Rumahmu Panas?, Jangan Abaikan Peredam Panas Rumah Ini!

Saat ini sudah bukan rahasia lagi bila bumi makin hari makin panas. Hal ini tak lain karena lapisan ozon atmosfer makin menipis. Sehingga, tidak hanya di luar ruangan saja yang panas, di dalam rumah pun juga orang-orang kerap merasa kepanasan. Maka dari itulah, kini banyak orang mulai mencari cara untuk membuat rumahnya tetap sejuk dengan menambahkan Peredam Panas Rumah di dalamnya.

Peredam panas yang bisa dipakai saat ini adalah insulsi atap. Benda ini efektif untuk meredam suhu yang panas yang berasal dari atap rumah. Dengan menambahkan insulasi atap inilah akan membuat ruangan yang ada di bawahnya terasa sejuk. Biasanya, insulasi atap ini juga ditaruh di atap secara langsung. Sementara itu, bila di bawah atap rumah Anda ada lapisan yang lainnya untuk melindungi rumah, maka Anda dapat menempelkannya pada lapisan tersebut.

Tidak hanya dapat meredam panas dengan baik, insulasi atap ini ternyata juga ampuh untuk meredam suara yang berasal dari luar ruangan. Misalnya saja meredam suara yang berasal dari rintikan hujan.

Bagian-Bagian Peredam Rumah Insulasi Atap

Dari sekian banyak insulasi atap, bagian yang terbanyak ditemukan dan dijual di pasaran adalah alumunium foil insulasi termal. Bagian ini memiliki 2 lapisan yang utama yang bisa meredam panas dengan baik. Pada lapisan pertama ada alumunium foil, yang berguna untuk merefleksikan panas matahari sampai dengan 97%. Sehingga, panas di ruangan bisa berkurang, begitu juga dengan suaranya.

Sedangkan, untuk lapisan yang kedua ada lapisan yang berongga. Lapisan ini ada 3 macam pilihan bahan yang bisa dipakai. Yaitu, glasswool, polythylene, dan juga bubble pack. Dari 3 pilihan bahan tersebut, polyethyelene yang terbaik untuk mereduksi suara dari air hujan yang berasal dari langit. Sementara bahan bubble pack itu baik untuk membuat suhu panas berkurang.

Cara Kerja Peredam Rumah Insulasi Atap

Ketika panas dari terik matahari menyinari bagian atap rumah, maka ada 2 hal yang akan terjadi. Yaitu, penyerapan dan pemantulan. Panas matahari yang telah diserap atap, kemudian dilanjutkan ke dalam ruangan. Dengan menggunakan insulasi atap, maka Anda bisa membuat panas yang berasal dari matahari langsung terhalangi dan kemudian disimpan pada lapisan insulasi yang berongga. Hasilnya, suhu ruangan menjadi lebih sejuk.

Macam-Macam Peredam Rumah Insulasi Atap

Ada 3 varian dari peredam panas menggunakan insulasi atap. Yaitu, alumunium foil, glasswool, beserta bubble foil. Untuk ulasan selengkapnya simak di bawah ini :

Aluminium Foil

Bahak ini paling sering digunakan oleh semua orang. Bentuknya berupa lembaran perak, dan ampuh untuk membuat ruangan menjadi lebih sejuk dan selalu terjaga kelembabannya. Cara memasangnya juga sangat mudah! Sehingga, tidak membutuhkan tambahan tenaga dan waktu untuk memasangnya.

Bubble Foil

Jenis insulasi atap yang satu ini hampir sama seperti alumunium foil. Yang membedakannya adalah dibagian bentuk permukaannya. Dilihat dari namanya, insulasi atap ini berupa lembaran yang teksturnya sama besarnya lingkurannya.

Glasswool

Insulasi atap yang satu ini berasal dari serat fiberglass yang dibentuk seperti lapisan wool. Glasswool tersebut kerap dipakai untuk insulasi atap pada gedung perkantoran, pabrik, dll. Bahan ini jauh lebih baik untuk meredam suara dibandingkan yang lainnya. Tak heran jika bahan ini kerap dipakai untuk studio musik.

Demikianlah tadi pembahasan kita kali ini mengenai Peredam Panas Rumah yang dapat anda aplikasikan pada hunian anda. Semoga bisa menjadi referensi dan solusi untuk anda!

Compare Listings

Title Price Status Type Area Purpose Bedrooms Bathrooms