Cara Mendinginkan Rumah dengan Mudah Tanpa AC

Bagi banyak orang solusi tercepat untuk mendinginkan ruangan didalam rumah adalah dengann menggunakan Air conditioners atau AC, baik itu untuk penggunaan didalam kamar, ruang tamu atau ruang keluarga. Akan tetapi tidak semua orang mampu membeli AC untuk dirumah dan selain itu perhitungan biaya bulanan akan tagihan listrik yang tinggi karena menggunakan AC dapat menyebabkan tagihan membengkak yang tentunya akan berpengaruh pada anggaran bulanan.

Namun perlu anda ketahui, bahwa terdapat banyak cara yang bisa anda lakukan untuk membuat rumah tetap sejuk dan nyaman tanpa menggunakan AC dengan cara yang lebih mudah, alami dan lebih terjangkau, tanpa perlu pusing akan biaya perawatan AC dan biaya tagihan listrik yang membengkak. Mau tahu ? Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mendinginkan ruangan di rumah anda tanpa menggunakan AC yang kami kutip dari The Spruce yang dapat anda simak sebagai berikut :

Cara Mendinginkan Rumah dengan Mudah Tanpa AC

1. Membuka jendela

Yang pertama dan paling mudah adalah anda bisa memanfaatkan udara sejuk gratis dan alami dengan membuka setiap jendela yang ada untuk sirkulasi udara dan pergantian suhu ruangan yang lebih baik, dimana hal ini dapat menghilangkan udara panas yang menumpuk di rumah.

2. Mengubah rotasi kipas angin gantung

Pada musim hujan, bilah kipas langit-langit harus berputar searah jarum jam untuk mendistribusikan udara hangat yang terperangkap di dekat langit-langit dengan lebih baik. Akan tetapi pada musim panas, sebaiknya alihkan rotasi bilah kipas pada arah berlawanan jarum jam untuk menciptakan downdraft yang terasa seperti angin sepoi-sepoi yang menyejukkan. Anda dapat mengaturnya dengan pengaturan saklar di sisi motor kipas atau di remote control, atau anda dapat mengaturnya secara manual.

3. Menutup jendela dengan tirai

Membuka jendela untuk membiarkan udara segar dan dingin masuk kedalam rumah tentu baik tapi hanya pada pagi hari saja, akan tetapi ketika menjelang siang hari anda lebih baik menutup jendela dengan tirai untuk mencegah udara panas masuk ke dalam rumah anda.

4. Lapisi jendela

Jendela modern biasanya memiliki lapisan e-coating rendah yang tertanam di kaca untuk menghalangi sinar ultraviolet atau UV. Dengan menambahkan lapisan jendela dengan kaca film untuk mencegah panas masuk terbukti dapat membantu lebih menyejukkan suhu di ruangan rumah anda.

5. Pelindung jendela di bagian luar

Memasang kanopi di atas jendela adalah salah satu solusi untuk mendinginkan ruangan tanpa AC, dimana dengan kanopi dapat membantu untuk mengurangi paparan sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan.

6. Mengganti lampu

Perlu anda ketahui bahwa Lampu pijar dan halogen menghasilkan lebih banyak panas, dimana faktanya, lampu pijar melepaskan hingga 90 persen energinya sebagai panas. Walaupun terkesan sepele tetapi sebagai solusi anda bisa mengganti lampu penghasil panas dengan LED yang lebih dingin.

7. Tanam pohon

Hal ini dapat dikatakan solusi jangka panjang dengan mempertimbangkan untuk menanam pohon di depan jendela walaupun seperti yang kita ketahui bersama bahwa pohon tidak akan tumbuh dalam semalam. Nantinya rindangnya pohon dapat mencegah sinar matahari masuk ke ruangan dan memberikan keteduhan serta kesejukan didalam rumah.

8. Mengurangi penggunaan elektronik

Perlu anda ketahui bahwa penggunaan alat eletronik seperti kompor, oven, mesin pencuci piring, microwave, pengering pakaian dan lainnya akan memberikan panas ekstra pada suhu ruangan di rumah anda, diman anda dapat mengurangi penggunaan peralatan tersebut agar suhu ruangan lebih sejuk.

9. Warna cat cerah

Tahukah anda bagwa Warna cerah pada dinding rumah dipercaya memberikan efek yang menyejukkan ruangan. Anda dapat memilih menggunakan cat warna putih, atau kuning pastel yang mencerahkan untuk menciptakan efek ruangan yang lebih sejuk.

10. Exhaust fan

Dan terakhir adalah anda bisa menginstall dan menggunakan exhaust fan untuk area dapur serta kamar mandi, dimana Exhaust fan berfungsi untuk membuang udara panas setelah memasak di dapur serta uap panas dari kamar mandi anda sehingga suhu panas pun tidak tersebar di ruangan rumah anda.

Demikian informasi mengenai Cara Mendinginkan Rumah dengan Mudah Tanpa AC yang bisa anda praktekkan untuk mendinginkan suhu di ruangan rumah anda dengan cara alami dan terjangkau tanpa perlu bergantung pada penggunaan AC yang lebih boros listrik. Semoga berguna dan bermanfaat.

Compare Listings

Title Price Status Type Area Purpose Bedrooms Bathrooms