Penting Bagi Pembeli! Ini Kelebihan dan Kekurangan Membeli Rumah Type 36

Penting Bagi Pembeli! Ini Kelebihan dan Kekurangan Membeli Rumah Type 36

Rumah type 36 merupakan pilihan ideal bagi keluarga kecil yang membutuhkan rumah sederhana dengan harga yang murah. Terlebih lagi, belakangan ini sedang tren rumah berukuran kecil berkonsep minimalis yang sesuai dengan gaya hidup modern. Bila rumah mungil ini merupakan salah satu incaran Anda, pahami dahulu keuntungan dan kerugiannya sebelum membeli rumah bertipe 36.

Kelebihan Membeli Rumah Type 36

Bagi pasangan baru, keluarga kecil maupun yang masih single, rumah bertipe 36 merupakan pilihan ideal. Meski ukurannya kecil dan tampak sederhana, rumah ini ternyata menyimpan potensi kelebihan seperti berikut ini.

Harga Bersahabat

Rumah type 36 umumnya memiliki luas bangunan tidak lebih dari 36 meter persegi sehingga di kategorikan sebagai hunian kecil. Dengan ukuran yang mungil, tentu saja harganya lebih murah dari rumah komersial berukuran lebih besar. Harga yang terjangkau membuatnya jadi pilihan pertama bagi konsumen yang ingin membeli rumah pertama kali.

Konsumsi Listrik Lebih Hemat

Konsumsi listrik untuk rumah bertipe 36 pun di nilai lebih hemat. Hal ini di sebabkan karena ukuran lahannya lebih kecil sehingga pencahayaan yang di butuhkan tidak terlalu banyak. Budget untuk sistem pencahayaan pun bisa Anda gunakan untuk kebutuhan lainnya.

Rumah Mudah Di Bersihkan

Karena ukuran lahannya kecil, Anda tak akan kewalahan menjaga kebersihan rumah type 36. Aktivitas membersihkan rumah pun lebih mudah dan lebih cepat sehingga menghemat waktu. Anda juga tak perlu repot-repot menyewa jasa asisten rumah tangga untuk membantu membersihkan rumah.

Desain Rumah Type 36 Kini Lebih Modern

Memiliki rumah berukuran kecil tetap membangkitkan rasa percaya diri. Salah satu alasannya karena desain rumah bertipe 36 kini lebih modern. Biasanya pihak pengembang menggunakan jasa arsitek dalam proses pengembangan perumahan bertipe 36, sehingga kualitas desain dan bahan bangunannya pun terjaga. Di samping itu, Anda tetap bisa menambahkan sentuhan desain tersendiri agar rumah lebih terasa homey saat di huni bersama keluarga.

Terasa Lebih Hangat

Ukuran rumah type 36 sebenarnya tidak begitu kecil, tapi juga tidak begitu besar. Rumah ini biasanya terdiri dari 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang dapur dan ruang tamu. Semua ruangan di dalamnya fungsional sehingga terasa padat. Alhasil, rumah pun terasa lebih hangat dan akrab meski ruangannya terbatas.

Cicilan Lebih Murah

Bila Anda membeli rumah bertipe 36 melalui program KPR, tentu biaya cicilannya lebih murah daripada rumah komersial lainnya yang lebih besar. Murahnya cicilan rumah bertipe 36 membuatnya jadi pilihan para calon pembeli rumah pertama yang membutuhkan rumah murah dengan biaya perawatan ringan.

Kekurangan Membeli Rumah Type 36

Di samping kelebihan-kelebihan di atas, rumah type 36 juga memiliki kekurangan, seperti halnya tipe rumah lainnya. Beberapa kekurangan berikut akan terasa setelah Anda menempati rumah bertipe 36.

Keterbatasan Ruang Gerak

Kekurangan dari rumah bertipe 36 yang pertama kali di rasakan adalah terbatasnya ruang gerak. Bagi orang yang belum menikah tentu ini bukan suatu masalah. Namun, bagi pasangan baru maupun keluarga kecil, keterbatasan ruang gerak bisa menambah masalah terutama ketika anggota keluarga bertambah. Tak sedikit pemilik rumah bertipe 36 merenovasi ruang lain sebagai kamar tidur tambahan.

Jumlah Furnitur Terbatas

Rumah berukuran kecil akan terasa semakin berantakan dan sesak bila memiliki banyak furnitur. Itu sebabnya rumah ini kurang cocok bagi Anda yang suka mengkoleksi barang antik atau furnitur. Keterbatasan ruang cukup menyulitkan untuk memiliki tempat penyimpanan barang yang memadai. Tak sedikit pemilik rumah type 36 yang mengganti furniturnya dengan furnitur berukuran lebih kecil agar terlihat lebih rapi dan tidak terkesan sesak.

Keterbatasan dalam Menentukan Warna Dinding Rumah

Rumah bertipe 36 umumnya memiliki desain minimalis guna menciptakan kesan fasad maupun interior yang lebih luas. Itu sebabnya rumah-rumah bertipe 36 kerap di cat memakai warna-warna netral seperti krem, abu-abu, putih atau cokelat. Jarang sekali rumah bertipe 36 di cat dengan warna mencolok karena mengakibatkan rumah terkesan sempit.

Kelebihan dan kekurangan di atas sebaiknya hanya menjadi bahan pertimbangan saat hendak membeli rumah mungil. Sementara keputusan terakhir tetap di tangan Anda sambil memperhitungkan kebutuhan dan ketersediaan budget yang di miliki. Karena, walaupun berukuran kecil, rumah type 36 tetap bisa menjadi hunian yang homey bagi keluarga.

Compare Listings

Title Price Status Type Area Purpose Bedrooms Bathrooms