Tips Milenial Bisa Beli Rumah Dengan Gaji UMR dan Tidak Ngontrak

asriland.com – Bukan rahasia lagi dimana banyak kaum millenial yang kesulitan membeli rumah karena gaji yang pas-pasan standar UMR yang juga digunakan untuk mencukupi berbagai kebutuhan hidup sehari-hari, serta belum lagi tingginya harga kebutuhan pokok, membuat membeli rumah merupakan sebuah hal yang terkadang sulit diwujudkan dalam waktu dekat. Sebab seperti yang kita ketahui bersama, mahalnya harga rumah serta tanah dan tingginya material bangunan untuk membangun rumah membuat banyak orang berpikir berkali-kali untuk segera mewujudkan memiliki rumah idaman walaupun hal tersebut sebuah keharusan karena apabila tidak segera memiliki rumah maka pilihannya adalah mengontrak, kost, atau tinggal bersama keluarga untuk sementara.

Pastinya setiap millenial khususnya yang sudah berkeluarga, menginginkan untuk memiliki rumah idaman untuk menjadi tempat nyaman dan hidup mandiri bersama keluarga, namun dengan beberapa pertimbangan membuat keinginan tersebut harus terus ditunda. Namun jangan kuatir, sebab jangan sampai berbagai macam pertimbangan anda untuk memiliki rumah seperti harga yang tinggi, pemasukan UMR yang pas-pasan untuk kebutuhan sehari-hari, dan sebagainya membuat anda berpikir memiliki rumah untuk dalam waktu dekat merupakan hal mustahil, sebab jika anda memiliki niat, maka banyak cara yang bisa anda lakukan.

Bagi anda kaum millenial yang ingin membeli rumah walaupun gaji UMR dan pas-pasan, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk segera mewujudkan rumah impian anda. Penasaran ? Berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan :

Tips Milenial Bisa Beli Rumah Dengan Gaji UMR

1. Hemat

Yang paling pertama tentu anda harus berhemat karena pemasukan dan gaji UMR anda yang pas-pasan. Hemat pangkal kaya bukan ? untuk itu, lakukan penghematan semaksimal mungkin yang bisa anda lakukan, baik itu penghematan dalam urusan belanja sehari-hari, menahan diri membeli barang atau produk yang belum tentu anda butuhkan, menghitung dan menyelesaikan semua cicilan anda apabila ada, dan jangan tergiur dengan perilaku hedon atau bermewah-mewahan hanya untuk menunjukkan pada orang sekitar anda. Anda perlu berniat dan tanamkan di diri anda bahwa yang anda butuhkan bukanlah barang baru, liburan mewah, kendaraan, tetapi anda membutuhkan rumah idaman.

2. Menabung

Yang kedua adalah setelah melakukan penghematan, tentunya ada beberapa pos pengeluaran yang berkurang yang membuat ruang lowong pada pengeluaran anda sehingga anda bisa menabung secara konsisten untuk mencapai tujuan anda membeli rumah. Anda bisa menyisihkan uang gaji Anda minimal 20% setiap bulannya serta membuat rekening khusus untuk tabungan anda sehingga tidak bercampur dengan pengeluaran harian anda.

Apabila anda merasa tabungan anda masih terasa jauh dari niat anda membeli rumah, maka anda bisa mencoba mencari pendapatan tambahan seperti membuka usaha sampingan yang tidak membutuhkan modal banyak, seperti jadi driver online, membuka toko online, sales marketing, dan sebagainya agar anda bisa menabung lebih banyak.

3. Tidak Ngontrak

Bagi anda yang bisa menghindari pilihan tidak ngontrak maka sebaiknya hindari hal tersebut karena akan membuat anda lebih boros dan tidak bisa menabung. Sebab ongkos ngontrak rumah anda sebenarnya bisa anda jadikan uang muka untuk membeli rumah murah atau subsidi dibandingkan cuman membayar harga rumah sewa yang akan habis masa pakainya.

Apabila anda memang harus untuk ngontrak karena beberapa alasan, maka sebaiknya mencari rekan kerja untuk patungan, atau menyewa kamar kost yang sederhana yang tidak membebani pengeluaran anda.

4. Pilih KPR

Membeli rumah secara cash tentu agak sulit untuk dilakukan dalam waktu dekat bagi para millenial dengan gaji UMR walaupun dengan penghematan atau menabung. Namun jangan berpikir untuk tidak bisa membeli rumah dalam waktu dekat, sebab anda bisa mengumpulkan uang down payment dari berhemat dan menabung kemudian mengajukan Kredit Pemilikan Rumah atau KPR, dimana cara ini merupakan solusi yang paling tepat untuk membeli rumah bagi Anda yang tidak memiliki cukup uang untuk membayar dengan cara tunai ataupun cash bertahap.

Carilah rumah dengan skema KPR yang sesuai dengan kemampuan anda, serta memilah dan mencermati bunga Bank yang paling rendah untuk anda pilih agar nantinya anda bisa dengan lancar melakukan pembayaran cicilan KPR.

Dan bagi anda yang merasa memiliki penghasilan yang cukup rendah, jangan kuatir sebab anda bisa mengajukan KPR subsidi, dimana jenis kredit ini memang khusus ditujukan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah atau MBR yang memiliki banyak manfaat seperti harga rumah yang relatif lebih murah, bunga flat, dan jangka waktu peminjaman hingga 20 tahun lamanya. Adapun syarat untuk mengajukan KPR Subsidi adalah gaji pemohon maksimal Rp4 juta untuk membeli rumah dan gaji maksimal Rp7 juta untuk membeli apartemen.

5. Ikut Lelang Rumah

Dan terakhir adalah dengan mengikuti lelang rumah yang merupakan cara hemat untuk memiliki rumah selain dengan KPR. Dimana dengan lelang rumah, anda memiliki rumah dengan harga murah bahkan harga miring. Anda dapat mengikuti skema pembelian lelang rumah dimana rumah yang diikut sertakan dalam lelang tersebut merupakan rumah sitaan yang gagal dilunasi oleh debitur KPR bank.

Sebagai catatan sebelum memutuskan mengikuti lelang rumah, sebaiknya anda terlebih dahulu mempelajari akses, jalan, kondisi rumah dan sekitar agar nantinya tidak malah menyusahkan anda kedepan.

Demikian informasi mengenai Tips Milenial Bisa Beli Rumah Dengan Gaji UMR dan Tidak Ngontrak, bagi anda yang kaum millenial yang masih berusaha mewujudkan rumah impian anda walaupun ekonomi yang masih pas-pasan, jangan sampai membuat nyali anda ciut untuk membeli rumah.

Compare Listings

Title Price Status Type Area Purpose Bedrooms Bathrooms