Daftar Harga Besi Beton Hari ini Untuk Semua Wilayah

Daftar Harga Besi Beton Hari ini Untuk Semua Wilayah

Besi merupakan jenis material yang penting terutama dalam membangun kontruksi sebuah bangunan baik rumah, maupun gedung. Sebelum membangun Anda perlu tahu daftar harga besi beton hari ini, dimana berlaku untuk wilayah Jakarta, Bogor, Bekasi, Depok, Banten, Tangerang, Jawa barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Jika membangun konstruksi rumah tanpa adanya besi beton, tentunya rumah akan mudah roboh dan tidak kuat. Berbanding terbalik rumah yang menggunakan besi beton berkualitas bagus. Rumah akan tahan dari goyangan serta mampu melindungi rumah dari gempa sampai dengan 8 skala richter.

Inilah fungsi mengapa penggunaan besi beton wajib untuk pengaplikasiannya di dalam konstruksi pembangunan. Terutama untuk rumah yang berlantai sangat wajib dalam pemilihan serta ukuran besi yang digunakan.

Dalam memilih, harus mencari besi yang mampu menahan kekuatan daya tekan pada yang di bebankan. Sehingga ketika waktu cor, besi akan kuat menahan dan tidak mudah untuk ambrol karena, beban besi mampu menahan cor-coran dari semen pasir.

Apakah besi beton hanya digunakan untuk konstruksi bangunan rumahan, dan gedung? nyatanya besi beton bisa digunakan untuk membangun jembatan dan juga untuk membuat sebuah terowongan.

Sebelum masuk ke pembahasan daftar harga besi beton hari ini, mari kita ulas jenis-jenis besi beton bangunan terlebih dahulu.

Jenis besi beton untuk bangunan

Besi beton polos

Besi beton polos

Untuk permukaannya tidak berulir atau gelombang, bentuknya yang polos pada permukaan serta sedikit licin ketika di pegang. Yang mana di gunakan untuk pembuatan pondasi cagak pada perumahan.

Untuk pemakaiannya sendiri digunakan bersamaan dengan kawat, yang mana di gunakan sebagai struktur dari pondasi. Atau yang lebih di kenal umum sebagai cakar ayam besi pondasi. Untuk pembelian besi jenis ini sendiri terdapat di berbagai jenis toko bangunan dan juga toko besi bangunan. Harga tergantung dengan jenis dan ukuran yang Anda pilih.

Besi beton ulir

Besi beton ulir

Yang mana sesuai namanya permukaan yang berulir dan juga tidak licin, sedikit kasar pada area permukaan besi. Untuk ketahanan besi beton ulir lebih bagus dan baik dari besi beton polos biasa. Mampu bertahan dari kondisi gempa serta api. Pondasi untuk rumah besar dan luas terutama untuk gedung banyak menggunakan jenis besi beton ulir.

Untuk pembelian jenis beton ulir ini hanya tersedia di toko khusus besi beton. Untuk di toko material bangunan, umumnya hanya menjual berjenis besi beton polos.

Besi pondasi cakar ayam

Besi pondasi cakar ayam

Besi pondasi cakar ayam ini di gunakan sebagai pondasi bangunan rumah. Yang mana tersusun dari material besi beton yang kiat dan sudah di bentuk-bentuk sesuai ukuran yang berlaku. Pembuatan besi cakar ayam ini sendiri menggunakan jenis besi beton polos dan juga ulir.

Pondasi cakar ayam ini sendiri sangat cocok digunakan untuk semua jenis tipe rumah, baik rumah 1 lantai maupun rumah 2-3 lantai. Tentunya jika bangunan rumah menggunakan sistem 2-3 lantai, untuk penggunaan ukuran sendiri harus lebih besar yakni bisa menggunakan ukuran 90 x 90, maupun ukuran 100 x 100.

Dan untuk rumah yang hanya memiliki 1 lantai, di rekomendasikan untuk menggunakan ukuran 60 x 60, 70 x 70 dan ukuran 80 x 80.

(Baca lainnya: Jenis bahan mentah untuk bangunan yang banyak digunakan)

Daftar harga besi beton hari ini

Untuk price ini mengacu pada daftar harga besi beton hari ini per 2022-2023.

Daftar harga besi beton polos

  1. 6 mm Full x 12 m Rp. 25.000
  2. 8 mm Full x 12 m Rp. 37.500
  3. 10 mm Full 12 m Rp. 59.000
  4. 12 mm Full x 12 m Rp. 86.000
  5. 19 mm Full SNI x 12m Rp. 417.000

Daftar harga besi beton ulir

  1. D 8 Full x 12 m  Rp. 46.000
  2. D 10 Full x 12 m Rp. 57.000
  3. D 13 Full x 12m  Rp. 99.000
  4. D 16 Full x 12 m Rp. 152.500
  5. D 19 Full x 12 m Rp. 220.000

Daftar harga pondasi cakar ayam 10 full set

  1. 40 x 40 Rp. 75.000
  2. 60 x 60 Rp. 123.000
  3. 70 x 70 Rp. 135.000
  4. 80 x 80 Rp. 185.000
  5. 90 x 90 Rp. 230.000
  6. 100 x 100 Rp 255.000

Untuk harga di atas sebagai patokan daftar harga besi beton hari ini terdekat di kota Tangsel, untuk toko di masing-masing wilayah biasanya memiliki perbedaan sedikit dan tidak terlalu banyak.

Kelebihan dari besi beton

Memiliki ketahanan kuat

Kekuatan yang begitu besar mampu menahan seluruh beban yang di bawanya. Salah satu termasuk material yang wajib di persiapkan terlebih dahulu dalam membangun konstruksi. Tekanan yang kuat dan tinggi inilah yang mampu menahan beban-beban material lainnya seperti pasir, semen dan sebagainya.

Tahan panas

Memiliki tahan terhadap panas menjadi salah satu kelebihan dari besi beton, tentunya ketika di gunakan pada cuaca panas yang ekstrem memang perlu material konstruksi yang kuat agar nantinya tidak berefek pada pengerusakan struktur bangunan secara keseluruhan.

Mudah dibentuk

Mudah dibentuk-bentuk seperti tekukan, kotak dan lain sebagainya, mengapa besi beton sangat bagus di pakai. Kemudahan inilah yang membuat besi beton sangat praktis untuk di pakai di segala jenis konstruksi apapun.

Itulah daftar harga besi beton hari ini yang bisa menjadi acuan dalam membeli besi beton di lokasi dekat rumah Anda. Untuk harga pastikan tidak terlalu jauh dari harga pasaran diatas.

Share this Post:
Posted by denykurniww
Image

Penulis lepas waktu yang memberikan informasi bermanfaat untuk para pembacanya.