Perbedaan Granit dan Keramik Lantai Serta Cara Memilihnya

Perbedaan Granit dan Keramik Lantai Serta Cara Memilihnya

Granit dan kemarik keduanya sangat cocok untuk digunakan sebagai lantai rumah. Granit dan juga keramik saat ini memiliki banyak motif yang bisa dipilh sesuai selera. Tapi tahu kah Anda apa perbedaan granit dan keramik lantai?

Keduanya memiliki material yang kuat dan kokoh dan sangat bagus dalam melapisi lantai rumah agar terlihat bersih dan cantik. Namun perbedaan yang mencolok dari granit dan keramik terletak dari ukuran dan juga berat. Granit umumnya memiliki berat yang lebih besar dari berat keramik.

Lantai sendiri memiliki beragam warna, motif serta bentuk ini yang menjadikan keramik untuk urusan desain lebih unggul dari pada granit. Untuk granit sendiri hanya mengandalkan dari bentuk alami dari bentuknya.

Dan juga perbedaan yang mudah dilihat adalah dari bentuk mengkilapnya, keramik lebih mengkilap dari pada granit.

Selanjutnya untuk lebih detail dalam mmebedakan keduanya, kita akan membahas perbedaan granit dan keramik secara lengkap dibawah ini.

Perbedaan granit dan keramik

Untuk membedakan keduanya perlu melihat perbedaan dari masing-masing karakteristik. Perbedaan dasar yang bisa dilihat adalah dari penampilan fisik. Dengan melihat bentuk fisik tentunya akan memudahkan dalam melihat kelebihan serta kekurangan dari masing-masing material.

Perbedaan bentuk fisik

Bentuk dari warna

Saat ini granit dan keramik memiliki perbedaan yang tips untuk mengetahui jenis keduanya. Dimana warna cerah maupun gelap sama-sama ada pada granit dan keramik.

Untuk keramik sendiri memiliki tingkat penyerapan air yang cepat dari pada granit. Dimana warna cerah keramik tidak terlalu baik dalam proses penyerapan. Tapi ketika keramik memiliki motif yang gelap, akan lebih bagus dari pada model granit. Begitu juga sebailknya untuk granit yang gelap memiliki tingkat penyerapan yang sama pada model keramik yang cerah.

Granit memiliki tingkat penyerapan yang sedikit lebih lambat dari pada keramik. Perbedana dari warna inilah yang bisa menjadi acuan dalam membeli granit maupun keramik.

Permukaan

Hal kedua yang bisa diketahui dari perbedaan granit dan keramik bisa dilihat dari permukaan masing-masing fisik. Keramik memiliki bentuk bergelombang sedikit atau tidak merata pada permukaannya, yang mana lapisan atas menyebar secara tidak merata.rn

Berbeda dengan granit yang mana saat proses pelapisan atas menggunakan press dengan kepadatan yang tinggi. Sehingga granit memiliki permukaan yang lebih halus dari pada keramik.

Material pembentukannya

Keduanya memiliki perbedaan dalam material pembentukan, dimana untuk pembuatan keramik sendiri menggunakan dasar tanah lempung dan dicetak secara langsung. Sedangkan untuk granit menggunakan material batuan alam yang telah ada dan di potong-potong menggunakan alat pemotong. Granit ini sendiri umumnya tidak berbentuk kecil, granit memiliki ukuran yang besar-besar.

Perbedana granit dan keramik dalam pembuatan

Granit

Pembuatan granit

Granit diambil langsung di dasar bumi atau pegunungan, yang mana bentuknya sudah tersedia dan tinggal memotongnya sesuai ukuran. Bentuk granit sendiri dihasilkan dari keluaran letusan gunungan dari masa lampau.

Untuk mendapatkan granit perlu menambang dan juga menggalonya dengan alat. Dimana dalam bentuk fisik memiliki kepadatan yang sangat keras serta kuat.

Granit digunakan untuk lapisan rumah yang kokoh dan juga dapat digunakan untuk lapisan tatakan dapur kompor. Granit sendiri juga tidak mudah pencah seperti keramik, yang mana anti gores dan tidak mudah dalam terkena noda.

Granit bisa dijumpai pada mall, gedung maupun rumah yang umumnya diletakan di teras tamu. Untuk harga sendiri misal dalam bentuk ukuran 60 x 60 memiliki harga 230 ribu perdus.

Keramik

Pembuatan keramik

Sedangkan untuk pembuatan keramik sendiri menggunakan bahan tanah liat yang dibentuk sesuai cetakan dan ukuran. Tanpa menggunakan alat berat dan biaya pembuatan yang besar.

Keramik sendiri setelah di cetak akan di press lalu di bakar dalam prosesnya. Setelah pembakaran proses keramik, akan dilanjutkan dengan pengeringan dengan dijemur.

Untuk motif yang bagus dan sesuai desain dapat di cetak pada permukaan dengan lapisan glaze, dan di bakar lagi beberapa kali untuk mendapatkan ketahanan dari keramik.

Untuk motif keramik sendiri lebih mudah dibentuk dari pada granit, sebab tanah liat tidak sesuah dalam pembentukannya terutama dalam membentuk model. Perbeda dengan material yang menggunakan bentuk fisik batu, yang mengharusnya butuh alat pecahs serta potong untuk membentuknya dan kebanyakan motifnya dari bawaan alam.

Untuk harga keramik memiliki harga yang lebih mudah dimana untuk ukuran serupa memiliki harga 120 ribu perdus.

Perawatan

Untuk perawatan sendiri sama-sama mudah di rawat dan juga hanya menggunakan pembersih lantai sama-sama bersih. Namun ketika terjadi gores, keramik lebih unggu dalam perawatannya. Berbeda dengan granit yang membutuhkan perawatan ekstra jika terjadi gores atau terkena noda berat.

Perbandingan ketika mau membeli

Untuk membandingkan keduanya dalam memeprtimbangkan pembelian hal yang perlu diketahui adalah dari segi budget. Keramik memiliki harga murah serta banyak bentuk yang bagus berbeda-beda. Untuk keramik ini sendiri dapat digunakan pada bangunan yang hanya Anda nikmati sendiri, terlebih lagi jika rumah yang tidak terlalu besar atau ingin membuat lantai atau dinding kamar mandi. Pengunaan kemarik dirasa sangat lebih cocok digunakan.

Bagi Anda yang ingin bentuk desain lebih alami dan bermaterial kuat, granit bisa menjadi pilihan. Dapat digunakan untuk personal branding Anda agar menciptakan nuansa interior bangunan yang mewah. Jika Anda memiliki gedung, rumah besar, dan juga penginapan. Gunakan model granit untuk membuat kesan kepada orang lain, ketika sedang melihat lantai rumah Anda.