Tujuan, Fungsi dan Contoh Gambar Potongan Rumah

Tujuan, Fungsi dan Contoh Gambar Potongan Rumah

Saat membangun sebuah rumah, kamu tidak boleh melewatkan untuk mendesain gambar gambar potongan rumah. Karena gambar potongan rumah murupakan salah satu bagian gambar kerja yang penting bagi seorang arsitek.

Gambar kerja ini akan menjadi acuan untuk melaksanakan proyek bangunan dalam membangun rumah. Dalam gambar kinerja akan ada gambar daerah, gambar tampak depan dan gambar potongan rumah.

Untuk masyarakat umum, pastinya gambar potongan ini sangat awam dan tidak memahami. Tapi gambar potongan ini sebenarnya sangat penting dalam sebuah proyek pembangunan rumah.

Selain penting dalam proses pembangunan, gambar potongan juga sangat penting dalam urusan administrasi dalam mengurus IMB.

Tujuan, Fungsi dan Contoh Gambar Potongan Rumah 2

Apa Yang Dimaksud Dengan Gambar Potongan Rumah?

Berdasarkan Gatut Susanta dalam bukunya berjudul Cara Cepat Menghitung Biaya Membangun Rumah. Gatut Susanta menjelaskan gambar potongan rumah adalah penggambaran bangunan yang berdiri atau dilihat seolah-olah dipotong sesuai dengan ketinggian bangunan rumah yang dibangun.

Tujuan dari membuat gambar potongan ini adalah untuk menggambarkan bagian dalam bangunan yang tidak bisa dilihat terlihat dari tampak luar bangunan.

Gambar potongan bisa juga memperlihatkan tinggi bangunan, jendela, kusen pintu, bentuk atap dan lainnya. Dengan adanya gambar potongan bangunan, kamu bisa menghitung kebutuhan akan luas dinding di bagian dalam termsuk menghitung luas, plesteran, cat, jenis pintu serta jenis jendela yang akan digunakan.

Jadi dengan menggambar potongan bangunan, kamu juga dapat menghitung panjang kebutuhan dari kuda-kuda kayu dan ketinggian bangunan yang akan dibangun, serta lainnya.

Detail dari gambar potongan ini tentunya akan berbeda-beda yang disesuaikan dengan kebutuhan pemilik rumah. Gambar potongan ini dalam proses pembangunan rumah juga sering dikenak dengan nama gabar pre-design. Sehingga bisa mengalami beberapa revisi atau perubahan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan.

Setelah menyesuaikan perbahan, revisi dan penyempurnaan, maka akan dihasilkan sebuah gambar kerja yang dijadikan sebagai dokumen perancangan akhir.

Tujuan dan Fungsi Pembuatan Gambar Potongan Rumah

Dilansir dari file.upi.edu tentang Menrancang Tampak potongan, fungsi pembuatan gambar potongan rumah yang lengkap pada sebuah bangunan adalah untuk menunjukan prinsip struktur bangunan rumah dengan lebih jelas.

Gambar potongan ini termasuk penting untuk dibuat, karena berfungsi untuk memperlihatkan sistem struktur bangunan. Serta berfungsi untuk menunjukan sistem lainnya yang terdapat di dalam bangunan rumah.

Bagian dalam bangunan rumah yang digambarkan ke dalam gambar potongan seperti kamar mandi, shat, tangga, dan ruangan khusus yang memiliki ukuran lebih tinggi, lebih besar dan lainnya.

Tetapi bagian utama bangunan seperti kolom, pondasi, kuda-kuda atap, kolom, dan lainnya juga harus digambarkan ke dalam gambar potongan.

Jika kamu masih bingung bagaimana gambar potongan dibuat, berikut ini akan kami berikan beberapa contoh gambar potongan.

Sehingga kamu bisa lebih jelas memahami gambar potongan ketika membangun sebuah rumah impian. Gambar potongan ini bisa dibuat untuk rumah dengan satu lantai, 2 lantai, rumah minimalis, rumah sederhana ataupun rumah mewah.

Tujuan, Fungsi dan Contoh Gambar Potongan Rumah 3

Contoh Gambar Potongan Rumah

Berikut ini ada beberapa contoh gambar potongan rumah yang bisa kamu jadikan inspirasi saat ingin membangun rumah impian.

Rumah 1 Lantai

Ini adalah gambar potongan untuk rumah dengan 1 lantai yang kamu bisa lihat dengan jelas setiap detail pondasi, ketinggian tiang rumah, atap rumah, kuda-kuda atap, plafond, ukuran setiap ruangan di dalam rumah yang digambarkan dari tampak samping.

Rumah 2 Lantai

Selanjutnya kami akan memberikan potongan rumah 2 lantai tampak samping. dengan penjelasan lengkap dari panjang bangunan, yang terdiri dari ruangan depan sampai belakang rumah.

Kemudian dijelaskan juga tentang tinggi bangunan dari ketinggian pondasi rumah, tinggi ruangan di lantai 1, tinggi tangga menuju lantai 2, tinggi ruangan di lantai 2, ketinggian atap, ketinggian pintu dan jendela rumah, dan lainnya.

Rumah Mewah

Lanjut dengan contoh gambar potongan rumah ketiga untuk rumah mewah. Mirip dengan gambar potongan sebelumnya, tetapi disini menggambarkan sebuah potongan rumah dari samping untuk rumah mewah yang lebih detail, dari pondasi, inti bangunan lantai 1 dan lantai 2 serta bagian atap.

Sehingga semua hitungan yang ada di gambar ini terlihat jelas gambar bangunan dengan detailketinggian dan lebar/panjangnya yang disesuaikan dengan bangunan yang ada disebuah rumah yang akan dibangun.