Tips Memilih Perumahan Subsidi Yang Berkualitas Baik

Perumahan subsidi saat ini banyak diminati masyarakat Indonesia karena memiliki harga yang terjangkau. Tetapi ada banyak hal yang wajib diperhatikan saat membeli rumah di perumahan subsidi. Karena tidak semua perumahan subsidi memiliki kualitas yang baik.

Untuk masyarakat kelas menengah ke bawah, memiliki rumah dengan harga lebih dari 200 juta bahkan sampai miliaran mungkin akan merasa keberatan. Karena itu, pemerintah Indonesia menggalangkan program perumahan bersubsidi dengan harga terjangkau. Tentunya dengan target pasar masyarakat menengah ke bawah untuk bisa mendapatkan rumah yang layak huni dengan harga yang terjangkau.

Apa Itu Perumahan Subsidi?

Perumahan subsidi adalah rumah tapak yang mempunyai harga terjangkau dan pembiayaannya mendapatkan bantuan dari pemerintah. Proses pembelian rumah subsidi langsung dari pemerintah melalui Kementerian PUPR yang bekerjasama dengan bank dan pengembang/developer.

Ketika melakukan pembiayaan rumah subsidi dengan sistem KPR,maka akan dikenakan bunga flat selama masa tenor angsurannya.

Lokasi dari rumah subsidi dari pemerintah ini umumnya berada di pinggiran kota atau daerah penyangga kota-kota besar. Semakin tahu ketersediaan rumah subsidi dari pemerintah terus meningkat. Harga rumah subsidi dari pemerintah ini dijual dengan kisaran harga Rp 140 juta sampai Rp 170 juta.

Tetapi ada di daerah tertentu rumah subsidi dari pemerintah dijual dengan harga Rp 190 juta sampai Rp 250 juta. Jika kamu membeli rumah subsidi dengan sistem KPR, DP juga terjangkau sekitar 5%-10% dari total harga rumah subsidi.

Tips Memilih Perumahan Subsidi Yang Berkualitas Baik

Saat kamu ingin membeli rumah subsidi dari pemerintah, kamu juga tidak boleh sembarangan memilihnya. Karena ketika kamu membeli rumah tentunya ingin rumah yang layak huni dan bisa ditempati untuk jangka panjang.

Karena itu, sebelum memutuskan membeli rumah subsidi, kamu harus membaca tips memilih perumahan subsidi yang berkualitas baik di bawah ini!

1. Harus Melihat Rumah Contoh

Tips pertama yang wajib kamu lakukan sebelum membeli rumah subsidi adalah melihat langsung contoh rumah yang akan dibeli. Sehingga kamu bisa mengetahui bagaimana bentuk fisik asli dari rumah yang akan dibeli.

2. Mengecek Kualitas Fisik dan Fungsi Bangunan

Rumah subsidi yang dibangun harus memiliki fungsi dan kualitas yang baik. Jadi kamu harus meneliti apakah developer membangun rumah tersebut tanpa ada masalah. Cek apakah ada kerusakan pada dinding dan plafon ataupun bagian bangunan rumah lainnya. Hal ini bermanfaat agar kamu bisa menghindari pengeluaran tambahan lebih saat sudah membeli rumah tersebut.

Karena sudah banyak kasus dimana rumah subsidi banyak yang dibangun dengan kualitas fisik bangunan yang kurang baik. Jadi kamu harus jeli dan teliti untuk melihat setiap bangunan rumah subsidi.

3. Pertimbangkan Lokasi

Selain kamu harus mempertimbangkan fisik bangunan, kamu juga harus memperhatikan lokasinya. Perumahan subsidi yang baik adalah yang memiliki lokasi yang mudah diakses, dan memiliki fasilitas memadai.

Jadi walaupun umumnya rumah subsidi lokasinya di pinggiran kota, tetapi kamu harus memasukan lokasinya dari faktor akses mudah dan fasilitas lengkap.

Selain itu, pastikan juga lokasi rumah subsidi juga tidak sering banjir, tidak susah mendapatkan air, dan pastikan juga tanahnya bukan merupakan tanah timbunan.

4. Pilih Developer Terpercaya

Pastikan rumah di perumahan subsidi yang ingin kamu beli dibangun oleh developer terpercaya. Karena ada banyak pengembang perumahan yang menawarkan promo dan marketing yang menarik. Tetapi pada kenyataannya perumahan yang dijual tidak sesuai dengan promo dan marketingnya. Bahkan ada juga banyak developer yang tersandung kasus penipuan.

5. Memperhatikan Metode Pembayaran

Kamu juga harus memperhatikan metode pembayaran, apakah kamu ingin melakukan pembelian rumah dengan metode tunai, KPR atau lainnya. Tetapi umumnya rumah subsidi dijual dengan skema pembayaran Kredit Pemilikan Rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (KPR FLPP).

6. Tanyakan Detail Rumah yang Dibeli

Kamu juga hanya tergiur dengan harga rumah yang murah saja, pastikan kamu menanyakan secara lengkap tentang detail dan spesifikasi rumah yang akan dibeli. Karena jika kamu tidak menanyakannya di awal kamu akan kecewa dengan detail rumah yang sebenarnya.

Detail yang perlu ditanyakan contohnya adalah air menggunakan PDAM atau Sumur Bor, listrik menggunakan token atau tidak, dan pertanyaan lainnya.

Compare Listings

Title Price Status Type Area Purpose Bedrooms Bathrooms