehingga tidak heran jika kitchen set kayu alami memiliki harga yang mahal.

Kelebihan menggunakan kitchen set kayu alami adalah memiliki estetika tinggi, memiliki daya tahan tinggi, dan lemari lebih kokoh. Sedangkan kekurangannya adalah harga lebih mahal dibandingkan bahan kitchen set lainnya. Jika tidak dikerjakan oleh pengrajin yang berpengalaman dan profesional, ada kemungkinan hasil kitchen set kayu alami tidak berkualitas baik.

5. Kitchen Set Plywood/Multiplek

Plywood/Multiplek merupakan salah satu bahan kitchen set yang terdiri dari bahan tumbukan lembaran kayu yang di finishing dengan mesin pres sehingga menghasilkan bahan yang padat.

Keunggulan dari bahan Plywood/Multiplek adalah tahan terhadap air sehingga bisa digunakan dengan jangka panjang. Selain itu, kelebihan dari bahan Plywood/Multiplek adalah kokoh, dan dari segi estetika lebih indah. Kekurangan bahan Plywood/Multiplek harga bahan cukup mahal.

6. Kitchen Set Blockboard

Sama seperti bahan multiplek, bahan Blockboard juga dibuat dari strip kayu lunak yang dikombinasikan dengan bahan veneer. Karena direkatkan dengan tekanan yang tinggi, tetapi bedanya bahan Blockboard disusun secara horizontal.

Bahan Blockboard memiliki keunggulan tahan terhadap air, harga lebih terjangkau dibanding multipleks, dan tampilan desain kitchen set ini juga lebih menarik. Kekurangan bahan Blockboard kurang awet dibandingkan multipleks.

7. Kitchen Set MDF (Medium Density Fiberboard)

Bahan MDF (Medium Density Fiberboard) memiliki permukaan yang halus jika dibandingkan bahan plywood dan blockboard. Kelebihan dari bahan MDF mudah di finishing, dan menghasilkan tampilan desain indah. Kekurangan bahan MDF tidak memiliki ketahanan air yang baik. Selain itu, kitchen set MDF juga tidak cocok untuk menaruh benda-benda berat.

8. Kitchen Set HPL (high pressure laminate)

Bahan selanjutnya adalah kitchen set HPL (high pressure laminate). Bahan ini adalah bahan dengan laminasi bertekanan tinggi. Sehingga bahan HPL memiliki karakteristik yang sangat padat dan keras.

Keunggulan dari bahan HPL untuk kitchen set adalah memiliki banyak pilihan warna, permukaan mudah dibersihkan, dan sangat praktis. Tetapi kekurangan bahan HPL adalah tidak awet dan tahan lama saat digunakan.