Pencahayaan Ruang Keluarga yang Homy dan Eksotis, Bagaimana cara menciptakannya?

Pencahayaan Ruang Keluarga yang tepat bisa memberikan efek psikologis yang tenang pada seluruh anggota keluarga yang berada di ruang keluarga. Tidak hanya bagian interior dari ruang keluarga saja yang penting untuk diperhatikan, namun juga efek pencahayaan tak kalah penting untuk diperhatikan. Sudah bukan zamannya lagi Anda cuek dengan kebutuhan pencahayaan. Kebanyakan orang akan secara acak memilih penerangan untuk ruang keluarga, yang penting ruang keluarga terang. Hal ini jelas salah, penerangan sangat penting untuk memengaruhi suasana di ruang keluarga, apakah Anda ingin selalu memiliki perasaan nyaman atau perasaan yang selalu membuat Anda tak nyaman ketika berada di ruang keluarga.

Ini tak lain adalah pengaruh dari pencahayaan itu sendiri. Hampir semua orang tak menyadari hal ini. Sedikit berbeda dari ruangan lain yang di dalam rumah, ruang keluarga harus lebih banyak membutuhkan pencahayaan yang baik untuk menerangi seluruh ruangan secara merata. Namun di satu sisi, ruangan ini juga masih memerlukan pencahayaan khusus tambahan guna mendukung semua aktivitas khusus yang dilakukan di dalam ruang keluarga, seperti membaca buku, menonton televisi, bercengkerama bersama atau memainkan permainan, dan juga aktivitas lain yang masih dalam kategori aktivitas khusus yang dilakukan oleh seluruh anggota keluarga. Selain itu pula, di dalam ruang keluarga ini terdapat juga furniture dekorasi yang turut mempercantik ruang keluarga ini. Di mana keberadaannya tak boleh dianggap sebagai pelengkap atau dengan kata lain harus juga mendapatkan perhatian, termasuk hadirnya cahaya pada furniture tersebut. Penting untuk menciptakan Pencahayaan Ruang Keluarga yang tepat, bagaimana cara menciptakannya? Berikut adalah caranya :

  • Gunakan pencahayaan yang merata di seluruh ruangan untuk membuat efek ruang keluarga yang nyaman. Gunakan standing lamp jika salah satu sudut ruang keluarga masih terasa gelap.
  • Gunakan rumah lampu, atau bowl lamp yang dapat menyebarkan cahaya secara merata dan memberikan efek cahaya yang lembut pada ruangan. Sesuaikan kebutuhan pencahayaan pada ruang keluarga Anda. Jangan menggunakan lampu redup pada ruangan yang tinggi dan luas.
  • Gunakan pula lampu dinding untuk memberikan kesan yang eksotik pada ruang keluarga Anda.
  • Gunakan lampu sorot kecil pada dinding juga untuk menerangi koleksi foto keluarga di ruang keluarga. Ini akan menambah keindahan ruang keluarga Anda, dan terakhir
  • Sediakan lampu baca yang tinggi jika Anda sering melakukan aktivitas baca di ruang keluarga.

Efek pencahayaan di atas akan membuat ruang keluarga Anda makin nyaman dan makin membuat keluarga Anda betah berlama-lama berada di ruang keluarga. Namun perlu digaris bawahi, untuk menghasilkan ruang keluarga yang indah, nyaman dan juga menarik, perlu terlebih dahulu untuk melakukan perencanaan yang matang, seperti pemilihan dekorasi, cat, dan juga furniture yang sesuai dengan pencahayaan nantinya.

Ketika Anda sudah mengetahui trik di atas, tentu bukan pekerjaan yang sulit kembali untuk menata Pencahayaan Ruang Keluarga. Selamat berkreasi!!

Compare Listings

Title Price Status Type Area Purpose Bedrooms Bathrooms