Cara Menghitung Biaya Pemasangan Lantai Kayu

Lantai kayu atau parket ( parquet flooring ) saat ini sudah semakin banyak di aplikasikan di rumah rumah kelas menengah keatas. Teknologi lantai kayu sendiri sudah semakin berkembang, mulai dari lantai kayu solid (utuh) hingga lantai kayu lamina yang merupakan hasil dari laminasi kayu.

Namun untuk memasang lantai kayu di butuhkan keahlian khusus, adakalanya tukang bass / kuli bangunan yang membangun rumah kita tidak memiliki keahlian tersebut. Karena itu kadang kita mesti menyiapkan jasa pemasangan lantai kayu profesional.

Beberapa produsen lantai kayu biasanya juga menyiapkan paket lantai kayu berikut sekaligus dengan pemasangannya, namun tentunya kita mesti mengeluarkan biaya lebih yang mesti kita hitung untuk membayar tukang ahli pemasangan lantai kayu tersebut. Dan tentunya hal ini bukanlah menjadi masalah untuk mendapatkan yang maksimal dengan sedikit biaya tambahan.

Cara Untuk Menghitung Biaya dalam Pemasangan Lantai Kayu

Cara Menghitung Biaya Pemasangan Lantai Kayu sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan mengukur luas ruangan yang ingin kita pasangi lantai parket kayu ini.

Misalkan kita ingin memasang lantai kayu dengan ruangan berukuran panjang 5 meter dan lebar 4 meter. Maka total kebutuhan parket lantai yang kita butuhkan adalah 5m x 4m = 20m, ditambah dengan weist 5% = 1m. Jadi total lantai kayu yang harus kita siapkan adalah 21 meter persegi.

Jika harga lantai kayu yang kita pilih seharga Rp 200.000/m2, maka untuk biaya bahan saja sebesar 21m x Rp 200.000 = Rp.4.200.000,-  Ini hanya untuk biaya bahan lantai kayu saja.

Untuk biaya pemasangan biasanya ada tambahan yang harus kita bayar, biasanya di bayar per meter persegi lantai yang akan kita pasang. Umumnya untuk jenis lantai kayu unfinished ( lantai kayu yang belum di coating) biaya pasang hingga finishing Rp 120.000 hingga Rp 140.000. Dan lantai kayu finished seperti jenis engginering ataupun laminated biaya pemasangannya berkisar Rp 20.000,- hingga Rp.40.000,-/m2.

Jika lantai kayu yang akan kita pasang adalah lantai kayu unfinished, kita ambil harga Rp 120.000/meter persegi. Hasilnya adalah 20m x 120.000,- = Rp 2.400.000,-. Tidak ada tambahan untuk weist pada pemasangan karena ruang yang akan dipasang sudah tetap.

Dari sini bisa kita dapat total biaya pemasangan lantai kayu adalah Rp.4.200.000 + Rp 2.400.000 = Rp.6.600.000,- Inilah total keseluruhan biaya pemasangan lantai kayu parket yang harus kita keluarkan.

Demikianlah tadi sedikit gambaran tentang bagaimana tips Cara Menghitung Biaya Pemasangan Lantai Kayu. Dengan mengetahui biaya yang dibutuhkan dalam pemasangan lantai kayu, bisa membantu anda dalam hal perencanaan biaya yang perlu kita persiapkan. Semoga informasi diatas bisa menambah wawasan dan menjadi referensi yang bermanfaat. Selamat berkreasi!!

Compare Listings

Title Price Status Type Area Purpose Bedrooms Bathrooms