6 Tips Pintar Membersihkan Dinding Putih Kembali Bersih dengan Mudah

asriland.com – Memiliki rumah dengan warna cat dinding putih tentu akan membuat rumah terkesan lebih bersih, cerah, rapi bahkan tampak lebih besar. Namun dinding dengan cat putih juga menyisakan beberapa masalah, salah satu yang paling sering dikeluhkan adalah dinding berwarna putih mudah kotor saat berbenturan dengan tangan, benda, atau bahkan bergesekan dengan furnitur ataupun terkena tangan yang kotor.

6 Tips Pintar Membersihkan Dinding Putih Kembali Bersih dengan Mudah - Asriland

Namun tidak hanya itu, dinding rumah berwarna putih juga rentan akan berubah warna karena pengaruh cuaca panas hingga debu, jadi dapat dikatakan memiliki cat dinding warna putih sedikit membutuhkan perawatan ekstra agar tampak selalu bersih dan rapi. Namun jangan kuatir memikirkan perawatan yang ektra seperti mengecat ulang keseluruhan dinding rumah karena terdapat beberapa spot kotoran, sebab ada tips pintar cara membersihkan dinding dengan mudah dan dinding putih anda pun kembali bersih seperti semula.

Mau tahu dan penasaran membersihkan dinding putih tanpa perlu mengecat ulang ? Berikut cara yang bisa anda lakukan dibawah ini :

Siapkan Alat dan bahan yang dibutuhkan yakni :

  • Spons
  • Kain microfiber
  • Roll tissue handuk (tebal)
  • Pembersih serba guna
  • Sikat penggosok
  • Sabun cuci piring
  • Soda kue

Setelah semua alat dan bahan sudah tersedia, maka anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

Melihat Jenis Kotoran

Yang pertama sebelum anda memulai membersihkan dinding adalah terlebih dahulu melihat dan mengecek jenis kotoran yang menempel di dinding anda, apakah debu, goresan, gesekan, dan lainnya. Hal ini penting karena anda bisa menentukan pembersih mana yang akan anda gunakan untuk jenis noda atau kotoran tertentu. Adapun untuk moda yang mudah hilang, anda dapat mengatasinya dengan spons dan kain microfiber. Apabila noda membandel, sebaiknya menggunakan sikat penggosok khusus yang tidak merusak warna cat dinding anda.

Menggunakan kain microfiber basah

Membersihkan area langit-langit rumah mungkin menjadi agak sulit bila anda tidak menggunakan bantuan alat seperti tangga. Untuk itu, Siapkan tangga serta kain microfiber basah, dan pastikan untuk mengganti kain microfiber yang telah digunakan jika kotor agar kotoran sebelumnya tidak merembes ke titik baru. Selain itu, anda bisa menggunakan alat atau tongkat yang dapat diatur panjang pendeknya untuk menjangkau ke sudut-sudut tinggi yang anda inginkan.

Pembersih serba guna

Sebagai pendamping kain microfiber, tisu atau lap yang anda gunakan, anda dapay menggunakan pembersih serba guna yang memiliki tekstur yang sama seperti sabun cuci piring. Cara ini efektif untuk membersihkan kotoran sisa makanan dan minuman yang mengenai dinding, dimana anda dapat membersihkan dengan bahan pembersih serba guna sehingga dinding anda pun kembali bersih.

Sabun Cuci Piring dan Spons Lembut

Anda dapat menggunakan spons yang bertekstur lembut dengan sabun cuci piring yang mana terbukti merupakan pembersih yang efektif untuk membersihkan permukaan yang ada di sekitar rumah anda, mulai dari meja, kaca hingga karpet. Anda dapat memilih sabun cuci piring yang tidak memiliki terlalu bahan kimia atau pewangi agar tidak malah merusak tekstur cat dinding rumah anda.

Adapun cara untuk membersihkannya, dimana anda dapat menggosok noda dengan lembut, kemudian anda diamkan sebentar lalu bersihkan dengan kain microfiber yang bersih. Ulangi hal ini dua atau tiga kali untuk hasil yang optimal.

Soda Kue

Tahukah anda bahwa soda kue dapat anda manfaatkan untuk membersihkan noda yang membandel di dinding rumah anda. Caranya pun mudah, dimana anda bisa mengambil soda kue ke dalam mangkuk kemudian tambahkan dengan air agar teksturnya berubah menjadi pasta. Pastikan teksturnya menjadi sedikit lengket, dan oleskan pasta soda ke permukaan dinding dengan spons basah. Kemudian anda dapat mendiamkan beberapa menit, dan setelah noda cukup basah, anda dapat bersihkan dengan kain microfiber basah atau tisu.

Sikat gosok

Dan terakhir adalah menggunakan sikat gosok untuk noda yang tidak mau hilang atau membandel. Cara ini bisa anda lakukan setelah anda gagal membersihkan noda dengan cara diatas. Cara membersihkan pun cukup mudah, dimana anda dapat mengambil sikat gosok dan kemudian dibasahi, lalu usap perlahan ke permukaan dinding bernoda sampai bersih. Proses ini mungkin memerlukan waktu sedikit lebih lama untuk membersihkan.

Sebagai catatan dalam menggunakan sikat gosok sebagai alat pembersih adalah anda perlu berhati-hati pada dinding yang dicat gloss dan semi-gloss karena sikat gosok yang keras dapat meninggalkan noda pada dinding anda saat menggosok.

Demikian informasi mengenai 6 Tips Pintar Membersihkan Dinding Putih Kembali Bersih dengan Mudah yang bisa menjadi referensi bagi anda yang memiliki masalah dengan kotoran pada dinding berwarna putih dirumah. Semoga berguna dan bermanfaat.