Safety Tank adalah Tangki Pengolah Limbah, Apa Kriteria yang Bagus?

Safety Tank adalah Tangki Pengolah Limbah, Apa Kriteria yang Bagus?
A worker lifts the manhole cover of a sewer well. Construction and maintenance of septic tanks in the village.

Setiap hunian hingga gedung wajib memperhatikan saluran atau tempat untuk mengolah limbah. Safety tank adalah tangki yang dimaksud untuk pengolahan limbah tersebut atau yang lebih dikenal dengan sebutan septic tank.

Tanpa septic tank, masalah limbah manusia atau tinja akan menjadi polemik. Septic tank sendiri terus berkembang pembuatannya dengan memperhatikan kesehatan lingkungan. Pasalnya hanya meresapkan limbah ke dalam tanah dapat menimbulkan masalah pencemaran lingkungan. Lalu seperti apa kriteria yang bagus itu?

Safety Tank adalah Tangki untuk Mengolah Limbah Kotoran Manusia

Sama halnya dengan sampah, tinja manusia harus diolah dengan benar sehingga tidak mencemari lingkungan. Apabila pemilihan safety tank salah maka pencemaran tanah bahkan air untuk minum bisa terjadi. Akibatnya juga dapat merusak kesehatan manusia, oleh karena itulah pemilihan septic tank perlu diperhatikan.

Ada beberapa kriteria yang menjadi penentu apakah septic tank tersebut bagus untuk dipilih sebagai berikut:

1.      Ukuran harus sesuai SNI

Baik itu septic tank konvensional atau modern harus memenuhi syarat Standar Nasional Indonesia. Standar ini meliputi memiliki bentuk segi empat dengan ukuran 2:1 hingga 3:1. Kemudian lebarnya minimal 0,75 meter dengan panjang dan tinggi minimal 1,5 meter.

Volume septic tank juga harus disesuaikan dengan pengguna atau penghuni rumah. Septic tank juga harus kedap air, punya lubang kontrol ventilasi serta pipa untuk keluar masuk udara.

2.      Posisi Pemasangan

Selain dari ukuran, pemasangan septic tank harus diperhatikan. Posisinya harus lebih dari 10 dari sumber air seperti sumur. Tujuannya agar tidak mencemari sumber air. Selain itu septic tak juga harus dipasang lebih rendah dari closed sehingga mempermudah kotoran untuk masuk.

Tidak ketinggalan adalah saluran ventilasi udara harus dipersiapkan dengan baik. Limbah mengeluarkan gas metana yang bisa memicu septic tank meledak karena tidak ada saluran udara.

Safety Tank adalah Tangki Pengolah Limbah, Apa Kriteria yang Bagus??
Man worker holding pipe, providing sewer cleaning service outdoor. Sewage pumping machine is unclogging blocked manhole

3.      Mengeluarkan Limbah Cairan yang Aman

Safety tank merupakan tempat untuk mengolah limbah, oleh karena itulah hasil limbahnya pun seharusnya lebih aman. Limbah seharusnya dialirkan ke got atau tempat limbah khusus namun tidak berpotensi mencemari lingkungan.

Begitu juga dengan limbah yang dialirkan langsung ke tanah seharusnya tidak menimbulkan pencemaran. Hal ini bisa didapatkan dari septic tank Biofilter yang sudah dirancang secara khusus agar bisa menghasilkan limbah aman. Bentuk limbahnya pun cairan yang tidak berbau.

4.      Bahan Pembuatan Septic Tank

Tidak ketinggalan adalah bahan yang digunakan untuk membuat septic tank. Mengingat septic tank menampung limbah maka bahannya harus tidak mudah pecah dan limbah tidak merembes ke tanah.

Ada dua jenis bahan yang digunakan, pertama pada septic tank konvensional adalah batu bata dan semen serta ada juga beton. Septic tank dari bahan ini cukup tebal dan mampu mencegah limbah keluar.

Sedangkan pada septic tank Biofilter bahannya adalah thermoplastic. Meskipun tidak setebal beton namun bahannya lebih kokoh, anti korosi serta tidak mudah pecah. Inilah yang membuat septic tank bisa tahan lama.

Memperhatikan keempat kriteria ini, Anda bisa merencanakan untuk memasang septic tank di rumah dengan benar. Termasuk pemilihan jenis septic tank dan juga ukurannya yang tepat. Rencanakan juga sial biaya agar tidak melebihi budget yang dimiliki.

Safety tank adalah komponen yang tidak boleh terlewatkan pada saat membangun rumah hingga gedung. Perencanaannya juga harus dilakukan dengan tepat supaya pengolahan limbah berjalan lancar. Anda bisa mengecek informasi lengkap mengenai SNI septic tank sehingga tidak salah membeli atau membangun nantinya.